Sadarlah, Ini 5 Penyebab Kamu Gak Produktif Saat Jadi Mahasiswa

Masa muda tak akan pernah kembali. Begitu juga masa-masa jadi mahasiswa setelah lulus sekolah menengah. Kamu punya peluang besar untuk enjadi orang sukses. Ketika kamu menjalani masa kuliah, kamu berkesempatan bertemu dengan dosen, pimpinan kampus, organisasi, jaringan, fasilitas seminar, tokoh pendidikan, beasiswa, kursus dan program yang menunjang kompetensimu.

Nah, jika lulus kuliah tapi gak sukses, artinya peluang tersebut belum kamu gunakan dengan sebaik-baiknya. Mengapa demikian? Berikut ini 5 hal yang bisa jadi penyebab kamu gak produktif di saat jadi mahasiswa. Yuk, simak!

1. Chatting tanpa tujuan positif
Nah, hati-hati buat kamu yang hobi banget meladeni chat tidak penting. Pedekate, gebetan gak jelas dan penggemar rahasia biasanya suka menggunakan modus chat untuk lebih dekat dengan korbannya. Yakin deh, mereka bukanlah orang yang punya visi dan misi positif dalam hidupnya. Jadi, kamu jangan mau terseret dalam gaya hidup demikian.

Baca juga:  Lebih Penting dari IPK Tinggi, 7 Kunci Sukses Mahasiswa di Dunia Kerja

2. Main gadget tapi cuman liat-liat medsos
Coba kamu hitung berapa banyak waktu yang kamu habiskan hanya untuk menikmati media sosial dalam sehari. Lalu, kalikan 7 hari, sebulan hingga setahun. Dalam waktu 2 semester, apakah kamu bisa berkembang pesat? Menghasilkan karya dan prestasi yang membanggakan sebagai mahasiswa? Jika tidak, bisa jadi kamu terjebak dengan media sosial yang sama sekali gak bikin kamu tambah cerdas dan tanggap.

3. Nonton drama hingga mengorbankan waktu tidur malam
Nah, cewek-cewek biasanya rela lembur hanya untuk memenuhi rasa penasarannya terhadap jalan cerita sebuah drama Korea, Malay dan lain-lain. Sebaiknya, jangan lanjutkan kebiasaan tersebut. Waktumu jadi gak produktif. Padahal, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan waktu tersebut untuk menyelamatkan masa depanmu.

4. Menghabiskan waktu dengan nongkrong dan hangout
Sejatinya, jalan-jalan atau kumpul bareng bersama teman-teman bukanlah masalah. Hanya saja, jika itu berlebihan dan mengabaikan kewajibanmu sebagai seorang mahasiswa, tentu menjadi masalah yang besar. Kumpul-kumpul tanpa membawa konten hanya buang waktu. Lebih baik kamu berada di rumah atau kamar kos serta sibuk dengan tugas atau pekerjaan.

5. Mengurung diri di kamar kos tanpa terlibat dengan aktivitas sosial
Jangan sampai kamu gak gaul alias tidak melebur ke masyarakat atau orang-orang di sekitar. Sikap antisosial bisa berdampak buruk terhadap hidupmu. Bagiamanapun juga, kamu pasti membutuhkan mereka. Maka, kamu harus bisa bergabung dengan teman-teman kos dengan cara piket bersama, menyapa warga sekitar tempat tinggal, aktif di organisasi kampus, bergabung ke komunitas tertentu dan terlibat di agenda bakti sosial.

Baca juga: Gak Selalu Buruk, Ini 7 Hal Baik yang Dimiliki Seorang Individualis

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu hindari agar masa-masa muda sebagai mahasiswa lebih produktif. Agar masa depanmu lebih cerah dan menjanjikan. Selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s