5 Langkah Mendapat Nilai Bagus Tanpa Pusing Menjelang Ujian

Banyak orang yang ingin memperoleh nilai memuaskan, tapi baru mulai belajar saat menjelang ujian. Kalau begitu caranya udah pasti harus begadang bahkan bisa sampai gak tidur kalau ujiannya pagi. Akibatnya, badan jadi kerasa gak fit setelah ujian. Materi pelajarannya pun gak tahan lama di ingatan. Paling hanya beberapa hari setelah ujian udah lupa lagi. Oleh sebab itu, kamu harus mencoba 5 langkah ini agar gak perlu panik menjelang ujian dan hasilnya pun sangat memuaskan.

1. Perhatikan materi yang diberikan di kelas dengan fokus dan langsung pahami
Jangan lagi deh main hape waktu pelajaran di kelas sedang berlangsung. Ngobrol dengan teman juga waktu udah selesai materi aja. Percuma kan kalau waktu yang kamu lalui untuk hadir di kelas itu hanya terbuang sia-sia tanpa manfaat apapun. Dengarkan materi dengan baik dan langsung pahami. Jadi, ketika jam pelajaran usai, materi yang disampaikan dosen udah nempel di kepala.

2. Catat hal-hal penting yang perlu diingat dengan baik
Jangan malas mencatat saat pelajaran berlangsung. Gak harus bagus dan rapi, yang penting catatanmu bisa dipahami dengan baik. Ini penting, agar ingatanmu tentang hal-hal penting tersebut lebih melekat. Selain itu, saat lupa, udah ada catatan yang bisa dibaca lagi.

3. Selalu pelajari sendiri lagi materi yang udah diberikan di kelas
Malam hari atau saat semua aktivitas udah selesai, jangan lupa untuk membaca kembali pelajaran yang diberikan di hari yang sama. Ini bisa juga dilakukan sambil menyalin kembali catatan yang masih berantakan agar menjadi rapi dan enak dibaca. Selalu sempatkan untuk melakukannya walaupun kamu sedang banyak kegiatan. Kalau gak bisa untuk mencatat ulang, setidaknya kamu tetap membaca kembali catatan di kelas.

4. Kerjakan tugasmu sendiri dan mengerjakannya jangan saat mendekati deadline
Usahakan untuk gak menyontek dalam mengerjakan tugas. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengerjakannya jauh hari, bukan mendekati hari pengumpulan tugas. Sebab, saat mengerjakannya tanpa tergesa-gesa, kamu bisa sambil memahami materi yang ditanyakan dalam tugas itu.

5. Segera bertanya bila ada materi yang masih belum dipahami
Bisa bertanya pada dosen, senior, atapun teman yang udah paham. Yang penting jangan pernah menunda bertanya bila ada kesulitan. Kalau ternyata tertunda sampai hari-H dilaksanakannya ujian, bisa-bisa kamu menyesal saat hal sulit itu justru muncul dalam soal.

Itulah beberapa langkah penting untuk mendapatkan nilai ujian yang memuaskan. Kalau memang kesulitan untuk langsung menerapkan kelima hal itu, kamu bisa memulainya dengan bertahap. Dari langkah pertama dahulu, setelah bisa konsisten baru memulai yang kedua, begitu seterusnya. Saat semuanya udah dilakukan secara teratur, hal itu akan terasa ringan kok, tenang aja. Pastinya saat menjelang ujian kamu pun gak perlu panik lagi.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s