Hastag Campus

Siapa Bilang Berhemat bagi Anak Kuliahan Susah? Inilah Caranya!

Antara membeli buku pelajaran, membeli makanan, dan menaruh uang untuk biaya kuliah, menjadi penting untuk menghemat uang di perguruan tinggi. Mendapatkan pekerjaan bukan selalu pilihan yang paling nyaman, terutama karena itu berarti mengambil waktu yang lebih dari studimu.

Sehingga menabung adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa cara menghemat uang di perguruan tinggi, dan cara-cara untuk menganggarkan uang yang tidak lagi kamu belanjakan.

1. Beli buku bekas dan jual jika selesai digunakan
Ada beberapa situs web dan toko di luar sana yang menjual buku teks bekas dengan harga yang lebih murah. Ketika semester berakhir, kamu dapat menjualnya kembali, atau menemukan teman yang membutuhkan buku yang sama untuk semester mendatang. Selain menghemat, kamu juga mendapatkan pemasukan bukan?

2. Jual barang yang tidak lagi kamu butuhkan
Jika kamu memiliki lemari yang diisi dengan tas-tas lama, baju-baju yang sudah kekecilan, dan barang-barang yang kamu beli beberapa tahun yang lalu dan tidak pernah digunakan, luangkan waktu untuk memeriksa tumpukan barang-barang itu, dan juallah. Bahkan jika kamu hanya mendapat sedikit uang dari itu. Lemari lebih luas dan isi dompet akan bertambah!

3. Kurangi berbelanja dan menghabiskan uang
Kurangi belanja yang tidak menjadi proritas daftar belanjamu. Berbelanjalah dengan tujuan dan usahakan tulis apa yang akan kamu beli saat akan berbelanja. Berbelanja di tokoyang punya banyak diskon juga akan membantumu. Kamu juga bisa membeli barang atau pakaian bekas jika itu lebih baik.

4. Cari diskon mahasiswa
Di beberapa toko kamu bisa mendapatakan diskon mahasiswa. Tunjukkan kartu mahasiswamu untuk mendapatkannya. Beberapa organisasi kampus terkadang juga bekerjasama dengan beberapa toko atau restoran untuk memberikan diskon bagi anggotanya.

5. Ambil keuntungan sebagai mahasiswa di kampus
Ikutilah beberapa acara gratis di kampusmu. Selain dapat menghadiri acaranya secara gratis kamu akan mendapatkan banyak pengalaman. Tak jarang makan gratis juga ada di beberapa acara di kampusmu. Bukan hanya makanan, jika kamu menghadiri seminar atau acara lainnya kamu juga berkesempatan mendapatakan souvenir seperti buku dan alat tulis.

Secara keseluruhan, membuat anggaran yang tepat dan mengengdalikan diri adalah cara terbaik untuk menghemat uang di perguruan tinggi. Jadi, siap berhemat?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star