Biar Hasil Maksimal, Ini Tahapan Membuat Study Plan yang Tepat!

Setiap 6 bulan sekali para pelajar melewati pergantian semester yang bisa menjadi tolak ukur perkembangan belajar. Selama itu kamu bisa menganalisis apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu selama menimba ilmu.

Jika kalian merasa kurang puas dengan hasil di akhir semester kemarin, jangan bersedih. Yuk buat study plan sederhana untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal!

1. Mencari kendala dan permasalahan yang menghambat proses belajar
Hal pertama yang mesti kalian kerjakan adalah mencari akar permasalahan dari kendala yang selama belajar. Mungkin kamu merasa kurang cocok dengan pengajar yang menyampaikan materi, keberadaan teman-teman yang sering memecah konsentrasi, atau banyaknya kegiatan lain yang menguras energimu untuk belajar.

2. Pahami baik-baik penyebab dan akar masalah yang ada
Setelah kamu mengetahui apa yang menyebabkan kalian tidak bisa belajar secara maksimal, maka kini saatnya untuk menganalisis. Cermati dan jabarkan secara detail apa saja kemungkinan yang menyebabkan kamu gagal. Selesaikan akar masalahnya hingga tuntas sampai tidak ada yang tertinggal dan terlupakan.

3. Buat jalan keluar dan solusi yang realistis
Untuk tahap yang ini sebisa mungkin kalian mencari jalan keluar yang sederhana dan mudah dilakukan. Jangan membuat solusi yang terlalu sulit untuk diwujudkan, selesaikan masalah secara perlahan tapi pasti.

4. Melakukan uji coba penerapan solusi yang sudah ditemukan
Sebelum menjadikan solusi tadi jadi jalan keluar yang bisa membuatmu lebih baik lagi, lakukan uji coba terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk mencegah kegagalan yang membuatmu berhenti di tengah jalan nanti. Kamu juga bisa sekaligus mengevaluasi seberapa efektif solusi yang berhasil kamu ciptakan.

5. Fokus pada pilihan
Ketika kamu menyusun study plan maka ada urutan tingkat prioritas setiap bagian. Apa yang telah kamu prioritaskan sebaiknya dikerjakan secara sungguh-sungguh. Dibutuhkan fokus yang tinggi untuk bisa mewujudkan hasil akhir yang maksimal dan sesuai dengan apa yang telah kamu inginkan.

6. Konsistensi demi mencetak hasil yang maksimal
Tidak ada proses instan yang bisa menciptakan hasil maksimal. Selain fokus kita juga perlu konsisten melewati step by step dari rencana yang ada. Ketika kamu jenuh sebaiknya beri sedikit waktu rehat dan segarkan pikiran. Tanamkan motto yang berbunyi, “Usaha tidak akan menghianati hasil”.

Beberapa usaha di atas tadi bisa dicoba untuk mewujudkan target yang sudah lama kamu impikan. Jika terus bekerja keras dan berusaha semaksimal mungkin, maka bukan hal mustahil kesuksesan akan menghampiri kita.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s