5 Hal Penting Ini Harus Direnungkan Mahasiswa Jika Nilai IPK Menurun

Sebagai seorang mahasiswa tentu nilai IPK sangat penting untuk terus dijaga dan stabil. Karena selain berguna untuk masa depan, IPK juga menjadi patokan seberapa jauh dan sungguh-sungguhnya dirimu berkuliah.

Namun ada kalanya kamu menemukan penurunan IPK di beberapa semester. Lalu hal apa yang perlu kamu lakukan jika menghadapi situasi tersebut? Simak di bawah ini.

1. Kesibukan diluar kuliah dapat mempengaruhi nilai IPK. Coba atur dan manajemen waktumu dengan baik
Ketika mendapati nilai IPK menurun atau bahkan tidak ada peningkatan dari semester sebelumnya. Tentunya banyak faktor yang harus kamu telaah. Salah satunya adalah kegiatan non akademik yang bisa menyita banyak waktumu.

Atur kembali dan buat manajemen waktumu dengan baik. Karena sekali lagi kegiatan non akademik bukan hal yang tidak penting namun tentunya hal tersebut jangan dijadikan penghalang untuk dirimu fokus terhadap akademik terutama nilai IPK.

2. Pasang target untuk semester berikutnya
Membuat target sebenarnya tidak otomatis langsung menaikkan nilai IPK-mu. Hanya saja sesuatu yang memiliki tujuan akan lebih mudah dijalani. Dengan adanya target, dirimu akan lebih mudah menyusun strategi dan mengatur waktu agar target yang kamu terapkan di awal bisa tercapai pada akhirnya.

3. Buang sifat malas
Sifat malas adalah momok yang paling menakutkan bagi seorang mahasiswa. Rasa malas pasti pernah menghampiri hampir seluruh mahasiswa di dunia ini. Namun coba ubahlah perilaku tersebut. Ketika IPK-mu mengalami penurunan, tentu ada yang salah dengan dirimu dan salah satunya yaitu rasa malas.

Ketika kamu sudah memiliki target di semester berikutnya bahwa kamu akan memperbaiki IPK. Maka bernjajilah dengan dirimu bahwa kamu akan mengesampingkan rasa malas.

4. Jangan ada mindset bahwa IPK tidak berpengaruh untuk masa depan
Jika kamu sering mendengar selentingan bahwa IPK tidak berpengaruh dengan masa depanmu, itu hanyalah hal yang dipandang secara sebelah mata. Coba renungkan kembali bahwa apa salahnya jika IPK bagus dan dirimu juga mengasah soft skill-mu.

IPK punya perannya tersendiri, walaupun skill penting namun dengan IPK yang ala kadarnya tidak menjamin masa depanmu baik. Akan lebih bijak jika IPK baik dan skill-mu bagus.

5. Pelajari dan tanyakan kiat-kiat ke temanmu yang memperoleh IPK tinggi
Terakhir adalah dengan bertanya dan belajar melalui pengalaman orang lain. Coba tanyakan kiat-kiat untuk mendapatkan IPK yang baik kepada temanmu yang dikenal punya nilai IPK yang stabil. Dari mereka kamu dapat belajar banyak dan tentunya dapat kamu terapkan untuk memperbaiki IPK di semester-semester berikutnya.

Masih ada waktu untuk memperbaiki IPK, semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s