SBMPTN Semakin Dekat, Pastikan Kamu Sudah Persiapkan 7 Hal Ini

Di tahun 2019 ini, sistem ujian SBMPTN mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Tes Potensi Akademik (TPA) kini diubah menjadi Tes Potensi Skolastik (TPS). Sedangkan Tes Kemampuan Dasar (TKD) diubah menjadi Tes Kemampuan Akademik. Tapi intinya, tidak ada perbedaan yang besar.

Hanya saja, kemungkinan soal yang diujikan nanti punya level kesulitan yang lebih tinggi. Karena rencananya akan menggunakan soal-soal HOTS (High Order Thinking Skills).

Pelaksanaan ujian SBMPTN tahun 2019 ini menggunakan sistem UTBK atau ujian tulis berbasis komputer. Peserta akan punya peluang yang lebih tinggi karena tes dapat dilakukan sebanyak dua kali. Sehingga jika tidak puas dengan hasil yang pertama, masih ada kesempatan mengulang sekali lagi.

Pemilihan kampus dan jurusan pun dilakukan setelah nilai tes keluar. Peserta dapat memilih kampus dan jurusan yang sesuai dengan nilai yang mereka miliki sehingga kemungkinan tidak diterima akan semakin kecil.

Hari H ujian sudah semakin dekat, pastikan kamu sudah mempersiapkan 7 hal di bawah ini ya!

1. Mempersiapkan mental
Menghadapi tes SBMPTN pastinya berbeda dengan menghadapi ujian masuk SMP atau SMA. Selain soalnya yang jauh lebih susah dan tanpa adanya kisi-kisi, jumlah saingannya pun juga jauh lebih banyak. Karena itu, kamu harus benar-benar mempersiapkan mentalmu. Jangan terlalu memikirkan tentang gagal atau berhasil nantinya, cukup fokus belajar dan percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga: 5 Penyebab Dasar Kemampuan Public Speaking Tidak Akan Bagus

2. Menjaga kesehatan
Di sela kesibukan belajarmu, jangan lupa untuk tetap berolahraga dan menjaga pola makan. Jangan pula terlalu sering begadang dan minum terlalu banyak kafein. Atur waktumu sebaik mungkin. Buatlah pola belajar yang sama setiap harinya supaya kamu tidak kelelahan karena kurang istirahat.

Kondisi tubuh yang gak fit bisa mempengaruhi kerja otak lho. Apalagi kalau kamu sampai sakit saat sedang ada ujian. Semua materi yang sudah kamu pelajari bisa hilang seketika. Pasti gak mau kan?

3. Menentukan kampus dan jurusan
Sering-seringlah mengikuti fakulty fair supaya kamu tau bidang apa yang membuatmu tertarik. Kamu juga bisa mencoba ngobrol dengan beberapa kakak kelas dari jurusan yang kamu minati. Tanyakan apa saja hal yang dipelajari, seberapa berat tugas-tugasnya, kira-kira sesuai dengan minat dan kemampuanmu atau tidak.

Perhatikan juga pekerjaan dari alumni-alumni jurusan tersebut. Jangan hanya sekedar ingin masuk kampus ternama saja tanpa memperdulikan prospek kerjanya ya.

4. Pastikan urutan pilihanmu sudah benar
Kalau kamu sudah tau jurusan dan kampus yang kamu inginkan, maka langkah berikutnya adalah menyusun prioritas. Cari tau dengan pasti passing grade-nya supaya kamu tidak salah menentukan urutan. Karena kesalahan dalam menentukan urutan bisa berakibat sangat fatal. Sederhananya, kalau kamu menempatkan target yang lebih tinggi di akhir, maka kamu akan langsung tersingkir saat tidak keterima di pilihan pertama kan?

Jangan sampai salah dalam hal yang satu ini karena bisa membuatmu sangat menyesal nantinya. Bahkan bisa membuatmu ingin mengulang SBMPTN lagi tahun depan.

5. Mengulang materi
Hari ujian sudah semakin dekat, pastikan kamu sudah menguasai semua materi yang ada. Ulangi kembali materi yang kamu rasa sulit dan jangan sepelekan materi yang kamu anggap gampang. Selain itu, pastikan juga bahwa materi yang kamu pelajari sudah benar. Terutama teori hafalan seperti biologi atau geografi. Karena terkadang buku maupun internet juga bisa salah lho.

6. Latihan soal dan ikut try out
Latihan soal dapat membantu mengetes kemampuanmu. Seberapa jauh kamu sudah menguasai materi. Cobalah membuat target berapa soal yang harus kamu kerjakan dalam sehari. Dan jangan lupa untuk selalu mencocokkan jawabanmu dengan pembahasan yang ada. Sehingga kamu tau materi apa saja yang masih perlu kamu pelajari lagi.

Baca Juga: 7 Situs Kuliah Online Gratis dari Berbagai Kampus Ternama Dunia

Seringlah mengikuti try out, baik yang diselenggarakan sekolah maupun umum. Mengikuti try out dapat melatih mentalmu supaya tidak nerveous saat ujian nanti. Sekaligus bisa melihat kesiapanmu dibandingkan yang lain.

7. Berdoa
Semua usaha yang kamu lakukan tidak akan sempurna kalau kamu tidak pernah berdoa. Meskipun kamu merasa sudah mempersiapkan segalanya dengan matang, ingat bahwa hanya Tuhan yang bisa mengatur nasib seseorang.

Ketika kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, maka yang bisa kamu lakukan tinggal berpasrah dan berdoa. Kalau kamu sudah berpasrah dan yakin bahwa Tuhan pasti tau apa yang terbaik untukmu, maka kamu akan lebih bersyukur dengan hasil apa pun yang kamu terima.

Bersusah-susah di awal, bersenang-senang kemudian. Tetap semangat, kamu pasti bisa!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s