Hastag Campus

10 Tips Wisuda Tepat Waktu dengan IPK Cum Laude yang Bisa Dilakukuan Semua Mahasiswa

Lulus tepat waktu dengan predikat kehormatan atau IPK cum laude merupakan impian hampir semua mahasiswa, ada banyak faktor mengapa lulus tepat waktu dengan IPK cum laude menjadi impian tiap mahasiswa. Beberapa alasannya adalah agar mudah mencari kerja dan ingin membahagiakan orang tua. hal ini tidaklah salah karena perusahaan dan instansi pemerintah hanya akan menerima lulusan terbaik dari universitas dan para mahasiswa juga tidak ingin biaya yang orang tua berikan terbuang sia-sia.

Tapi impian tersebut tidaklah semudah menggerakkan jari tangan, dari sekian banyak mahasiswa hanya ada beberapa yang dapat lulus tepat waktu dengan IPK 3,8 keatas atau predikat cum laude. Pada universitas ternama biasanya hanya ada puluhan mahasiswa yang mendapatkan predikat cum laude dari ribuan mahasiswa tiap tahunnya dalam satu universitas. Sebenarnya semua orang dapat memperoleh predikat cum laude dengan mudah, ada beberapa tips agar kalian lulus tepat waktu dan mendapat predikat cum laude saat wisuda. Anda penasaran? simak tips berikut ini:

1. Aktif di Kelas
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah aktif dalam perkuliahan di kelas, yang dimaksud aktif yaitu sering bertanya saat dosen atau temanmu presentasi, aktif berdiskusi, maupun menjawab pertanyaan dosen mengenai materi. Memang hal ini terdengar biasa tapi ini adalah cara terbaik agar dosen memberikan catatan positif tentang dirimu. Hal terpenting untuk bisa aktif dalam forum kelas hanyalah keberanian, banyak mahasiswa dengan kemampuan sedang yang mendapat IPK tinggi hanya berbekal keaktifan dalam kelas dan sebaliknya banyak mahasiswa cerdas yang mendapat IPK rendah karena tidak aktif dan bersikap apatis dalam forum kelas. hal ini terjadi karena dengan keaktifanmu dosen akan menganggap bahwa dirimu adalah mahasiswa cerdas yang berhak menerima nilai bagus.

2. Belajar Secukupnya Setelah Kuliah Berakhir
Setelah perkuliahan selesai jangan buang waktumu dengan hal yang tidak berguna, luangkanlah waktu secukupnya untuk mempelajari kembali materi yang di sampaikan dosen saat perkuliahan tadi. Saat belajar tidak perlu terlalu serius kamu cukup me refresh kembali pemahamanmu mengenai materi tadi. Waktu belajar di sini tidak harus belajar tepat setelah kuliah berakhir, hal ini juga bisa dilakukan setelah kamu sampai di rumah atau kost. Menurut pengalaman penulis belajar sebentar setelah perkuliahan lebih bermakna dari pada belajar seharian sebelum ujian.

3. Kurangi Hangout dan Bersenang-senang
Kesalahan terburuk mahasiswa adalah terlalu banyak hang out dan bersenang – senang, memang hang out dan bersenag – senang dapat mengembalikan mood mahasiswa yang kacau. Tapi apabila dilakukan berlebihan akan menimbulkan banyak kerugian seperti tidak fokus pada perkuliahan, sering bolos, dan tugas menumpuk. Masih banyak mahasiswa yang lebih mementingkan hal diluar perkuliahan dari pada perkuliahan yang mereka jalani, Hal ini sering terjadi pada mahasiswa kost yang jauh dari pengawasan orang tua, walaupun banyak juga mahasiswa setempat yang melakukan kebiasaan ini.

4. Kerjakan Tugas dengan Baik
Salah satu aspek penting untuk mendongkrak IPK adalah nilai tugas, hal ini karena tugas merupakan salah satu patokan dosen dalam menilai mahasiswa. Jika dalam satu semester nilai tugasmu jelek maka dapat dipastikan IPKmu akan turun, dan sebaiknya apabila nilai tugasmu baik maka IPKmu akan naik. Untuk mendapat nilai tugas sempurna kerjakanlah tugas dengan baik, jangan pernah melakukan plagiasi, karena dosen akan dengan mudah mengetahuimya.

5. Jangan Pernah Menggunakan Sistem Kebut Semalam Saat Ujian
Dalam penilaian, ujian mempunyai bobot nilai yang cukup besar karena ujian merupakan tes kemampuan mahasiswa selama satu semester. Untuk menghadapi ujian biasanya para mahasiswa melakukan sistem kebut semalam yaitu mempelajari semua materi perkuliahan selama satu semester hanya dalam waktu semalam sebelum ujian. Jika melakukan hal ini bukan kefahaman materi yang di dapat, malah kebingungan yang akan di dapat saat ujian. Hal ini karena otak manusia tidak akan bisa menyimpan memori yang banyak dalam waktu singkat kecuali kamu mempunyai otak superior.

6. Hindari Bolos Kuliah
Semua dosen memiliki aturan tersendiri dalam penilaian, tapi untuk masalah absensi hampir semua dosen memiliki penilaian yang sama. Dalam kamus para dosen bolos kuliah merupakan kesalahan fatal mahasiswa, apabila kamu tidak bisa mengikuti kuliah usahakan agar memiliki keterangan yang jelas seperti izin atau sakit. Ada banyak kasus mahasiswa tidak lulus mata kuliah karena sering membolos, biasanya dosen hanya memberi toleransi tidak lebih dari 5 kali bolos dalam satu semester, jika lebih dari itu dapat dipastikan kamu tidak akan lulus dan harus mengulangi mata kuliah yang sama pada semester berikutnya.

7. Hindari Titip Absen
Titip absen merupakan hal biasa bagi sebagian mahasiswa, terutama pada kelas dengan jumlah mahasiswa yang banyak karena dosen tidak bisa memperhatikan mahasiswa dengan teliti. Hal yang lebih dikuatirkan dari kebiasaan titip absen bukanlah ketahuan dosen, tapi munculnya sikap ketergantungan dan malas dalam diri mahasiswa. Apabila kedua sikap tersebut sudah berkembang dalam diri mahasiswa maka mahasiswa tersebut tidak akan pernah sukses. Jadi mulai dari sekarang tanamkanlah baik – baik bahwa kebiasaan titip absen dalam perkuliahan bukanlah bukti solidaritas antar mahasiswa melainkan bukti pembunuhan antar mahasiswa.

8. Baik Pada Dosen dan Sesama Mahasiswa
Tips selanjutnya untuk lulus tepat waktu dengan IPK cum laude adalah bersikap baik pada dosen dan sesama mahasiswa. Banyak hal yang akan kamu dapat apabila menerapkan hal ini, jika kamu berbuat baik pada dosen maka dosen akan mengingatmu sebagai pribadi yang luhur yang pada akhirnya nilaimu akan naik. Dan apabila kamu berbuat baik pada sesama mahsiswa maka kamu akan memiliki banyak teman yang bisa membantumu dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan

9. Selesaikan Administrasi Tepat Waktu
Tips kesembilan adalah menyelesaikan administrasi tepat waktu, masalah administrasi merupakan hal yang tidak boleh dianggap remeh. Administrasi yang dimaksud disini adalah pembayaran maupun pengumpumpulan dokumen mahasiswa yang berkaitan dengan perkuliahan. Sepintar apapun dirimu dalam perkuliahan apabila terkendala masalah administrasi maka kuliahmu akan tersendat bahkan bisa dikeluarkan dari universitas. sudah banyak kasus tersendatnya perkuliahan karena mahasiswa tidak mampu menyelesaikan administrasi tepat waktu.

10. Selalu Berdoa
Tips terakhir adalah berdoa, sesibuk apapun altivitasmu luangkanlah sedikit waktu untuk berdoa pada tuhan karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidaklah lepas dari kekuasaan tuhan. Dengan berdoa kita akan lebih dekat dengan tuhan dengan begitu tuhan akan mempermudah kita dalam mencapai tujuan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star