Hastag Campus

Untukmu Mahasiswa yang Juga Part-time Worker, Lakukan 5 Hal Ini!

Melakukan berbagai kegiatan sehari-hari bisa saja mempengaruhi fokusmu. Apalagi jika kamu seorang pelajar yang juga bekerja paruh waktu. Kamu mungkin sering menghadapi saat di mana hidupmu menjadi tidak terorganisir, tugas dan ujian harus kamu hadapi, sementara kamu juga bertanggung jawab dengan pekerjaan paruh waktumu.

Hal itu tentu bisa membuat fokusmu tidak seimbang. Lalu apa hal-hal yang harus kamu lakukan agar hidupmu lebih tertata?

1. Buat perencanaan yang terstruktur dan efektif
Cari tahu cara yang paling cocok untukmu dalam melakukan perencanaan, baik itu dengan menulis jurnal, buku perencana, atau kalender digital. Cobalah untuk memberi warna dan kode pada beberapa kegiatan yang berbeda, seperti belajar, kuliah, jam kerja, kehidupan sosial, dan lainnya.

Dengan melakuakan perencanaan kamu mampu melihat semua kegiatanmu, sekaligus dapat membantumu menentukan waktu luang untuk melakukan tugas-tugas lain.

2. Cantumkan jam dengan lebih detail
Jika kamu telah menetapkan jam di masing-masing kegiatan atau tugas pada hari dalam satu minggu itu akan membuat hidupmu jauh lebih teratur. Setelah beberapa minggu, kamu juga dapat mengembangkan rutinitasmu.

3. Lakukan tugas lebih awal
Mengerjakan tugas setelah pulang bekerja bisa jadi melelahkan dan membuatnya tidak optimal. Lebih baik bangunlah lebih awal entah pagi atau dini hari untuk menyelesaikan tugasmu. Selalu kerjakan sedikit demi sedikit meski tidak sepenuhnya selesai akan lebih baik daripada kamu menundanya.

Atau, jika kamu merasa lelah ketika pulang ke rumah, lebih baik mandi, tidur sebentar, atau makan sesuatu yang akan memberimu energi untuk mengerjakan tugasmu.

4. Selalu tulis tugas atau hal yang perlu dikerjakan
Hal ini terkait dengan perencanaanmu. Ketika kamu memikirkan sesuatu untuk dilakukan, jangan hanya mengingatnya, kamu akan lupa dan akhirnya mengingat pada waktu yang tidak tepat. Tulislah! Memiliki daftar tugas atau hal yang perlu dikerjakan akan sangat membantumu.

5. Review dan putuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya
Ketika kamu akan memutuskan untuk memindahkan tugas dari daftar tugasmu, kamu perlu menilai apa langkah selanjutnya. Putuskan apakah kamu bisa langsung melakukannya atau tidak. Jika tugas itu dapat dilakukan kurang dari 2 menit, segera lakukan. Jika tidak, kamu dapat menunda atau menggantinya dengan tugas lain.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kehidupan kuliah dan bekerjamu agar tetap terorganisir.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star