Anti Bosan, 7 Tips Bikin Belajar Sendiri Jadi Efisien dan Menyenangkan

Setiap orang memiliki beragam cara dalam belajar. Ada yang lebih nyaman belajar kelompok, ada pula yang lebih senang belajar sendiri. Nyatanya dengan belajar sendiri atau secara individu dapat memberikan pemahaman yang lebih dan lebih mudah diingat. Namun, tidak banyak orang dapat rutin melakukan kebiasaan tersebut.

Berikut adalah tujuh tips supaya belajarmu lebih asyik dan efisien!

1. Ciptakan suasana belajar yang kamu banget
Hal pertama yang jadi perhatian adalah suasana atau kondisi yang mendukung kamu dalam belajar. Usahakan kamu mengatur tempat belajar yang kamu miliki menjadi senyaman mungkin. Pilih peralatan atau alat-alat penunjang dengan kualitas baik. Seperti, notebook, pensil, kursi, dan meja. Atur sedemikian rupa hingga kamu menjadi betah untuk berada di dalamnya.

2. Gunakan prinsip empty bottle
Saat sedang belajar, kamu tidak boleh cepat merasa puas dengan apa yang kamu mengerti. Kamu bisa mencari banyak referensi dari sumber yang berbeda-beda untuk memperkaya dan melatih cara berpikirmu agar lebih kritis. Semakin banyak referensi yang kamu punya semakin lengkap pula informasi yang dapat kamu serap.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menjawab Soal Esai, Mahasiswa Wajib Tahu!

3. Jangan ragu untuk mencatat
Sudah menjadi tabiatnya, kebiasaan mencatat kadang sulit untuk dilakukan. Karena beranggapan bahwa telah mampu mengingat dan menyerap informasi dengan baik sehingga melupakan satu kebiasaan ini. Kalau kamu salah satunya, ada baiknya jika kamu sedikit mengubah kebiasaan ini. Membuat catatan tentang hal yang menurutmu penting akan sangat membantu dalam proses belajarmu. Walaupun hari ini kamu dapat mengingat semua hal dengan baik, bisa jadi lusa kamu sudah lupa, kan?

4. Ajak orang lain berdiskusi
Saat kamu sudah cukup mengerti banyak hal jangan ragu untuk berdiskusi dan membagi dengan orang lain. Dengan saling bertukar informasi, dapat menyempurnakan sesuatu yang mngkin belum kamu kuasai dengan sempurna.

5. Tentukan goals yang ingin kamu capai
Tidak kalah penting dari poin sebelumnya, membuat target pencapaian dalam belajar nyatanya baik untuk dipertimbangkan pula. Usahakan sebelum kamu belajar kamu telah
menyusun apa yang hendak kamu inginkan atau kamu capai ketika belajar. Hal ini bertujuan untuk menilai seberapa paham kamu dengan materi yang kamu ingin kuasai.

6. Jangan lupa cari kursus online
Semakin berkembangnya teknologi juga memudahkan untuk kamu yang ingin belajar sendiri dengan murah. Kamu bisa mencari kursus-kursus online tentang beragam materi yang terkadang disajikan dengan gratis. Selain itu soal dan materinya juga gak kalah update.

Baca Juga:  Selain di Bank, Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Keuangan dan Perbankan

7. Lakukan dengan rutin setiap hari
Yang terakhir adalah kamu perlu memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan kegiatan tersebut secara berulang setiap hari. Karena, sekali kamu malas rasanya akan menjadi berat untuk kamu lakukan. Jadi, usahakan dilakukan rutin ya!

Itulah tujuh tips supaya belajar sendiri menjadi lebih efisien. Semoga harimu menyenangkan!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s