6 Hal Asyik yang Harus Kamu Terapkan Biar Semangat Menuntaskan Skripsimu Tetap Terjaga

Setelah kurang lebih 4 tahun lamanya kamu duduk dan belajar dalam kelas perkuliahan, kelulusanmu pun akhirnya di tentukan dalam satu jilid penelitian, apalagi kalau bukan skripsi. Proses pengerjaannya pun sudah pasti menguras emosi dan materi. Kamu berusaha memberikan yang terbaik demi keberhasilan skripsimu, tapi di masa menantang ini lah kamu bisa terbentuk menjadi orang yang nggak gampang menyerah.

Apalagi saat teman-temanmu punya semangat yang sama untuk lulus, sebagai pecutan kalau kamu haram sekali untuk bermalas-malasan ataupun menunda-nunda kalau kamu ingin lulus tepat waktu. Supaya kamu nggak terlalu jenuh dan penuh tekanan dalam prosesmu mengerjakan skripsi, kamu bisa terapkan cara-cara asyik ini biar semangatmu nggak gampang luntur.

1. Hal paling penting kamu harus rajin mandi, karena tubuhmu perlu terasa segar sebelum mulai menulis skripsi lagi
Biasakan mandi sebelum mengerjakan skripsi, karena mandi akan melepas hormon bahagia dalam tubuh dan bikin mood kamu jadi bagus. Rasakan guyuran air yang mengalir melewati tubuhmu, seakan segala lelah dan jenuh meluruh terbawa air. Anggap saja kamu sedang membersihkan diri dari kemalasan, apalagi sambil menghirup dalam-dalam aroma sabun yang menenangkan dan bisa bikin semangat balik lagi. Dijamin, pikiranmu akan lebih ringan dan membaik setelah mandi.

2. Biar nggak frustasi, kunci waktu 4-5 jam khusus untuk menyusun skripsi, selebihnya kamu jelas masih bisa menikmati waktu untuk kesenangan diri
Buat waktu khusus 4-5 jam untuk fokus mengerjakan skripsi, tapi dengan catatan kamu tidak mengerjakan skripsi dekat dengan waktu pengumpulan skripsimu. Nah itu lah mengapa nggak menunda-nunda urusan skripsi itu penting banget, supaya kamu pun bisa tetap santai mengerjakannya. 4-5 jam itu waktu yang efektif untuk fokus, kalau kamu mengerjakan skripsi terlalu diforsir dan lebih dari 4-5 jam pasti hanya akan merasa jenuh dan nggak heran kalau akhirnya kamu malah jadi frustasi.

Setelah fokus di jam khusus itu, kamu boleh bersenang-senang dan bersosialisasi dengan teman-temanmu untuk menghilangkan kejenuhan. Kalau kamu konsisten dan mengerjakan skripsi sesuai aturan pun menguntungkan kamu, skripsi tetap berprogres dan kamu tetap punya waktu bersenang-senang.

3. Ketika bosan mulai menghampiri, cobalah pergi keluar. Pesan minuman favorit dan duduk di sudut cafe sambil memperhatikan sekitar misalnya
Saat bosan sudah mulai terasa, mau dipaksa untuk fokus seperti apapun kamu akan tetap bosan dan nggak lagi punya mood untuk mengerjakan skripsi kalau otak sudah buntu. Nggak masalah, ambil waktu istirahat sebentar karena ini waktunya kamu untuk rileks.

Kamu bisa pergi ke cafe yang kamu suka untuk memesan minuman atau makanan kesukaanmu dan duduk di sudut sambil membaca buku yang menyenangkan atau hanya memperhatikan sekitar sambil mendengarkan musik favoritmu, siapa tau kamu dapat inspirasi dari sana.

4. Bebaskan pikiranmu dari skripsi di akhir pekan, dan ini waktunya kamu melakukan apapun yang kamu inginkan
Senin sampai Jumat kamu maksimalkan urusan skripsi, bimbingan, dan bolak-balik mengambil data. Nah, saatnya Sabtu dan Minggu untuk rehat sejenak. Biar nggak terlalu diforsir, nikmati akhir pekanmu semaksimal mungkin, karena hanya di akhir pekan kamu bisa meloloskan diri dari hal-hal yang bersangkutan dengan skripsimu.

Entah kamu mau me time di kamar bermalas-malasan seharian sambil mendengarkan musik kesukaan, entah kamu punya daftar jalan-jalan, atau olahraga. Apapun itu, lakukan saja. Anggaplah Sabtu dan Minggu itu penghargaan untuk hari-hari sebelumnya yang terasa melelahkan.

5. Ciptakan sensasi menyenangkan di kamar, dengan mengubah dekorasi atau sesederhana menyusun ulang barang-barang di sekitar meja belajar
Mengingat kamu akan banyak mengurung diri di kamar untuk tetap fokus mengerjakan skripsi, buatlah singgasana itu semenyenangkan mungkin dan membuatmu nggak bosan-bosannya berada di sana. Kamu bisa menambahkan aroma therapy di kamar, mengubah letak barang-barang, atau membuatnya serapih mungkin saat biasanya terlihat berantakan.

Kamu bisa mengubah letak kasurmu yang tadinya berada di sudut ruang, jadi di geser dekat dengan jendela atau meja belajar yang tadinya di samping kasur bisa kamu pindahkan ke sudut ruangan. Kamu juga bisa menempelkan koleksi fotomu di dinding agar ruangan jadi lebih terlihat classy. Nggak perlu perubahan besar-besaran yang penting bisa membuat pikiranmu jadi lebih segar.

6. Saat semua hal tentang skripsi membuatmu tertekan, ingatlah ini semua juga demi kebahagiaan orang tua dan masa depan
Hal yang harus kamu pikirkan saat kamu mulai jenuh dengan semua yang kamu lakukan dan membuatmu hampir menyerah adalah mengingat niat awal dan tujuanmu, karena hal-hal itu bisa kembali membakar semangat untuk terpacu menjadi lebih baik lagi. Nggak perlu terlalu besar dalam melangkah, yang penting ada kepastian dan niat yang kuat dalam setiap pijakan.

Kelulusanmu adalah hal ditunggu-tunggu kedua orang tua kamu. Hal itu pula yang menjadi kebahagiaan mereka, setidaknya mereka pun berupaya menyekolahkanmu. Masa membayarnya dengan kelulusanmu saja kamu malas-malasan? Sudah pasti ada kebanggaan dan kelegaan tersendiri saat melihat kamu akhirnya wisuda. Semangat ya!

Sumber: Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s