6 Pilihan Beasiswa Shortcourse di Asia, Keren-Keren Semua!

Shortcourse adalah salah satu jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Bentuknya bisa berupa pertukaran mahasiswa, pelatihan mengenai studi ilmu tertentu, dan pengenalan budaya serta pendidikan di negara penyelenggara atau universitas di seluruh dunia. Jenis perkuliahan singkat ini ada yang berbayar, ada pula yang berbentuk beasiswa.

Meskipun tidak lama dan nantinya kamu gak dapat gelar, tapi siapa sih yang gak mau belajar di negara orang dan dilakukan secara gratis? Nah, kita sudah merangkum beberapa beasiswa shortcourse di kawasan Asia nih buat kamu. Yuk, simak di bawah ini!

1. Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP)
SSEAYP adalah salah satu program pelatihan dan pendidikan pemuda dari di ASEAN yang diselenggarakan oleh Jepang. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan mutual understanding dan meningkatkan persahabatan antar negara khususnya di Asia. Menariknya, program yang mendatangkan pemuda dari 11 negara ini melakukan kegiatan seperti FGD, Solidarity Group, bahkan volunteer activity; dilakukan di atas kapal pesiar Nippon Maru. Jadi, kamu di sana akan belajar budaya negara lain sambil mengarungi lautan gitu deh!

Kamu bersama negara lain akan sama-sama belajar tentang keberagaman, berdiskusi tentang isu penting seperti ekonomi, kesehatan lingkungan, nutrisi dan makanan, hubungan internasional, media informasi, dan entrepreneurship. Jenis beasiswa shortcourse ini termasuk jenis beasiswa yang dibiayai penuh dan menyasar pemuda usia 20-30 tahun.

Jika berminat kamu bisa mendaftar lewat PPAN-PCMI Dinas Pemuda & Olahraga di setiap Provinsi di Indonesia, pasalnya SSEAYP berada di bawah naungan Kemenpora RI. Cek persyaratannya di laman sseaypindonesia.org ya!

Baca juga: 6 Bocoran Jitu Biar Tembus Beasiswa S2 Dalam Negeri, Mau Coba Gak?

2. Indonesia-China Youth Exchange Program (ICHYEP)
ICHYEP adalah kerja sama antara Kemenpora dan All China Youth Federation (ACYF). Program pelatihan ini dikhususkan bagi kamu yang ingin belajar mengenai entrepreneurship di pusat ekonomi dunia yaitu Tiongkok, Cina. Studi pada shortcouse berlangsung selama 2 minggu.

Sebentar memang, tapi ilmunya luar biasa karena kamu akan diberikan berbagai kiat untuk jadi pengusaha sukses, mempelajari pemerataan ekonomi di semua wilayah, dan bagaimana mengubah sejarah dan budaya sebagai destinasi wisata yang menarik. Indonesia sendiri selalu mengirimkan 20 putra-putri terbaik yang antusias belajar tentang ekonomi setiap tahunnya.

3. Indonesia – Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP)
IMYEP atau lebih dikenal sebagai Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia adalah suatu program yang terbentuk berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah Indonesia (Duta Besar RI) dengan Kementerian Belia dan Sukan Malaysia tahun 1979. Tujuan dari pertukaran pelajar antara pemuda Indonesia dan Malaysia ini adalah untuk mempererat hubungan diplomatik terutama di bidang kepemudaan dan kerjasama di bidang budaya, pendidikan, kewirausaahan. Peserta IMYEP Indonesia terpilih dari setiap propinsi di Indonesia dengan rentang usia 23-27 tahun, sedangkan untuk pemuda Malaysia terdiri dari rentang usia 18-35 tahun.

Pertukaran pelajar IMYEP berlangsung selama 10 hari dengan pembagian fase bergantian antara Indonesia dan Malaysia. Daya tarik program ini adalah kamu bisa belajar budaya sambil travelling, mengenal langsung penduduk setempat secara bergantian pada tempat-tempat wisata di kedua negara.

4. Global Korea Scholarship
Kamu yang sekarang masih duduk di bangku kuliah dan aktif sebagai mahasiswa bisa nih ikutan Global Korea Scholarship. Program ini adalah beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Indonesia dan Korea. Dalam program pertukaran mahasiswa ini, kamu akan tinggal di Korea dan mendapat ilmu tentang kebudayaan dan pendidikan di sana selama kurang lebih 6 minggu.

Gak hanya itu saja, GKS juga menyediakan tour ke wilayah Korea untuk lebih mengenal tempat menarik dan warga asli di sana. Proses seleksi dilakukan oleh universitas rekanan, salah satunya adalah UI. Setiap tahun penyelenggara GKS akan mempertimbangkan rekomendasi masiswa yang dikirim oleh universitas rekanan.

Baca juga: 7 Situs Kuliah Online Gratis dari Berbagai Kampus Ternama Dunia

5. Singapore Indonesia Youth Leadership Exchange Program (SIYLEP)
SIYLEP adalah salah satu program pertukaran pelajar yang diselenggaran oleh Kemenpora RI bersama dengan Menteri Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda Singapura. Program ini berdurasi selama 2 minggu dan dibagi menjadi dua fase antara wilayah di Indonesia dan Singapura. SIYLEP diikuti oleh 40 peserta (20 dari Indonesia dan 20 dari Singapura).

Kamu akan mendapatkan berbagai pelatihan program yang berhubungan dengan perusahaan start-up di kedua negara, tinggal bersama orangtua angkat (host family), dan kesempatan untuk melakukan proyek sosial atau pemgembangan komunitas di daerah. Gimana, kamu sudah tertarik untuk mandaftar beasiswa shortcourse bentuk kerja sama antara Indonesia dan salah satu negara paling maju di dunia ini gak?

6. ASEAN in Today’s World (AsTW)
AsTW merupakan salah satu beasiswa yang berfokus pada urusan ASEAN dan Asia Timur. Programnya disusun untuk diikuti oleh mahasiswa seluruh dunia dengan bahasa Inggris sebagai pengantar. Beberapa negara penyelenggara sejak mulai dibukanya tahun 2009 adalah Thailand dan Filipina. Mulai tahun 2015, AsTW diselenggaran di negara Vietnam dengan menggandeng universitas rekanan yaitu Kyushu University dan Vietnam National University.

Program shortcourse berdurasi selama 2 minggu dan diikuti oleh sekitar 32 universitas di ASEAN. Kurikulum yang diberikan terdiri dari ASEAN Studies Courses (ASC) dan Asian Languages & Cultures (ALC), dengan tambahan program seperti study trip. AsTW menawarkan pelatihan tentang Current Affairs of ASEAN and East Asia, Food and Enviromental Issues in Asia, dan Cross-cultural Communication in Asia.

Beasiswa ini mencairkan dana sekitar 173.200 yen (kurang lebih Rp20 juta) untuk biaya kuliah, akomodasi, makan, dan study trip. Pendaftaran beasiswa biasanya dibuka dari Februari-Maret dan akan ditutup pada bulan Oktober.

Sudah tertarik ingin daftar yang mana? Jangan sampai terlewat ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s