Sering Malas Belajar? Coba 5 Cara Ini Agar Kamu Semangat

Bagi sebagian orang memang belajar itu hal yang sangat membosankan. Padahal sebenarnya belajar itu bukan sekedar untuk mendapat nilai bagus aja, tapi bisa menambah wawasan. Kalau pengetahuan udah bertambah otomatis kualitas diri jadi lebih baik juga kan. Namun, kalau kamu masih aja gak semangat saat harus belajar, gak perlu khawatir, coba ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan melakukan 5 hal berikut ini.

1. Sambil nongkrong di kafe agar gak jenuh saat belajar
Kalau kamu tipe orang yang gampang jenuh waktu lagi belajar, coba deh buat belajar di kafe. Jadi, saat mulai jenuh, kamu bisa berhenti sejenak sambil duduk manis menikmati minuman favorit dan memandang suasana sekitar. Setelah lumayan rileks, baru deh mulai lagi belajarnya.

Baca juga: 6 Peluang Beasiswa S2 di Eropa 2019, Kuliah ke Luar Negeri Bukan Mimpi

2. Belajar di perpustakaan sehingga terdorong untuk fokus belajar
Ada juga orang yang baru terdorong untuk belajar kalau melihat orang lain belajar. Kalau kamu termasuk tipe itu sebaiknya belajar di perpustakaan. Saat mau ujian jangan lupa untuk meluangkan waktu ke perpustakaan kampus. Dengan melihat banyak orang yang lagi belajar pasti jadi terdorong juga tuh untuk semangat belajar. Selain suasana perpustakaan yang tenang, nilai lebihnya kamu bisa meminjam buku yang dibutuhkan.

3. Mencari teman untuk belajar kelompok juga ide yang bagus
Kalau masih belum bisa mendapatkan mood belajar dari dua cara sebelumnya, kamu bisa mencoba untuk belajar kelompok. Kebanyakan sih yang gak suka belajar sendiri bisa jadi semangat kalau belajar kelompok. Suasana jadi lebih menyenangkan karena bertemu teman-teman. Kalau ada hal yang sulit juga bisa ditanyakan ke teman yang lebih paham.

4. Belajar di taman agar suasana lebih menyegarkan
Kalau ingin suasana belajar yang bikin fresh, kamu bisa mencoba untuk belajar di taman. Cukup membawa buku yang dibutuhkan aja, lalu kamu bisa sambil membaca materi pelajaran di taman. Bisa di taman kota, alam terbuka, bisa juga di halaman rumahmu sendiri bila memang suasananya mendukung. Jadi saat mulai suntuk kamu bisa tutup sejenak bukunya lalu menghirup udara sambil melihat suasana hijau di sekitar.

Baca juga: Jangan Stres, Ini 5 Cara Menghadapi Masa Skripsi dengan Bahagia

5. Cukup belajar di kamar sambil mendengarkan lagu-lagu favoritmu
Kalau memang malas untuk ke mana-mana, belajar di kamar tetap bisa menyenangkan loh. Misalnya, biar gak jenuh kamu bisa belajar sambil mendengarkan lagu favorit. Cukup setel lagu dengan volume lirih aja agar tetap gak mengganggu konsentrasi. Kalau lagi istirahat belajar bisa kerasin volume sambil ikut nyanyi. Pengen rileks, bisa juga keluar kamar sebentar buat ambil cemilan atau bikin minuman favorit, abis itu lanjut belajar lagi.

Belajar itu bisa menyenangkan juga. Tinggal pahami karakter kamu, sehingga bisa tahu cara mana yang bisa dipilih agar semangat belajarnya. Setiap orang kan punya karakter yang berbeda-beda, yang penting kamu menikmati suasana belajarnya. Kalau belajar terasa nikmat, pasti lebih cepat untuk memahami materi yang dipelajari. Belajar yuk!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s