Hastag Campus

Mahasiswa Catat, Begini 5 Cara Jitu Meraih Nilai IPK Terbaik

Setiap mahasiswa di tingkat manapun pasti menginginkan IPK terbaik untuk diraih ditiap semester. Selain karena sebagai nilai umum dari setiap hasil belajar, tapi IPK juga kental akan nilai prestige nya. Tidak mudah mendapatkan IPK yang sesuai dengan keinginan kita, perlu usaha keras yang dibarengi dengan doa agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar.

Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan IPK terbaik di kampus. Namun, perlu dicatat ya bahwa segala hal yang didapat tergantung kepada seberapa seriusnya kita dalam meraih sesuatu secara sungguh-sungguh.

1. Tulislah segala rancangan belajar secara struktural
Orang yang sukses adalah orang yang memiliki rancangan mengenai masa depannya sehingga segala hal yang dilakukan adalah bagian dari rencana yang telah disusun. Perlunya melakukan rancangan belajar agar pola belajar kita akan tetap konstan dan sesuai dengan yang direncanakan. Sudah buat belum?

Baca Juga: Anti Bosan, 7 Tips Bikin Belajar Sendiri Jadi Efisien dan Menyenangkan

2. Jadilah mahasiswa yang aktif bertanya dan berdiskusi
Malu bertanya sesat dijalan, yap orang yang malu bertanya tidak akan mendapatkan informasi yang valid. Oleh sebab itu, perlunya rasa percaya diri dan semangat sebagai salah satu aspek meraih keberhasilan dalam belajar.

Selain bertanya, sebagai mahasiswa juga harus aktif berdiskusi dalam forum manapun sehingga akan mendapatkan banyak informasi baru dari berbagai perspektif pemikiran.

3. Jangan suka menunda, kerjakan segala tugas secara tepat waktu dan sesuai dengan yang diperintahkan
Hal ini wajib dilakukan apabila kamu mau mendapatkan IPK terbaik pada setiap semester. Jangan pernah menunda dan menyepelekan untuk mengerjakan tugas. Tugas yang dikerjakan secara tepat waktu dan sesuai dengan yang diperintahkan pastinya akan menjadi nilai terbaik bagi kamu. Mulai sekarang berhenti menunda tugas ya!

4. Selalu bawa note dan catatlah poin-poin penting dari setiap mata kuliah
Jangan malas untuk mencatat! Manusia memiliki batasan kemampuan dalam menghafal sehingga jangan merasa dirimu superior ya dengan tidak mau mencatat. Catatlah poin poin yang sekiranya penting dan kembangkan poin poin tersebut menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Dapat Skor IELTS 6.5, Gak Perlu Kursus Mahal Lho!

5. Optimis dan yakin akan kemampuan diri sendiri
Optimisme dan percaya diri adalah kunci dari kesuksesan. Cara merealisasikan sikap optimisme dan yakin dengan diri sendiri adalah dengan cara menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip optimisme, yaitu mencontek.

Jika kita sudah mampu mempercayai diri sendiri dan optimis dengan apa yang telah kita pelajari, untuk apa mencontek orang lain?

5 hal berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif terbaik di perguruan tinggi. Segala cara diatas akan tergantung dengan seberapa besar kesungguhan kamu dalam meraihnya. Sudah siap menjadi mahasiswa terbaik? Tinggalkan jawaban di kolom komentar ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star