Hastag Campus

6 Trik yang Wajib Diterapkan Saat Hadapi Banyak Tugas

Melihat meja kerja penuh tumpukan tugas memang bikin kepala pusing tak karuan. Apalagi, kamu baru menyadari kalau ada aktivitas lain di luar itu yang mesti kamu urus. Pasti rasa malas langsung menyergap. Seolah membujukmu lari dari kesibukan.

Meski begitu, tugas-tugas yang menggunung tak bisa jadi alasan buatmu menunda atau bahkan kabur dari kenyataan. Agar semua pekerjaan bisa dituntaskan kamu perlu menerapkan enam kiat berikut ini.

1. Buat skala prioritas agar tugas yang paling penting terselesaikan lebih dulu
Segudang tugas yang sudah menanti tak bisa lama-lama dibiarkan. Kamu perlu mengatur tugas mana saja yang perlu diselesaikan lebih dulu. Buatlah skala prioritas untuk setiap pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan begitu, kamu bisa fokus mengerjakan yang punya tingkat urgensi tinggi. Setelahnya, baru kamu menuntaskan pekerjaan yang tenggat waktunya cukup lama.

Baca juga: Mendaftar Lintas Jurusan? Sontek 5 Cara Ini Agar Sukses Lolos Ujian!

2. Susun daftar rencana kegiatan harian. Aktivitas tertata, hati pun tenang
Selain membuat daftar prioritas kerja, kamu juga perlu nih membuat jadwal kegiatan harian. Catatlah kegiatan yang akan kamu lakukan setiap hari secara spesifik. Daftar kegiatan akan lebih baik jika kamu menyertakan alokasi waktu dengan detail sehingga tak ada alibi untuk menunda. Aktivitas berjalan lancar, hati dan pikiran pun tenang.

3. Jemput pagi lebih awal demi kesiapan menatap seabrek pekerjaan
Buat yang masih suka bangun kesiangan ada baiknya meninggalkan kebiasaan itu. Pasalnya, bangun kesiangan sama saja dengan membuang waktu berharga untuk aktivitas sehari-hari kamu. Kalau sudah begini pasti kamu bakal dibuat repot karena rasanya waktu bekerja begitu singkat.

Menjemput pagi lebih awal punya banyak manfaat baik. Selain membuat tubuh bugar dan sehat, kamu juga punya banyak waktu mempersiapkan diri menjalani aktivitas. Kamu bisa memulai pagi dengan sarapan dan juga membaca berita atau buku.

4. Pastikan kamu tahu tujuan dari apa yang kamu kerjakan agar tak jadi mubazir
Menjalani aktivitas sehari-hari terkadang membuat hati kecil kita bertanya. Apa sih benefit yang kita dapat dari pekerjaan kita? Atau jangan-jangan kita hanya terjebak pada rutinitas tanpa tahu esensi dari yang kita kerjakan?

Pertanyaan semacam ini sangatlah bagus untuk direnungkan. Ini sekaligus menjadi pengingat apakah energi dan waktu kita sudah dipergunakan untuk hal yang bermanfaat atau tidak. Jangan sampai semua yang sudah dilakukan menjadi sia-sia karena kamu tak tahu untuk apa hal tersebut dilakukan.

5. Hiduplah untuk yang kamu lakukan di hari ini. Jangan terpaku akan kesalahan di hari lalu
Setiap orang pasti tak luput dari salah. Tapi, terus menerus memikirkan kesalahan di masa lalu jelas membuang waktu dan tenagamu dengan percuma. Daripada dihantui rasa bersalah itu lebih baik kamu melakukan yang terbaik di masa kini.

Berupaya menjadi lebih baik di waktu sekarang tak hanya akan memberikan dampak sesaat saja tetapi juga membangun jalan menuju kesuksesan di masa depan. Masa lalu dari masa depanmu adalah kehidupan yang kamu jalani saat ini. Jadi, maksimalkan waktu dan tenagamu di masa sekarang agar sukses di waktu kelak dapat dipijak.

Baca juga: Tugas Kuliah Datang Bertubi? 6 Pengingat Ini Ampuh Memotivasimu!

6. Tetap fokus meski ada gangguan yang datang dari dalam atau luar diri kamu
Ketika berusaha menuntaskan pekerjaan selalu ada gangguan dari dalam maupun luar dirimu yang datang. Jika fokusmu beralih pada gangguan itu maka jangan harap tugas kamu bakal selesai.

Untuk itu, menetapkan fokus hanya pada tugas yang harus kamu selesaikan adalah tindakan tepat agar pekerjaan segera tuntas. Janganlah menghabiskan energi dan emosi pada hal yang tak perlu. Itu sama saja dengan menunda pekerjaan yang ujungnya buat kamu pusing sendiri.

Banyaknya pekerjaan yang datang mendera tak perlu jadi alasan untuk bermalas-malasan. Justru, ini jadi momentum pembuktian kalau kamu bisa menyelesaikan semuanya sebaik mungkin. Ingatlah selalu, semua yang kamu kerjakan akan berguna di hari esok. Ketahuilah manfaatnya dan lakukan dengan segenap hati.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star