5 Cara Jitu Belajar Bahasa Inggris dengan Google Translate

Beberapa orang biasanya mengeluhkan sebuah tulisan yang acakadut dengan menyebutnya “bahasa Google Translate”. Mereka menyamakan tulisan tersebut dengan hasil terjemahan Google Translate yang cenderung tidak sempurna dan tak jarang berantakan.

Tapi, jangan keburu memandang sebelah mata Google Translate, ya. Layanan penerjemah dari Google ini sekarang memiliki berbagai fitur yang tak kalah dari kamus-kamus online ternama lainnya. Kalau digunakan secara tepat, Google Translate bisa membantumu belajar bahasa Inggris lho. Nih, simak caranya!

1. Gunakan Google Translate untuk menerjemahkan per kata, bukan sekalimat apalagi berhalaman-halaman jurnal!
Jangankan satu kata, satu naskah panjang pun Google Translate bisa menerjemahkannya. Tapi tentu saja, jangan berharap kamu akan mendapat hasil terjemahan naskah yang halus dan rapi.

Dibandingkan dalam bentuk kalimat atau paragraf, lebih baik biasakan mencari arti per kata saja. Google Translate akan menampilkan lebih banyak pilihan terjemahan dan fitur bila kamu mencari per kata. Selebihnya, pahami kalimat bahasa Inggris tersebut sesuai konteksnya.

Baca juga: Psst, Ini 8 Kebiasaan Wanita Sukses yang Sangat Perlu Kamu Contek

2. Biasakan melihat arti dan definisi dalam bahasa Inggris saja
Google Translate bisa memberikan definisi sebuah kata dalam bahasa Inggris. Inilah salah satu fitur yang akan muncul kalau kamu mencari arti per kata. Misal untuk kata “smart”, Google Translate tidak sekadar menampilkan arti “pintar”, tetapi juga definisi “having or showing a quick-witted intelligence”.

Definisi dalam bahasa Inggris inilah yang lebih baik kamu pelajari. Bila perlu, setting Google Translate untuk menerjemahkan English ke English, bukan English ke Indonesian. Ini akan melatihmu terbiasa dengan bahasa Inggris dan tak begitu saja menerima terjemahan instan dalam bahasa Indonesia.

3. Jangan hanya tahu artinya, ketahui juga penggunaan sebuah kata
Google Translate sekarang juga memberi contoh kalimat yang terletak di bawah definisi. Fitur ini akan membantumu mempelajari bagaimana sebuah kata digunakan dalam kalimat sekaligus mengasah kemampuan reading-mu. Lebih bagus lagi kalau kamu latihan membuat contoh kalimatmu sendiri.

4. Kuasai pronunciation untuk menyempurnakan kefasihanmu berbahasa Inggris
Supaya makin jago berbicara bahasa Inggris, pelajarilah pronunciation atau pelafalan sebuah kata. Nah, Google Translate punya fitur audio yang memperdengarkan bagaimana sebuah kata diucapkan. Tinggal klik saja pada ikon speaker dan tirukan pengucapannya.

Baca juga: 5 Metode Belajar Ini Membuat Kamu Cepat Memahami Materi Pelajaran!

5. Perkaya perbendaharaan kosakatamu dengan mempelajari sinonim
Biar kosa katamu makin bertambah, kamu bisa mempelajari sinonim atau persamaan kata yang diberikan Google Translate. Sebagai contoh, kalau kamu mencari arti kata “language”, maka akan muncul beragam sinonim seperti “speech”, “tongue”, “wording” dan lain-lain.

Sekarang percaya kan kalau Google Translate oke juga untuk dipakai belajar? Terus semangat belajar bahasa Inggris, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s