5 Tips Atasi Perilaku Suka Menunda Tugas Sekolah, Berani Terapkan?

Banyak sekali diantara kita yang suka menunda tugas sekolah yang semestinya lebih baik dikerjaan saat itu juga. Beberapa orang menganggap bahwa tugas dapat dikerjakan secara mudah dan cepat. Namun terkadang, ekspektasi tak sesuai dengan kenyataan.

Perilaku suka menunda tugas sangat tidak baik efeknya bagi proses belajar seseorang, seperti menghambat prestasi dan juga bisa menjadi kebiasaan yang buruk lho gengs!

Jadi, menunda-nunda tugas bukanlah kebiasaan yang harus dilestarikan, ya. Maka dari itu, untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut, lakukan 7 tips berikut!

1. Memanajemen waktu
Guna mengurangi perilakumu yang suka menunda tugas, cobalah untuk mengatur waktu sesuai dengan porsi yang pas versi kamu, agar waktu 24 jam tidak digunakan dengan sia-sia dan lebih efisien, ya.

Kamu bisa mulai mengatur dari waktu belajar, bermain, dan kapan kamu akan tidur. Dengan demikian, kamu akan terbiasa menggunakan waktumu secara lebih efisien.

2. Bentuklah kelompok belajar
Perlu diketahui gengs, membentuk kelompok belajar dapat mengurangi kemalasan untuk mengerjakan tugas. Karena, penyebab sebagian orang yang suka menunda tugas adalah tidak punya teman belajar.

Hal itu sangatlah berbeda di saat seseorang mempunyai kelompok belajar. Ia dengam bebas bisa bertanya atau mendiskusikan apa saja yang berhubungan dengan tugas sekolah.

Selain itu, memiliki kelompok belajar juga berguna sebagai media untuk saling mengingatkan dan membantu mengerjakan tugas sekolah.

3. Jangan pernah takut salah
Perlu kamu ingat, ya. Mengerjakan tugas dengan benar secara keseluruhan tidaklah instan. Kamu harus belajar dulu dari kesalahan yang telah kamu kerjakan.

So, jangan pernah takut salah untuk mengerjakan, sehingga membuatmu menunda tugas tersebut dan pada akhirnya menjadi rutinitas yang buruk buat prestasimu.

4. Urutkan prioritas
Ada sebagian orang, yang benar-benar memiliki prinsip yang teguh. Ada juga yang masih ragu-ragu akan prinsip yang dimilikinya itu.

Maka dari itu, kamu harus mempunyai prioritas yang telah kamu tetapkan. Misalnya, dengan cara mencatat kegiatan yang wajib kamu lakukan per harinya, seperti daftar kapan kamu akan mengerjakan tugas, kapan kamu akan belajar santai, dan kapan kamu akan bermain.

Dengan demikian, kamu jadi mempunyai prioritas yang lebih tertata rapi.

5. Yakinlah pada diri sendiri
Salah satu penyebab menunda tugas adalah ketika kamu tidak merasa yakin, bahwa kamu bisa mengerjakan tugas tersebut. So, keyakinan itu memang sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan di dalam diri ya gengs!

Kamu harus yakin bahwa kamu bisa mengerjakan tugas tersebut meski nantinya berisiko membuat kesalahan.

Jangan biarkan kebiasaan menunda tugas menjadi rutinitas wajibmu ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s