10 Universitas Swasta Terbaik Versi Kemenristekdikti, Yuk Daftar!

Menempuh pendidikan tinggi gak harus di universitas negeri saja lho. Di Indonesia ada banyak pilihan kampus swasta yang bisa kamu tuju selepas lulus SMA.

Sistem pendidikannya gak jauh beda kok. Status negeri dan swasta hanya menyatakan perbedaan jalur seleksi masuk dan keterkaitannya dengan pemerintah.

Buat bahan pertimbanganmu, simak nih peringkat 10 besar kampus swasta terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Bisa jadi alternatif pilihan kalau gak minat mengambil universitas negeri, atau belum lolos SBMPTN nanti.

1. Universitas Islam Indonesia
Peringkat pertama diisi oleh Universitas Islam Indonesia (UII) yang berlokasi di Yogyakarta. Kampus ini adalah perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia lho! UII berdiri sejak Juli 1945, sebulan sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Kampus UII tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta. Gedung utamanya atau disebut sebagai kampus terpadu berlokasi di Jalan Kaliurang KM 14,5.

Total ada sembilan fakultas dan puluhan program studi yang bisa kamu ambil, termasuk Ilmu Agama Islam yang selalu banyak peminatnya dari tahun ke tahun.

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta menduduki peringkat kedua. Kampus ini memiliki dua gedung perkuliahan yag berlokasi di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan dan Pluit, Jakarta Utara.

Mayoritas kegiatan kampus Unika Atma Jaya Jakarta berlangsung di gedung utama yang terletak di Semanggi. Sementara Fakultas Kedokteran dan rumah sakit milik Unika Atma Jaya berlokasi di Pluit.

Gak cuma di Jakarta saja lho, Unika Atma Jaya juga mendirikan kampus di belahan Indonesia lainnya seperti Yogyakarta dan Makassar.

3. Universitas Telkom
Pengin kuliah di Bandung? Gak cuma ITB dan Unpad saja yang bisa kamu pilih. Universitas Telkom yang berlokasi di Jalan Terusan Buahbatu, Bandung menduduki peringkat kampus swasta terbaik ketiga di Indonesia lho.

Kampus ini adalah gabungan dari empat lembaga pendidikan yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Berdiri di bawah PT. Telekomunikasi Indonesia, program studi teknologi telekomunikasi jadi jurusan favorit nih di sini. Tertarik mengambil?

4. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta
Menyusul kesuksesan Unika Atma Jaya Jakarta, Atma Jaya Yogyakarta juga masuk dalam daftar 10 kampus swasta terbaik di Indonesia. Awalnya, Atma Jaya Yogyakarta berdiri sebagai cabang dari kampus Jakarta. Pada tahun 1973, kampus ini akhirnya memisahkan diri dan berada di bawah Yayasan Slamet Rijadi sebagai lembaga pendidikan independen.

Kampus Atma Jaya Yogyakarta berlokasi di Jalan Babarsari. Ada enam fakultas di jenjang S1 dan empat program studi magister yang bisa dipilih para calon mahasiswa.

5. Universitas Katolik Parahyangan
Kembali lagi ke Bandung, Unika Parahyangan juga masuk dalam deretan kampus swasta bergengsi setelah Universitas Telkom. Lokasinya terletak di Jalan Ciumbuleuit, Hagermanah, Bandung.

Fakultas ekonomi jadi yang terfavorit di sini. Alternatif pilihan nih buat kamu yang tertarik mengambil program studi ekonomika dan bisnis.

6. Universitas Muhammadiyah Malang
Di posisi keenam ada Universitas Muhammadiyah Malang yang populer dengan sebutan Kampus Putih. Julukan ini muncul karena gedung UM Malang didominasi warna putih.

UM Malang memiliki tiga gedung perkuliahan yang berlokasi di Jalan Bandung (gedung utama), Jalan Bendungan Sutami dan Jalan Raya Tlogomas. Selain program sarjana dan magister, di sini juga dibuka program doktoral dan pendidikan profesi.

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang ada di Indonesia, salah satu kampusnya berada di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka kelas dari program sarjana hingga doktoral.

Gedung perkuliahan UMS berlokasi di Jalan A. Yani, Pabelan, Kartasura. Ada 12 fakultas untuk jenjang S1, 10 program pasca sarjana dan dua kelas doktoral.

8. Universitas Katolik Soegijapranata
Peringkat kedelapan diisi Universitas Katolik Soegijapranata yang berlokasi di Jalan Pawiyatan Luhur, Semarang. Kampus ini berdiri di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang berafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang.

Dari 21 program studi S1 yang bisa dipilih, arsitektur adalah yang paling banyak peminatnya. Selain itu ada juga prodi psikologi, teknologi pangan dan ekonomi yang gak kalah ramai peminat.

9. Universitas Bina Nusantara
Kampus swasta di peringkat kesembilan ini gak perlu diragukan lagi kualitas dan popularitasnya. Banyak mahasiswanya yang berasal dari kalangan selebritis dan publik figur.

Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan sebutan Binus punya lima gedung yang tersebar di wilayah berbeda. Keunggulan Universitas Binus adalah ketersediaan program kuliah satu gelar dan gelar ganda (double degree) di setiap jenjangnya.

10. Universitas Kristen Petra
Berlokasi di Surabaya, Universitas Kristen Petra menempati peringkat ke-10 kampus swasta terbaik di Indonesia. Ada tujuh fakultas tersedia untuk jenjang S1, empat program magister dan kelas doktoral teknik sipil.

Gimana, sudah menentukan pilihan mau kuliah di mana?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s