Semester Baru Bikin Suntuk? Terapkan 6 Kiat Ini agar Tetap Semangat!

Libur telah usai. Saatnya kembali menjalankan rutinitas seperti biasa, yaitu kuliah, Sobat! Liburannya sudah cukup, ‘kan? Meski begitu, mungkin dari kamu ada yang merasa malas untuk memulai hari pertama kuliah di semester baru.

Nah, jika itu terjadi, ada baiknya kamu memperbarui semangatmu dulu, nih. Gimana caranya, ya? Berikut enam kiat yang bisa kamu terapkan biar tetap semangat!

1. Evaluasi diri agar jadi pribadi yang lebih baik
Hal pertama yang paling penting adalah berusaha jadi pribadi yang lebih baik. Kamu harus sudah evaluasi diri kamu selama semester kemarin. Ketahui kekuranganmu dan apa yang harus segera diperbaiki. Kalau kamu sudah evaluasi, yuk, berusaha terus untuk memperbaiki diri agar jadi pribadi yang lebih baik !

Hal tersebut juga bisa memotivasimu menjadi lebih positif, lho. Tentunya, kamu akan lebih semangat dan mempunyai energi positif setiap harinya. Siapa tahu nanti energi positifmu bisa menular ke teman-teman sekitarmu.

Baca juga: 6 Tips Hadapi Dosen Pembimbing Killer Agar Skripsimu Tetap Lancar

2. IPK turun bukan akhir dari segalanya, bangkit!
Nomor dua ini sepertinya problematik anak kuliahan, nih. Siapa, sih, yang gak pernah mengalami IPK turun? Jangan terlalu galau, Sobat! Kamu gak sendirian, kok!

Yuk, ubah pola pikirmu. IPK turun bukan akhir dari segalanya, lho. Karena itu, kamu bisa evaluasi sistem belajarmu selama semester kemarin. Kemudian, coba terapkan sistem yang baru di semester baru ini. Tetap semangat!

3. Jangan mudah merasa puas atas pencapaianmu
Kiat ketiga, nih. Buat kamu yang semester kemarin IPK-nya naik, jangan merasa puas dulu, ya! Kamu juga perlu tetap mengevaluasi sistem belajarmu. Kira-kira, ada gak yang harus diperbaiki? Selain itu, kamu harus tetap menggali ilmu lebih dalam lagi, ya! Ilmu gak akan pernah habis, meskipun IPK-mu setinggi langit.

4. Stop membandingkan dirimu dengan orang lain
Keempat ini penting banget, lho. berhenti membandingkan kemampuanmu dengan teman-temanmu. Kamu harus tetap jadi dirimu sendiri. Itu karena kamu, ya, kamu. Dia, ya, dia. Jadi, gak perlu membanding-bandingkan, Sobat.

Kiat ini juga berguna untuk kesehatan mentalmu. Kalau kamu terus-terusan membandingkan diri kamu dengan teman-temanmu, kapan kamu akan bahagia? Be yourself!

Baca juga: Untuk Kamu yang Mudah Lupa, 5 Tips Memperkuat Memori dari Harvard

5. Sertakan doa dalam setiap langkahmu
Kiat kelima ini jangan pernah kamu tinggalkan, ya. Meskipun kamu sudah berusaha, tapi Yang Maha Kuasalah yang menentukan masa depanmu. Oleh karena itu, sertakan doa dalam setiap langkahmu, ya! Jangan lupa juga selalu minta doa dari orang-orang tersayang supaya kuliahmu dimudahkan.

Kalau kamu sudah berusaha dan berdoa, tinggal pasrahkan saja pada Yang Maha Kuasa. Semoga kamu selalu diberi kekuatan dan kemudahan.

6. Yakinlah setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan
Kiat terakhir, nih. Kehidupan kuliah di semester baru gak akan selamanya mudah. Selalu akan ada kesulitan yang menjadi bumbu manis dalam meraih kesuksesanmu. Namun, jangan menyerah ketika kesulitan itu datang, ya! Hadapilah dengan tegar, semangat, dan yakin kalau dibalik kesulitan itu, pasti ada kemudahan yang akan datang!

Jadi, itulah enam kiat supaya kamu tetap semangat. Semangat yang baru itu perlu banget untuk menyambut hari pertama kuliah di semester baru, Sobat! Semangat yang baru tentunya bisa membuat kamu jadi lebih menikmati kehidupan kuliah di semester baru. Yuk, tetap semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s