Latihan Soal SBMPTN Sekarang, Ini 7 Keuntungan Bakalan Kamu Dapatkan

Pada 23 Maret mendatang akan diumumkan hasil SNMPTN 2019, dan pastinya banyak dari kamu yang berharap namanya termasuk dalam pengumuman lolos seleksi ini di program studi impianmu.

Sembari menunggu, ada baiknya kalau kamu juga mempersiapkan hal terburuk, yaitu tidak lolos SNMPTN 2019. Maka cara lain agar bisa melanjutkan kuliah di kampus impian kamu harus mengikuti SBMPTN 2019 pada 24 Juni mendatang yang mengharuskan ujian tertulis untuk calon pesertanya.

Meskipun ada jeda 3 bulan antara pengumuman hasil SNMPTN dan pengumuman pembukaan jalur SBMPTN, tidak ada salahnya kamu mulai belajar latihan soal-soal SBMPTN ataupun soal-soal ujian mandiri dari kampus yang dituju. Kamu gak bakalan rugi, justru 7 keuntungan ini akan kamu dapatkan.

1. Ingatanmu masih fresh dengan materi sekolah
Soal-soal SBMPTN kebanyakan merupakan materi pelajaran yang diajarkan di SMA. Akan mudah bagi kamu jika belajar latihan soal karena kamu masih ingat materi-materi tersebut. Kamu juga gak perlu mengulang dari awal untuk belajar materi tersebut, bahkan kamu hanya butuh baca sekilas untuk me-refresh ingatanmu akan materi yang diajarkan gurumu.

Baca juga: 5 Trik Visualisasi Buat Kamu yang Susah Menghafal Saat Belajar

2. Kamu gak bakalan kaget
Jenis soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun hampir sama, cuma bentuk penggambarannya saja yang dibuat berbeda. Walau demikian, kamu harus familiar dengan bentuk soal tersebut karena bagi yang belum terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mengerti maksud yang ditanya. Semakin terbiasa kamu mengerjakan latihan soal, semakin besar peluang kamu untuk menjawab benar.

3. Kamu juga gak jenuh belajar
Kalau kamu memilih belajar dari sekarang, tentu kamu ga perlu belajar menggunakan sistem kebut semalam (SKS) yang berefek buruk karena justru akan membuat kamu jenuh belajar.

Kamu masih bisa mengatur kapan harus belajar dan kapan harus istirahat, sehingga kamu tidak terdesak untuk menyelesaikan semua materi dalam sekali waktu. Hal ini juga bermanfaat bagi daya ingat dan pemahamanmu akan soal-soal tersebut.

4. Kembangkan trik untuk soal-soal tertentu
Karena soal-soal SBMPTN hampir selalu sama setiap tahunnya, tentu kamu akan lebih gampang menjawab soal-soal yang cara pengerjaannya sama. Jangan terkejut kalau kamu menemukan soal yang penyelesaiannya sebenarnya sangat singkat. Dengan banyak berlatih dari sekarang, kamu bisa membuat trik pengerjaan soal bahkan mengembangkannya sehingga tidak terjebak akan soal yang “terlihat sulit”.

5. Bebas tanya teman atau kakak kelas
Keuntungan lain jika kamu mulai belajar dari sekarang ialah kamu punya banyak waktu untuk berdiskusi dengan teman ataupun kaka kelas bahkan gurumu jika menemukan soal atau materi yang masih membingungkan.

Mereka juga tidak harus menjawabnya saat itu juga karena kamu tidak terdesak waktu. Jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan kepada mereka, karena mereka juga mengerti kalau kamu sedang berusaha mengejar impianmu.

Baca juga: 6 Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan Saat Belajar Bersama

6. Bisa fokus pada materi soal yang dominan keluar
Kemenristek Dikti dan LTMPT sebagai yang bertanggung jawab atas pelaksanaan seleksi ini tentu akan membuat soal berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Kamu harus mempelajari sebanyak mungkin soal-soal 7 tahun terakhir.

Selain itu, kamu harus menyediakan waktu khusus untuk materi-materi yang keluar hampir setiap tahun. Buat jadwal dan belajar secara teratur, agar kamu bisa menguasai semua materi dominan tersebut.

7. Simulasi ujian untuk mengatur strategi
Pada hari pelaksanaan ujian tulis SBMPTN, para peserta akan diberikan kumpulan soal dengan waktu yang singkat dan pengerjaan di layar komputer.

Lakukan simulasi ujian tersebut setidaknya sekali 2 minggu layaknya seperti kamu benar-benar sedang ujian SBMPTN. Dengan serius melakukan simulasi itu secara teratur, maka kamu akan terbiasa jika menghadapi soal yang sulit, soal yang menjebak, soal yang membutuhkan waktu pengerjaan lama, dan kamu akan terbiasa mengatur waktu serta emosi ketika waktu hampir habis.

Strategi ini sangat berguna terkhusus bagi kamu yang gampang gugup dan terlalu fokus dengan sebagian kecil soal. Ingat, soal-soal SBMPTN memiliki 3 tingkatan, mudah, sedang dan sulit, harapannya kamu bisa mempergunakan waktu yang singkat untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Jangan mulai mempersiapkan SBMPTN setelah pengumuman hasil SNMPTN, karena ada banyak waktu yang kamu buang sia-sia. Kamu perlu ingat, pada jalur SBMPTN 2019, akan banyak saingan termasuk siswa lulusan tahun 2018 dan 2017, dan mereka tentu sudah menantikan kesempatan ini.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s