Ini 5 Trik Biar Dapat Tempat Magang Sesuai Ekspektasi

Hal yang paling dikesalkan mahasiswa ketika magang adalah susah mencari, ditempatkan pada bagian yang tidak sesuai dengan jurusan, atau disuruh mengerjakan hal sepele. Seperti fotocopy hingga buat kopi. Buat kamu mahasiswa semester lima atau tujuh yang akan menjalani magang, jangan khawatir. Berikut adalah tips yang direkomendasikan agar magangmu sesuai harapan.

1. Tentukan motifmu magang, mencari pengalaman atau mencari uang?
Ini adalah hal dasar. Selain demi memenuhi kewajiban kuliah, kamu harus paham motivasimu untuk magang. Hal ini akan mempengaruhi pengambilan langkah agar sesuai tujuan. Jika ingin mendapatkan pengalaman, kamu dapat menyasar instansi terkait sesuai dengan bidang.

Namun jika berorientasi pada uang, maka carilah tempat magang yang memberi imbalan. Kamu juga perlu mengetahui bahwa atmosfir kerja di tempat magang yang berorientasi pengalaman dan materi sangatlah berbeda. Pun demikian kamu dapat menyeleksi sehingga mendapatkan keduanya.

2. Buat daftar instansi yang kamu inginkan
Jika kamu bukanlah anak pemilik perusahaan atau tidak punya orang dalam di suatu instansi, jangan takut buat magang di perusahaan atau instansi ternama. Setelah menentukan tujuan, kamu harus mulai membidik. Mencari informasi sebanyak mungkin melalui relasi dan juga koneksi.

Pastikan untuk memilih instansi yang relevan dengan bidangmu. Bekerja sama dengan teman merupakan pilihan terbaik ketika kamu berorientasi pengalaman, namun jika tidak kamu perlu mewaspadainya. Karena bisa jadi, temanmu akan menjadi pesaingmu dalam melamar magang nanti.

3. Survei dan tanyakan slot kosong
Menyurvei tempat yang diinginkan merupakan langkah awal perjuanganmu. Datangi semua atau bagi dengan temanmu jika perlu. Jika ditolak dengan alasan penuh di bulan yang kamu inginkan, jangan patah semangat. Coba tanyakan bulan yang masing terdapat slot kosong. Jika diterima, tanyakan bagian atau divisi yang kiranya akan kamu tempati.

Pastikan relevan dengan jurusan maupun bidangmu, agar aktivitasmu nanti tidak hanya fotocopy atau buat kopi. Di tahap ini, kamu bisa membawa proposal ajuan magang, ataupun tidak. Hal ini biasanya disesuaikan dengan ketentuan yang diberikan oleh instansi terkait.

4. Jangan malu bertanya kepada senior maupun dosen
Malu bertanya sesat di jalan. Agaknya pepatah ini masih relevan hingga sekarang. Buat kamu mahasiswa yang akan magang, bertanyalah sedetail mungkin kepada senior maupun dosen. Mereka akan dengan senang hati memberi gambaran umum terkait magang. Bisa jadi mereka adalah solusimu.

Pertimbangkan saran dan masukan dari mereka dengan baik. Jika beruntung, kamu bisa magang di usaha senior maupun dosenmu. Lebih dari itu, kamu dapat memanfaatkan hubungan baik ini untuk mempermudah mengerjakan laporan magang nanti.

5. Bekerjasamalah dengan temanmu
Jangan khawatir jika teman akan menjadi saingan. Meski tidak mengambil magang di tempat atau berada di jurusan yang sama, kalian tetap bisa bekerja sama. Mencari teman di daerah sekitar tempat yang kamu akan tuju dapat meringankan bebanmu untuk survei ke sana.

Bisa jadi, temanmu juga mempunyai relasi untuk membantu pencarianmu. Kamu juga bisa sharing dengan teman se jurusan, agar bisa mengetahui info-info terkait, seperti instansi yang telah di surveinya. Menjalin komunikasi tentunya akan sangat bermanfaat untuk saat ini dan kemudian hari.

Lima hal di atas adalah tips yang wajib dilakukan sebelum magang. Jangan takut, mahasiswa yang cerdas tidak akan menyiakan waktunya untuk hal yang tidak berkualitas.

Semua hasil dimulai dari proses, dengan melalui tahap-tahap yang benar dan tips yang tepat, yakinlah bahwa magangmu tidak sekedar fotocopy dan buat kopi. Percayalah bahwa usaha tak akan menghianati hasil. Wujudkan ekspektasimu menjadi nyata.

Sumber: Idtimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s