Untuk Kamu yang Mudah Lupa, 5 Tips Memperkuat Memori dari Harvard

Apakah kamu merasa bahwa dirimu adalah pribadi yang mudah lupa? Jika iya, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu. Pada dasarnya lupa adalah hal yang terjadi secara alamiah, apalagi seiring bertambahnya umur maka mudah lupa terkadang tidak bisa dihindari lagi.

Namun, bukan berarti kita harus pasrah begitu saja, oleh karena itu kali ini IDN Times akan membagikan tips untuk memperkuat daya ingat. Tidak tanggung-tanggung, tips ini langsung dari salah satu universitas ternama di dunia yaitu Harvard atau tepatnya Harvard Medical School. Nah, kira-kira seperti apa sih tips dari Harvard untuk memperkuat daya ingat? Daripada penasaran, yuk langsung kita bahas bersama-sama!

1. Jadilah lebih terorganisir
Biasakanlah untuk selalu mengorganisir segala hal yang kamu kerjakan dan miliki. Kamu bisa menggunakan kalender, buku jurnal, ataupun daftar kontak. Dengan lebih terorganisir, kamu akan lebih mengingat segala hal karena informasi yang ada tersusun dengan rapi dan lebih mudah dibaca.

Baca juga: 6 Tips Hadapi Dosen Pembimbing Killer Agar Skripsimu Tetap Lancar

2. Ingatlah poin-poin penting
Ketika mendapatkan informasi baru, hampir tidak mungkin untuk mengingat seluruhnya. Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk mengingat poin-poin pentingnya saja karena dengan begitu kamu bisa memahaminya dengan lebih baik. Alhasil, informasi yang kamu terima bisa diingat dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Fokus pada seluruh panca indera saat menerima informasi baru
Di sini kuncinya adalah fokus. Ketika menerima informasi baru, berfokuslah pada seluruh indera yang kamu miliki karena hal ini membuat informasi yang baru kamu serap lebih menempel di otak. Usahakan untuk tidak melakukan multi tasking saat sedang belajar dan pastikan untuk terus berkonsentrasi penuh.

4. Tuangkan informasi tersebut dalam sebuah media
Ketika baru saja memperoleh informasi baru, pastikan kamu menuangkan informasi tersebut ke dalam sebuah media lain. Kamu bisa mencatatnya dalam sebuah jurnal ataupun membuat sebuah ilustrasi dari hal yang baru saja dipelajari. Mengucapkan keras-keras tentang hal yang baru saja dipelajari juga sangat efektif untuk membantu menghafal, lho.

Baca juga: Anti Bosan, 7 Tips Bikin Belajar Sendiri Jadi Efisien dan Menyenangkan

5. Terus belajar hal baru
Ketika seseorang mulai merasa mudah lupa, kebanyakan orang suka menyalakannya pada umur yang sudah bertambah. Padahal salah satu alasan seseorang menjadi pelupa adalah karena mulai malas belajar hal baru. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu menantang diri belajar hal yang baru, bisa dengan mengikuti kursus, belajar bahasa baru, ataupun mencari hobi baru. Namun, pastikan kamu belajar hal yang kamu sukai agar proses belajar pun terasa menyenangkan.

Nah, jadi itulah lima tips memperkuat daya ingat dari universitas ternama Harvard yang pastinya terbukti ampuh jika dipraktekkan. Jika kamu merasa memiliki masalah dengan kemampuan menghafal, maka artikel ini sangat tepat untukmu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s