Biasanya, 6 Tahapan Ini Sering Banget Dialami Oleh Mahasiswa

Menjadi mahasiswa sangatlah berbeda dengan ketika kamu masih menjadi pelajar SMA. Kalau di SMA kamu akan sangat malu jika tidak naik kelas atau tidak lulus, di perkuliahan tidak seperti itu. Tidak lulus dalam mata kuliah tertentu itu biasa. Yang mengulang kuliahnya berkali-kali pun ada. Kok bisa sih seperti itu? Begini lho enam tahapan yang biasanya dilalui oleh mahasiswa selama satu semester.

1. Bersemangat di pertemuan pertama
Kamu menyiapkan perkuliahanmu dengan sangat rapi. Buku catatanmu baru dan alat tulismu lengkap. Di kelas kamu sangat antusias mendengarkan penjelasan dosenmu. Kamu mencatat dengan teliti kontrak perkuliahan, mendaftar buku-buku penunjang dan mendetili prosentase penilaian yang harus kamu capai selama perkuliahan. Catatanmu hari itu sangat lengkap dan terperinci. Kamu bertekad untuk tidak gagal dalam perkuliahan ini.

2. Ternyata mata kuliah ini susah
Setelah tiga kali tatap muka perkuliahan, kamu mulai menyadari bahwa mata kuliah yang kamu ambil itu susah. Di kelas kamu mulai tidak fokus karena tidak bisa memahami materi. Selain itu, organisasi yang kamu ikuti juga menguras energi. Akhirnya waktu belajarmu kamu kebiri. Tugas kuliah pun asal mengumpulkan, biasanya sih copy-paste punya teman. Iya kan?

3. Jelang UTS, kamu jadi tukang fotokopi
Tak terasa setengah semester hampir berlalu. Kini ujian tengah semester sudah di depan mata. Sebagai ganti kuliahmu yang malas-malasan, kamu mulai sibuk meminjam catatan teman-teman. Dan tiba-tiba kamu sering keluar masuk fotokopian. Kamu berharap catatan temanmu bisa membantumu belajar menjelang ujian.

4. Ujianmu berantakan, nilaimu gak karuan
Ternyata, fotokopian catatan temanmu tidak banyak membantu. Walaupun kamu sudah meng-copy selengkap mungkin, tetap saja kamu tidak memahami catatan temanmu karena kamu tidak serius mendengarkan penjelasan dosenmu. Yang kamu lakukan hanya menghafal catatan itu. Padahal itu adalah langkah yang sangat keliru. Akhirnya, ujianmu berantakan, nilaimu gak karuan. Kamu menyesal karena penjelasan dosenmu tidak benar-benar kamu perhatikan.

5. Siklus tengah semester pertama terulang lagi
Karena merasa gagal di ujian tengah semester, kamu mulai memperbaiki diri. Kamu bersemangat untuk kuliah, dan memperhatikan dengan seksama dalam perkuliahan. Catatanmu lengkap dan kamu cukup puas. Namun sayangnya seperti biasa hal itu hanya berlangsung dua atau tiga kali tatap muka saja. Berikutnya semangatmu mengendur karena merasa tidak mampu mengejar ketertinggalanmu sebelum UTS. Akhirnya kamu mulai malas-malasan lagi, menjelang ujian akhir semester jadi tukang fotokopi lagi dan parahnya nilaimu jeblok lagi. Huft!

6. Kamu menyesal
Kini perkuliahan sudah berakhir. Kamu menunggu nilaimu keluar dan ternyata kamu mendapat nilai D. Kamu membuang tenaga, waktu dan pikiranmu sia-sia selama satu semester. Mau tidak mau kamu harus mengulang kuliahmu tahun depan. Sekarang kamu baru menyesal.

Kalau kamu pernah mengalami hal ini, jangan kamu ulangi lagi. Kuliahlah dengan serius agar kamu bisa segera lulus. Kuliahmu tidak hanya tentang dirimu, ada keringat orang tuamu di situ. Buatlah mereka bangga, sekali-kali dengan nilai A.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s