Hastag Campus

Sang Introvert yang Sukses

1. J.K. Rowling

Pengarang Buku Harry Potter ini terkenal introvert di kalangan teman-teman dekatnya. Memang, sih, mereka yang berkarakter introvert sering merasa paling kreatif justru ketika sendirian dan berkutat sama imajinasinya. Rowling sendiri bilang, ide membuat Harry Potter muncul pada tahun 1990, ketika dia lagi travellingsendirian di kereta yang delay dari Manchester ke London.

2. Christina Aguilera

Christina mungkin kelihatan hiperaktif banget kalau di pangggung. Tapi ternyata, di kehidupan nyata, Christina lebih senang sembunyi dari keramaian. Salah satu reporter dari majalah Marie Claire, Gaby Wood, pernah bilang bahwa Christina adalah orang yang pemalu waktu diwawancara. Gaby malah pernah nggak mengenali Christina, karena dia cuma berpakaian layaknya cewek biasa dan bukan artis.

3. Albert Einstein

Ilmuan dunia yang terkenal dengan Teori Relativitasnya ini seringkali disebut introvert. Quote Einstein sering dikutip oleh banyak introvert lainnya adalah “The monotony and solitude of a quiet life stimulates the creative mind”.

4. Emma Watson

Emma Watson mengaku dia jarang banget pergi ke pesta-pesta. Dalam sebuah wawancara dengan majalah di Inggris, Emma pernah bertanya-tanya kenapa dia kayak gini. “There must be something wrong me,” kata Emma. Tapi seiring waktu, Emma mulai terbiasa dan menerima bahwa nggak semua orang suka pesta dan kumpul-kumpul.

5. Mahatma Gandhi

Karya Gandhi dalam bernegosiasi membuktikan bahwa orang introvert juga punya kesempatan besar untuk sukses. “In a gentle way, you can shake the world”adalah salah satu quote Gandhi yang fenomenal.

6. Lady Gaga

“I don’t meet that many other artists because I’m actually kind of shy. I always feel shy in the Hollywood scene. I feel a bit like I did in high school, like I don’t really fit in.” – Lady Gaga

Nggak percaya ‘kan Lady Gaga sebenarnya pemalu? Secara do’i punya cara luar biasa dalam mengekspresikan diri dengan berbusana unik dan eksentrik!

7. Barack Obama

Presiden Amerika Serikat ini terkenal tegas, to the point, dan (ternyata) introvert. Dalam sebuah artikel di New York Times, sang penulis Peter Baker bilang, Obama selalu berpikir sebelum bicara. Dia lebih nyaman berada berdiskusi dengan sekelompok kecil orang dan terlibat diskusi yang sangat dalam.

8. Mark Zuckerberg

Kepribadian Mark Zuckerberg yang introvert malah membantu Mark membuat dan mengembangkan Facebook. Kesendirian Mark justru bikin dia punya ide-ide inovatif untuk Facebook. Kata Sheryl Sandberg, Facebook COO, dikutip New York Times post, Mark yang introvert sering banget dianggap dingin dan sombong. Padahal kalau udah kenal dan deket, Mark adalah pribadi yang hangat.

9. Zayn Malik

Pop star kece ini bilang dia adalah introvert sejati. Zayn memang suka banget nyanyi, tapi dia nggak pernah mengharapkan punya fan base sebesar sekarang. Zayn bilang, dia masih suka nggak tahu gimana harus bersikap di keramaian, lho.

10. Keira Knightley

Keira nggak malu-malu bilang kalau dia culun banget di setiap acara kumpul-kumpul. Keira mengaku lebih suka duduk di pojokan dan berusaha ngajak satu orang ngobrol. Atau malah, Keira lebih suka ke dance floor lalu joget-joget sendirian. Yang penting nggak bersosialisasi!

 

[Quiet : Pahami Daya Kekuatan Sang Introvert]

Banyak orang menduga seseorang yang berkepribadian introvert adalah sosok pendiam, kutu buku dan anti sosial.

Berbagai label negatif diberikan kepada para introvert sehingga sosok extrovert-lah yang menjadi contoh baik dalam masyarakat.

Akan tetapi, Susan Cain dalam bukunya yang berjudul ‘Quiet: The Power of Introvert” (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia : Quiet, Daya Introvert dalam Dunia yang Tidak Bisa Berhenti Bicara), mengungkapkan bahwa dibalik kepribadian introvert tercipta orang-orang sukses. Sisi-sisi positif para introvert inilah yang kemudian diulas oleh Susan Cain di dalam bukunya tersebut.

Susan Cain menjawab keresahan tersebut dengan mengungkapkan bahwa orang yang berkepribadian introvert adalah sosok orang-orang pemerhati dan pendengar yang baik.

Kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WhatsApp ke no 0822-3209-6491 dengan format : Saya Mau Beli Buku Quiet atau klik di bit.ly/PesanQuiet

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star