Lakukan 7 Tips Ampuh Ini Agar Sidang Skripsimu Sukses

Gelar sarjana memang selalu banyak diimpikan oleh para mahasiswa tingkat akhir yang kabarnya sudah lelah dengan skripsi. Berjuang berbulan-bulan untuk mendapatkan asese skripsi terbayarkan sudah dengan mendapatkan tanda tangan sang dosen pembimbing. Di sinilah perjuangan terakhirmu yaitu sidang sarjana atau sidang skripsi yang harus kamu hadapi. Fase terakhir inilah yang membuat sebagian mahasiswa gugup dan takut akan kegagalan saat sidang yang bisa membuat gelar sarjana mereka ditunda untuk beberapa bulan berikutnya.

Buat kamu yang sedang menuju sidang sarjana, tak perlu khawatir, lakukan saja 7 tips di bawah ini agar kamu tak cemas lagi dan sidangmu pun sukses.

1. Sering-sering baca skripsimu
Biasanya penguji pasti akan menguji isi dari skripsimu, sehingga kamu benar-benar harus mengerti isi dari skripsimu. Jangan sampai ketika beliau menanyakan perihal isi skripsi kamu malah kelabakan dan gagap karena gak tahu harus menjawab apa. Dengan membaca ulang, kamu pun akan semakin siap dan kepercayaan diri pun muncul.

2. Tandai bagian penting
Biasanya bagian penting dari skripsi adalah pembahasan dan pasti akan sering ditanyakan oleh semua penguji. So, tandailah bagian penting ini dengan spidol atau stabilo supaya kamu semakin paham dan siap dalam sidangmu yang didepan mata.

3. Buatlah daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh sang penguji
Tanyalah kepada kakak kelas atau alumni yang mendapatkan dosen penguji yang sama denganmu dan tanyakan pula beliau menguji tentang apa pada kakak kelasmu biar kamu lebih mempersiapkan sidangmu dan kegugupan pun berkurang.

4. Diskusi kegugupanmu dengan dosen pembimbing
Jangan kamu pendam sendiri semuanya, ceritalah kepada pembimbingmu agar beliau bisa membantumu mengurangi kegelisahanmu. Asal kamu mempersiapkan semuanya, sidangmu pasti akan berjalan lancar.

5.Tonton sidang di Youtube atau hadiri sidang terbuka
Biar lebih mengetahui bagaimana jalannya sidang, tontonlah di Youtube atau hadirilah sidang terbuka agar kamu paham bagaimana jalannya sidang skripsimu yang tentu akan sangat membantumu mengantisipasi jalannya sidang yang tak lancar.

6. Latihan
Sering-seringlah berlatih melakukan presentasi skripsi agar kamu siap menghadapi sidang dan gelar sarjanamu bukan impian lagi.

7. Berdoa dan percaya diri
Walaupun kamu sudah berusaha keras untuk mempersiapkan, jika kamu tak berdoa kepada Tuhan dan kurang percaya diri, sidangmu takkan berjalan sesuai yang kamu harapkan. Karena itu berdoalah dan percaya diri untuk menghadapi sidang skripsimu yang sebentar lagi datang.

Lewat tips sukses sidang skripsi di atas, mudah-mudahan kamu semakin dengan dengan cita-citamu!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s