6 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah, Tunggu Apa Lagi?

Begitu sayang rasanya kalau kamu semasa kuliah tidak menambah suatu pengalaman, salah satunya dengan kerja sambilan. Walaupun kuliah menuntut hal yang serius, tapi apa salahnya menambah penghasilan tambahan. Apalagi di zaman sekarang begitu banyak pekerjaan yang menuntut skill, jadi bagi kamu yang memiliki keterampilan khusus di bidangnya masing-masing, maka lebih baik manfaatkan skill tersebut menjadi duit.

Jadi janganlah kamu menghabiskan waktu buat berfoya-foya menghabisin uang orang tua. Mulailah bijaksana dan berpikir ke depan karena ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah, seperti 6 pekerjaan ini.

1. Guru les
Bagi kamu kuliah dengan jurusan pendidikan, apa salahnya mencoba melamar sebagai guru les. Dari mengajar tersebut, selain menghasilkan duit, kamu pun menjadi terbisa mengajari murid-murid. Alhasil setelah lulus kuliah, kamu pun tinggal melanjutkannya saja, tidak baru memulai.

2. Penyelenggara suatu event
Setiap kota setiap bulannya pasti ada suatu acara, yang sering acara musik. Dari acara-acara itulah kamu bisa mencari peluang. Bekerja sambilan sebagai penyelenggara suatu acara, pastinya dituntut kerja sama tim yang solid. Kamu pun bisa belajar dari situ. Plus, orang yang kamu kenal pun bertambah.

3. Part time di coffee shop
Kafe di zaman sekarang, apalagi di kota-kota besar, sudah menjabur di mana-mana. Jadi apa salahnya bekerja di sana. Gajinya pun lumayan. Tapi kamu harus pandai-pandai membagi waktu, untuk jam kuliah dan kerja.

4. Driver taksi/ojek online
Anak kuliah zaman sekarang, khususnya laki-laki, kebanyak bekerja sambilan sebagai ojek online. Kerjanya pun tidak menuntut waktu. Kapan ada waktu luang, kamu pun bisa mencari penumpang sebanyak-banyaknya.

5. Jasa freelance (tulisan, desain, foto)
Pekerjaan yang satu ini dituntut memiliki skill. Apabila kamu suka menulis, cobalah kirim tulisan kamu ke media yang tersedia. Begitu pun dengan yang memiliki skill memotret, dan ahli desain. Pastinya pekerjaan ini dipenuhi persaingan, karena bukan kamu saja yang memiliki skill di bidang ini. Maka kamu jangan cepat menyerah, teruslah belajar.

6. Bikin konten di Youtube
Anak zaman sekarang sudah bercita-cita menjadi Youtuber. Masak kamu enggak? Cobalah kamu membuat suatu konten yang unik, yang kamu kuasai. Mana tahu rejeki kamu di bidang ini. Uang yang dihasilkan menjadi Youtuber, gak sedikit lho.

Itulah 6 pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Apalagi? carilah uang tambahan, sekaligus menambah pengalaman.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s