10 Kebaikan Hakiki Kenapa Membaca Itu Perlu Ditekuni

Semua orang tahu bahwa membaca adalah jendela dunia. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membaca. Bukan hanya buku nonfiksi, membaca buku-buku fiksi seperti novel pun punya manfaat yang bagus buat sobat millennial.
Berikut ada 10 alasan kenapa membaca itu perlu untuk kamu.

1. Wawasan menjadi luas
Dengan membaca kamu jadi tahu segala hal yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya. Selalu ada pengetahuan baru yang kamu dapatkan ketika lagi membaca. Entah itu baca komik, novel, atau bahkan baca brosur suatu produk.

2. Memperkaya kosa kata
Semakin sering membaca, semakin sering pula kamu menemukan kata baru. Dengan banyaknya kosa kata yang kamu tahu, akan membuatmu lebih percaya diri dalam membuat tulisan maupun saat berpidato atau berbicara pada orang lain.

3. Melatih Konsentrasi
Membaca dapat melatih daya konsentrasi, karena ketika menghadapi bahan bacaan kamu harus fokus sehingga memaksamu untuk terus konsentrasi. Banyak baca berarti melatih konsentrasi.

4. Sebagai stimulasi untuk otak
Ketika membaca, sel-sel otak akan menjadi aktif dan ini sangat bermanfaat untuk daya ingat seseorang. Otak adalah salah satu organ yang sangat hebat karena mampu menyerap segala yang kamu baca. Semakin sering membaca, otak juga akan menyerap banyak informasi.

5. Menambah motivasi
Dengan membaca bisa membuat kamu termotivasi untuk menjadi lebih baik. Membaca kisah sukses seseorang akan membuatmu lebih bersemangat untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

6. Merangsang kemampuan menulismu
Membaca dan menulis seperti saudara kembar. Ketika kamu senang membaca, kamu akan lebih gampang membuat tulisan. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu menulis berarti kamu perlu membaca agar tulisanmu lebih bagus lagi.

7. Bikin kamu lebih rileks
Ketika lelah dengan aktifitas sehari-hari, membaca novel atau sebuah cerita pendek dapat membuat kamu lebih rileks. Bahkan membaca suatu quote saja pun dapat membuat pikiran menjadi tenang.

8. Meningkatkan keterampilan
Buku bacaan seringkali memberikan kamu keterampilan baru. Misalnya, jika kamu ingin mempelajari metode berbisnis, maka dengan membaca kamu akan mendapatkan banyak informasi cara merintis usaha sehingga keterampilan bisnis bisa kamu pelajari.

9. Terjauh dari penyakit pikun
Membaca dapat menstimulasi otak sehingga kamu bisa terjauh dari penyakit pikun. Selain itu juga bisa terhindar dari penyakit Alzheimer, yaitu penyakit dimana seseorang kehilangan sebagian memori dalam ingatannya.

10. Stress jadi berkurang
Membaca sebuah novel dan ikut larut dalam ceritanya dapat mengobati stress yang kamu rasakan. Karena cerita dalam novel seolah membawa kamu jalan-jalan ke dunia baru yang berbeda dari keseharianmu.

Itu tadi sepuluh alasan kenapa kamu perlu banyak membaca. Nah.. sobat millennial, Sudahkah kamu membaca hari ini?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s