Buat Mahasiswa: 7 Trik Presentasi Sidang Skripsi Biar Dosenmu Terkesan!

Saat kamu memberikan presentasi, kamu tidak hanya dinilai dari isi percakapanmu saja, tapi juga bagaimana kamu menyampaikan pesan-pesan tersebut. Ternyata, cara kamu berdiri saja dapat mengatakan banyak hal tentang presentasimu. Apabila kamu suka membungkuk dan menjauhi kontak mata, kamu akan terlihat tidak percaya diri dan ini akan mempengaruhi isi dari presentasimu tersebut.

Walaupun isinya baik, tapi kalau cara penyampaiannya tidak baik, maka orang-orang akan sulit untuk mempercayaimu. Sebaliknya, jika kamu menggunakan postur yang benar dan tampak percaya diri, orang-orang akan lebih tertarik dan percaya dengan isi presentasimu.

Kunci terbesarnya adalah power pose, atau postur yang penuh kekuatan. Bagaimana kamu bisa menggunakan posturmu akan terlihat kuat dan percaya diri? Perhatikan gambar di atas dan bagaimana Tony Stark mengangkat tanganya lebar dan tinggi. Posisi yang terbuka dan tegap seperti ini adalah dasarnya. Dengan tampil terbuka, kamu akan nampak percaya diri dan kuat. Tapi apabila kamu punya kebiasaan buruk dengan posturmu atau sulit untuk tampil percaya diri di depan umum, cobalah mengikuti 7 tips di bawah ini.

1. Cobalah berkonsultasi dengan dinding.
Jika kamu ingin tahu bagaimana seharusnya tubuhmu berdiri, cobalah menempelkan punggung-mu ke dinding. Rasakan bagaimana seharusnya kamu berdiri dengan tegak. Mungkin awalnya terasa aneh dan tidak nyaman, tapi perhatikanlah badanmu untuk terus mengikuti posisi tersebut, karena posisi itulah bagaimana seharusnya kamu berdiri.

2. Bagikan beratmu dengan rata kepada kedua kakimu.
Jika caramu membagi berat badan di kedua kakimu salah, kamu akan punya banyak masalah kesehatan nantinya. Kebanyakan orang teralu memberi banyak tekanan kepada tumit kaki, yang kemudian menambah tekanan pada pergelangan kaki, dengkul, pinggul dan sendi. Berlatihlah untuk selalu berdiri dengan seimbang di kedua kakimu. Jika kamu punya kebiasaan untuk memindah-mindahkan berat badan di satu kaki ke kaki yang lain, hal ini akan terlihat tidak profesional, apalagi saat kamu sedang berpresentasi.

3. Bernafaslah dalam-dalam.
Pernafasan yang benar dapat membantumu tetap tenang dan membuat dadamu menjadi lebih tegak dan tegas. Cobalah mengambil nafas dalam-dalam dari hidungmu sampai kamu merasakanya dalam perutmu dan tahanlah selama beberapa detik. Kemudian biarkan lidahmu menyentuh dinding mulut dan keluarkanlah nafasnya perlahan-lahan dari hidungmu. Lakukanlah hal ini beberapa kali, dan kamu bisa merasa lebih tenang atau bahkan lebih segar.

4. Pakailah sepatu yang nyaman.
Otot di kakimu adalah fondasi dari postur tubuh yang baik, jadi jauhilah sepatu yang mengganggu keseimbangan alamimu. Terutama untuk para wanita, berhati-hatilah dengan high heels karena mereka dapat menyebabkan posturmu menjadi lebih bungkuk. Cobalah berlatih dengan sepatu flat untuk membagikan berat tubuhmu dengan seimbang. Mungkin awalnya kamu merasa hal ini tidak membantumu, tapi hal ini dapat meningkatkan kekuatan, kecepatan bergerak, dan stabilitas kakimu untuk jangka panjang.

5. Ketahuilah bagaimana postur tubuhmu sehari-hari.
Jika kamu penasaran dengan postur tubuhmu sehari-hari, apalagi saat kamu sedang tidak memperhatikan-nya, coba mintalah temanmu untuk memotret dirimu secara candid atau saat kamu sedang tidak melihat. Kemudian perhatikan bagaimana postur tubuhmu. Apakah kamu sudah duduk dengan benar atau berdiri dengan postur yang baik? Jika kamu sudah menemukan masalahnya, perhatikanlah untuk memperbaiki masalah itu.

6. Ajak punggungmu berolahraga.
Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki postur tubuh adalah dengan berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk punggungmu seperti dalam gambar di atas. Kamu juga bisa melakukanya saat duduk sekalipun.

7. Seimbangkan buku di atas kepala.
Kamu mungkin sudah sering melihatnya di film-film, tapi melakukan hal ini benar-benar bisa membantumu memiliki postur dan keseimbangan yang lebih baik. Cobalah berlatih berpresentasi sambil menaruh sebuah buku di atas kepalamu. Kamu akan sadar betapa banyak kamu bergoyang-goyang atau membungkuk saat sedang presentasi. Kuncinya adalah berdiri tegak dan seimbang dengan wajahmu terangkat ke depan.

Postur yang baik membuat para penontonmu sadar akan kehadiranmu yang tegas dan kuat saat berpresentasi. Cobalah mengikuti tips-tips di atas dan kamu akan kaget bahwa kamu-pun bisa memiliki karisma yang baik saat harus berdiri di depan umum.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s