Hastag Campus

5 Trik Visualisasi Buat Kamu yang Susah Menghafal Saat Belajar

Bagi kamu para pelajar ataupun mahasiswa pastinya sudah tak asing lagi dengan kegiatan menghafal ini. Nah, menghafal memang sebenarnya kurang efektif dilakukan saat belajar. Baiknya adalah mengerti betul materi pelajaran yang disampaikan, supaya kamu gak usah capek-capek menghafal. Tapi, kadangkala kegiatan menghafal ini diperlukan dalam pelajaran tertentu.

Tenang saja guys, ternyata ada trik yang bisa kamu gunakan agar lebih cepat dan mudah untuk mengingat maupun menghafal. Ya, triknya adalah dengan menggunakan visualisasi. Visualisasi, sederhananya adalah seperti mengimajinasikan apa yang ada di pikiranmu seakan-akan hal itu real atau nyata. Penasaran bukan? Yuk kita simak dulu penjelasannya.

1. Visualisasikan simbol dan gambar bergerak dalam pikiranmu
Nah, buat kamu yang sering kesusahan menghafal kalimat-kalimat panjang yang sulit dipahami, cobain aja memvisualisasikan simbol-simbol yang mewakili kata ataupun kalimat tersebut.

Misalnya, kamu tentu tahu dong tentang simbol tengkorak dan tulang yang sering digunakan dalam botol di laboratorium? Ya, simbol itu menandakan tanda bahaya ataupun beracun yang ada dalam cairan botol tersebut. Nah, kalau ada kata ataupun kalimat yang intinya tentang bahaya dan beracun bisa kan kamu memvisualisasikan simbol tengkorak dan tulang di benakmu?

Baca juga: 6 Tips Hadapi Dosen Pembimbing Killer Agar Skripsimu Tetap Lancar 

Yang terpenting, simbol-simbol itu harus kamu kenali ya supaya memudahkanmu untuk mengingatnya. Nah, supaya lebih mantap kamu bisa juga lho memvisualisasikan simbol ataupun gambar itu bergerak layaknya sebuah film di pikiranmu. Yakin deh, kamu pasti akan lebih mudah untuk menghafal dan mengingatnya.

2. Jangan memvisualisasi kata-kata dalam pikiranmu
Ingat ya, manusia pada dasarnya lebih mudah mengingat sesuatu secara visual apalagi yang dilihat punya visual unik dan menarik. Belum lagi kalau kamu memang adalah tipe pembelajar visual yang artinya kekuatanmu dalam belajar dan mengingat adalah secara visual.

Jadi, coba bayangkan deh kata-kata dalam benakmu dan lihat apa kamu mudah untuk mengingatnya. Tentu lebih sulit bukan? Pastinya lebih mudah untuk membayangkan wujud pohon secara visual dengan daun, buah dan rantingnya dibandingkan huruf p-o-h-o-n secara huruf alfabet.

3. Gunakan visualisasi yang penuh warna
Apa jadinya dunia ini tanpa warna? Wah, tentu sulit untuk dibayangkan ya. Nah, begitu juga dalam visualisasi. Visualisasikan secara colorful atau penuh warna apa yang ingin kamu hafal atau ingat. Gunakan imajinasimu sebaik mungkin untuk memvisualisasikannya.

Padukan juga, dengan teknik di atas yakni membuat simbol atau gambar tersebut bergerak seperri film. Maka, kemungkinan besar kamu akan cepat banget untuk menghafal materi pelajaran. Cobain deh!

4. Jangan lupa, gunakan kreativitasmu dalam bervisualisasi
Bukan visualisasi namanya kalau tidak menggunakan kreatifitas, setuju? Nah, esensi dari bervisualisasi sebenarnya adalah menggabungkan pengetahuan dan imajinasimu dalam pikiranmu.

Baca juga: Untuk Kamu yang Mudah Lupa, 5 Tips Memperkuat Memori dari Harvard

Kamu boleh-boleh saja berlogika, tapi jangan batasi imajinasimu dengan logika ketika bervisualisasi ya. Karena, kamu perlu kreativitas untuk memvisualisasikan apa yang ingin kamu ingat dan hafal secara rinci, jelas dan menarik.

5. Visualisasikan hasil belajar yang kamu inginkan sehingga bisa jadi motivasimu
Terakhir, salah satu kegunaan visualisasi yang sering digunakan adalah untuk membuat sebuah goal atau tujuan yang ingin dicapai, misalnya nih dalam belajar maupun ujian. Nah, bayangkan jika kamu dapat mengerjakan ujian dengan baik dan maksimal.

Bayangkan juga bila kamu mendapat hasil ujian yang baik dan dapat membanggakan diri sendiri maupun orang tua. Gimana rasanya? Pastinya bahagia bukan? Hal-hal seperti inilah yang sebaiknya kamu visualisasikan, sehingga kamu akan lebih semangat dan termotivasi lagi untuk mencapai tujuanmu secara positif.

Itulah kelima trik visualisasi yang bisa kamu terapkan saat kamu kesusahan menghafal ataupun mengingat saat belajar. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star