5 Metode Belajar Ini Membuat Kamu Cepat Memahami Materi Pelajaran!

Jadi seorang pelajar, belajar adalah kewajiban utama. Metode belajar pun semakin beragam dan bervariasi. Metode belajar inilah yang memengaruhi seseorang dalam prestasi belajar.

Salah satu metode belajar yang terkadang kita pakai adalah dengan cara menghafal. Mungkin hafalan akan bertahan 3-4 hari setelah itu harus mengulang lagi. Ini artinya metode hafalan tidak cukup efektif untuk mendapat prestasi belajar yang cukup tinggi. Sedangkan ketika kita belajar melalui pemahaman maka akan lebih efektif untuk mendapat prestasi belajar yang cukup tinggi.

Jadi, paham itu sudah pasti hafal. Sedangkan hafal, belum pasti paham. Nah, lantas metode belajar apa saja yang dapat kita terapkan agar mendapatkan hasil yang terbaik?

1. Metode Mind Mapping
Metode mind mapping ini adalah metode belajar lewat peta pemikiran. Isinya hampir seperti peta konsep namun lebih kompleks. Isinya mencakup poin-poin penting atau keterkaitan hal yang satu dengan hal yang lainnya. Meskipun hanya dituliskan poin-poin pentingnya saja, mind mapping ini mampu untuk membentuk konsep pemikiran yang lebih efektif dan pemahaman yang lebih banyak serta cepat. Berani mencoba?

Baca juga: 5 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa Akuntansi Agar Menjadi Akuntan Handal

2. Metode Cornell
Kedua, kita beralih ke metode Cornell. Apa sih metode Cornell itu? Metode Cornell ini adalah sebuah metode belajar yang cara menuliskan materi terbagi menjadi 3 bagian.

Bagian pertama adalah kata kunci, kata kunci ini berperan untuk memudahkan pelajar dalam memulai pembelajaran. Bagian kedua adalah intisari materi. Di bagian ini materi hanya dituliskan poin-poin pentingnya saja. Di bagian ketiga, terdapat kesimpulan untuk memahami simpulan dari bagian bab yang telah dipelajari. Metode Cornell ini ditemukan oleh Dr. Walter Pauk dari Universitas Cornell.

3. Studyblr
Suka menggambar atau handlettering tapi susah untuk memahami materi yang berbau narasi? Studyblr sangat cocok buat kamu. Studyblr ini merupakan paduan dari ‘Study’ dan ‘Tumblr’. Ini cocok buat kamu yang suka handlettering, bikin doodles, menggambar dan membuat desain yang unik-unik. Kamu bebas berkreasi sesuai kretifitasmu. Tuliskan rangkuman atau poin-poin yang penting lalu tambahkan gambar sebagai pemanis!

4. Flash Cards
Flash Cards ini berisi kumpulan potongan kartu-kartu yang dijadiin satu. Setiap potongan-potongan kartu memiliki poin yang berbeda-beda. Cukup mirip dengan rangkuman, namun Flash Cards ini mudah dibawa ke mana-kemana! Nah, tidak perlu bawa banyak buku kan? Kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja!

Baca juga: Mahasiswa Catat, Begini 5 Cara Jitu Meraih Nilai IPK Terbaik

5. Teknik Pomodoro
Sudah menerapkan metode belajar di atas namun masih kurang efektif? Manajemen waktu jawabannya. Manajemen waktu dalam belajar ini sangat berpengaruh juga loh. Teknik Pomodoro ini bekerja seperti kamu akan belajar selama 25 menit. Setelah 25 menit, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat. Setelah istirahat, lanjutkan lagi belajar selama 25 menit dan terus berulang.

Setelah 4 kali belajar, maka kamu harus beristirahat selama 30 menit. Kamu bisa memanajemen waktu belajarmu sendiri, misalnya kamu hanya mampu dalam belajar 15 menit dengan istirahat 10 menit. It’s okay ini terserah kamu dalam mengelola waktumu sendiri dalam belajar. Ini cukup efektif dalam memahami pelajaran loh! Kamu bisa menerapkan metode ini untuk menghadapi ujian!

Nah bagaimana? Kamu suka metode belajar yang mana?? Apapun metode belajarnya, kamu bisa menggapai prestasi belajar yang lebih tinggi loh! Semangat belajar ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s