Sedih Karena Tidak Lolos Seleksi PTN? Pulihkan Dirimu dengan 5 Hal Ini

Tahun ajaran baru segera dimulai. Pastinya, akan ada banyak sekali siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kampus ternama Negeri ini. Meski begitu, saking banyaknya yang daftar banyak juga yang tidak lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Tapi jangan bersedih hati bagi kamu yang tidak lolos seleksi, bukan berarti kamu bodoh dan tidak bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Melainkan jalannya saja yang berbeda untuk kamu menempuhnya. Untuk mengatasi kesedihanmu, kamu bisa coba lakukan 5 hal ini.

Baca Juga: Kuliah di Luar Negeri? Yuk Terapin 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Manja Lagi

1. Dekatkanlah diri kepada Tuhan
Jangan sedih terlalu lama karena tidak lolos seleksi perguruan tinggi. Perdekatlah diri kepada Tuhanmu, ceritakanlah keluh kesah yang kamu alami kepadaNya, perkuat juga harapanmu dengan doa-doa. Dan jangan pernah menyalahkan Tuhan atas semua kekecewaanmu. Percayalah Tuhan pasti sudah menyiapkan yang terbaik untuk hamba – hambaNya.

2. Bersyukur
Segala sesuatu yang kita terima mau buruk atau tidak, semuanya harus dihadapi dengan rasa ikhlas dan tulus. Dengan merasa bersyukur, kamu akan mendapat sesuatu yang tidak bisa orang lain dapat. Dengan bersyukur kamu juga akan merasa bahagia dan tidak akan merasa sedih. So, syukurin aja apa yang kamu dapat, percayalah semuanya itu yang terbaik.

3. Meminta maaflah kepada diri sendiri dan orang terdekatmu
Tak kalah penting juga, meminta maaflah kepada dirimu sendiri dan orang terdekatmu. Hal ini bisa menenangkan hati dan memperlancar tujuanmu untuk menggapai cita-cita. Tak ada salahnya juga meminta maaf kepada orang sekitar yang selalu mendukung dan menyemangatimu.

4. Mintalah restu dari kedua Orangtua
Meminta restu kepada kedua orang tua merupakan hal terpenting yang mampu untuk memperlancar arah tujuanmu. Tanpa adanya restu dari kedua orangtua, jangan harap kamu akan lancar menempuh jalan kedepan. Karena restu orangtua merupakan restu dari Tuhan juga.

Baca Juga: 5 Hal Sepele Ini Bisa Membantumu Meraih IPK Tinggi, Sudah Tahu?

5. Belajarlah dari kesahalan, tanamkan motivasi yang kuat dalam dirimu, buktikan bahwa kamu bisa melewatinya
Sedih boleh, tapi jangan terlarut – larut. Ingat, masa depanmu masih panjang. Jangan karena gagal seleksi membuat semangat juangmu hilang, kesempatan kedua selalu terbuka lebar untuknya yang mau berusaha.

Belajarlah dari semua peristiwa yang sudah menimpamu, perbaiki semuanya sebelum terlambat. Tanamkan motivasi yang kuat dalam dirimu, buktikanlah jika kamu bisa melewatinya.

Gimana, sekarang kamu sudah tau kan apa yang harus dilakuin buat kedepannya? Yup, belajarlah dari kesalahan, jangan pernah mengulanginya meski itu hanya sekali. Ingat, masa depanmu masih panjang.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s