Hastag Campus

Mendaftar Lintas Jurusan? Sontek 5 Cara Ini Agar Sukses Lolos Ujian!

Dalam dunia perkuliahan, jurusan yang akan kita geluti akan mengerucut dan lebih menjurus fokus pada satu bidang. Berada di bangku SMA/SMK gak menandakan kamu harus mengikuti jalur yang sudah ada. Ketika passion kalian ternyata bertentangan dengan apa yang digeluti sekarang, maka lintas jurusan adalah solusinya.

Meski sering menjadi momok yang menakutkan para calon mahasiswa baru, ternyata memilih cara yang anti-mainstream seperti ini gak ada salahnya lho. Agar kamu berhasil lolos ujian nanti, terapkan 5 cara ini deh saat memutuskan untuk lintas jurusan!

1. Persiapkan diri dan materi dari jauh-jauh hari
Agar berhasil menaklukan medan perang yang baru, kamu butuh amunisi yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Kamu gak akan merasa rugi saat waktumu banyak tersita karena sibuk mengumpulkan berbagai hal yang dibutuhkan. Semakin lama dan matang persiapan yang kamu kerjakan maka semakin besar juga peluang untuk memenangkan pertarungan.

Baca juga: Please, Jangan Jadi Mahasiswa Abadi! Motivasilah Dirimu Sama 5 Hal ini

2. Menyortir materi dengan tepat agar bisa maksimal mengerjakan soal
Menceburkan diri dalam hal baru juga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jangan menyiksa dirimu sendiri karena kamu terlalu memaksakan untuk menelan semua materi yang ada.

Lebih baik sortir terlebih dahulu apa saja materi penting yang kamu butuhkan. Menyiapkan secara menyeluruh memang baik tapi kalau waktu dan kemampuanmu tidak mencukupi yang ada malah kegagalan yang akan mendatangi kalian.

3. Kuasai konsep dan belajar dari soal tahun-tahun yang sebelumnya
Gak bisa dipungkiri kalau setiap tahunnya selalu ada kemiripan soal yang keluar pada saat ujian. Menganalisis dan menguasai konsep dari ujian tahun-tahun sebelumnya bisa sangat membantu kalian. Manfaatkan pula relasi kakak kelas untuk menggali tips-tips khusus yang ampuh untuk mengerjakan soal.

4. Fokus dan maksimalkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin
Untuk mendapatkan sesuatu yang indah itu memang gak mudah. Jangan memanjakan diri dengan pelarian kecil yang bisa membuat fokusmu terpecah belah. Ketika kamu sudah berada di posisi siap berjuang, maka maksimalkan waktu untuk mengasah kemampuan. Mengorbankan sedikit hal demi mendapat hasil yang memuaskan itu akan bernilai setimpal bukan?

Baca juga: Tugas Kuliah Datang Bertubi? 6 Pengingat Ini Ampuh Memotivasimu!

5. Temukan cara belajar yang efektif agar mudah menyerap materi baru
Karena pelajaran yang kamu tekuni itu masih terdengar asing, ada baiknya kamu mencari cara baru agar bisa menyerap semuanya secara efektif. Misalnya dengan menggunakan bantuan media pembelajaran online, video penjelasan dari guru yang lebih mudah dimengerti atau buku penunjang yang memuat tips-tips khusus.

Gak ada yang gak mungkin terwujud ketika kamu mau berusaha. Supaya perjuanganmu gak sia-sia jangan lupa untuk meminta restu orang tua dan terus berdoa pada Yang Maha Kuasa ya. Semoga pengorbanan kalian terbayar dengan hasil yang memuaskan! Terus semangat ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star