Jangan Galau, Ini 6 Tips Ampuh untuk Menentukan Judul Skripsi

Bagi mahasiswa akhir tentu akan berjumpa dengan yang namanya skripsi, sebagai salah satu syarat kelulusan. Nah, pada tahap awal kamu pasti dituntut untuk mengajukan judul skripsi yang akan kamu buat.

Nah, tentu ini bukan perkara yang mudah ya sebab judul skripsimu juga menentukan keseluruhan isi dari skripsi yang kamu buat. Jadi, daripada pusing dan galau mikirin judul skripsi, berikut ada 6 tips jitu menentukan judul skripsi yang bisa kamu coba. Yuk simak!

1. Apa topik penelitian yang kamu kuasai dan menarik minatmu?
Topik penelitian adalah kata kunci yang harus dapatkan sebelum menentukan judul skripsi. Nah, misalkan kamu kuliah di jurusan hukum dan kamu tertarik pada mata kuliah hukum perdata maka kamu dapat mengembangkan topik dan kata kunci lebih mendalam lagi mengenai hukum perdata misalnya tentang perjanjian/kontrak dan seterusnya.

Selain itu, dengan menemukan topik yang kamu sukai dan kuasai akan sangat membantumu dalam mengerjakan skripsi sehingga baik menentukan judul maupun mengerjakan keseluruhan skripsi kamu tidak akan begitu terbebani lagi.

2. Pikirkan penelitian berdasarkan ekspektasi vs realita yang ada di dalam masyarakat
Kamu tentu sering mendengar istilah ekspektasi versus realita bukan? Ya, gak cuma di media sosial saja, makna dari istilah ini dapat kamu terapkan dalam menentukan judul skripsi, yakni mengenai masalah dalam realita masyarakat yang seringkali berbanding terbalik dengan apa yang seharusnya atau diharapkan.

Sebagai contoh, misalnya kamu meneliti tentang kenapa masih banyak mahasiswa apalagi dengan IPK tinggi menganggur padahal punya pendidikan yang bagus yang seharusnya punya pekerjaan yang mapan. Jadi, apabila antara harapan dan kenyataan ternyata sejalan maka hal itu tidak dapat dijadikan topik penelitian ya dan otomatis tidak bisa ditentukan sebagai judul skripsi. Mengerti bukan?

3. Perbanyak bahan bacaanmu mulai dari sekarang
Nah, tips ketiga ini wajib banget kamu lakukan mulai dari sekarang. Darimana kamu bisa mendapat ide kalau kamu tidak mencari referensi sama sekali? Ya, membaca adalah kuncinya. Carilah referensi mengenai judul skirpsimu melalui bahan bacaan seperti jurnal penelitian, buku-buku dan sebagainya.

Jadi, kalau kamu sudah membaca banyak referensi maka percaya saja kamu akan bermunculan ide-ide yang menarik mengenai judul skripsi yang akan kamu buat dan tinggal disesuaikan saja dengan minat dan kemampuanmu.

4. Selalu up to date dengan berita dari sumber terpercaya
Slaah satu bahan referensi lain yang patut kamu tahu adalah dari berita. Entah berita dari televisi maupun internet bisa jadi ladang ide buat kamu yang lagi mencari topik untuk dijadikan judul skripsi.

Nah, carilah berita-berita yang sedang hangat dibicarakan dan tentunya menarik untuk diangkat menjadi topik penelitian yang sesuai dalam skripsimu. Dengan begitu, kamu akan lebih kritis dalam menganalisis permasalahan serta menjadikan judul skripsimu makin unik dan menarik. Dan, jangan lupa agar selalu mencari berita dari sumber terpercaya agar berita tersebut bukan berita hoaks dan dapat dipastikan kebenarannya.

5. Jangan menuntut kesempurnaan dalam menentukan judul skripsi
Ya, seringkali mahasiswa tingkat akhir mengalami kegalauan ketika memikirkan judul skripsi yang sepertinya sudah buntu. Salah satu penyebabnya adalah karena menuntut kesempurnaan atau terlalu perfeksionis.

Sepertinya, banyak mahasiswa yang ingin melakukan penelitian dengan tingkat kesulitan tinggi tanpa memikirkan waktu, sarana prasarana dan kesanggupannya sendiri sehingga berakibat dalam menentukan judul skripsi dan pengerjaan skripsi. Jadi, lakukan yang terbaik namun jangan terlalu perfeksionis ya, sesuaikan dengan kemampuanmu dan faktor pendukung lainnya.

6. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dosen pembimbingmu
Yang terakhir, cobalah untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu karena memang itulah tugas beliau untuk membimbingmu dalam masa pengerjaan skripsi. Jangan ragu untuk bertanya, sebab bapak/ibu dosen pembimbing tentu punya pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni tentang bagaimana mencari judul skripsi yang tepat buatmu.

Yang penting, jalinlah komunikasi yang baik antara kamu sebagai mahasiswa dengan dosen pembimbing skripsimu agar nantinya memudahkan kamu dalam pengerjaan skripsi itu sendiri.

Akhir kata, semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat berjuang ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s