Tips Ampuh Lolos Seleksi Pertukaran ke Luar Negeri. Jaminannya Bukan Sekadar IPK Tinggi

Bermimpi untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan fasilitas oke dan predikat kece untuk mewakili kampus atau negara? Berarti kamu wajib mencoba peruntunganmu dengan mengikuti seleksi pertukaran mahasiswa atau pemuda ke luar negeri. Sedikit berbeda dengan program beasiswa reguler, program pertukaran biasanya durasinya relatif singkat dan sangat menekankan soal pengalaman ‘bertukar’ budaya dan informasi dengan negara yang dituju, misalnya pertukaran budaya pemuda Indonesia ke Korea.

Biasanya nih hampir setiap semester universitas-universitas punya program pertukaran menarik yang bisa kamu coba. Pemerintah Indonesia juga punya program pertukaran pemuda setiap tahunnya, tentunya dengan beragam pilihan negara yang bisa kamu pilih. Tertarik mencoba? Baca dulu nih tipsnya dari Hipwee Sukses biar kamu makin mantap ikut seleksinya!

1. Harus jeli dalam melihat peluang dan rajin-rajin mengumpulkan informasi dari kanan kiri. Jangan malas untuk buka situs kampus atau situs resmi pemerintah biar nggak ketinggalan info
Banyak mahasiswa atau pemuda yang mengeluh sulitnya mereka menemukan informasi pertukaran mahasiswa atau pemuda ke luar negeri. Padahal nih kamu yang harusnya lebih aktif dan jeli menggali informasi, karena biasanya infonya nggak terlalu heboh. Makanya rajin-rajinlah mengecek papan pengumuman kampus atau fakultasmu. Atau kalau mau dapat info pertukaran pemuda Indonesia, wajib rajin-rajin ngecek informasi di situs atau kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi masing-masing.

2. Pintar saja nggak cukup, lho! Gali potensi lain yang kamu miliki, bisa dalam bidang kesenian atau bidang lainnya
Seringkali orang berpikiran bahwa orang-orang yang terpilih seleksi pertukaran pemuda atau mahasiswa itu adalah orang yang sangat pintar (IPK-nya hampir 4) atau jenius. Padahal nggak juga, kok. Memang latar belakang studimu juga akan jadi bahan pertimbangan, tapi itu bukan poin utama penilaian. Makanya penting buatmu punya kemampuan lain yang membuatmu keliatan beda dari peserta seleksi lain. Misalnya pandai berpuisi, lihai berpidato, jago gitar akustik atau menari.

3. Jangan malas ikut organisasi di kampus atau kegiatan sosial di daerah sekitar tempat kamu tinggal. Semakin aktif kamu dalam kegiatan yang bermanfaat, semakin besar kesempatanmu untuk terpilih seleksi!
Saat kamu menelusuri siapa aja orang-orang yang sukses terpilih sebagai peserta pertukaran sebelumnya, kamu pasti akan sadar bahwa rata-rata mereka punya latar belakang berorganisasi yang kuat. Bahkan mungkin mereka merupakan penggagas utama sebuah kegiatan sosial di daerah mereka tinggal. Itulah mengapa penting buatmu untuk punya kepekaan sosial yang tinggi dan bergabung dalam kegiatan-kegiatan sosial, dijamin itu akan membuatmu semakin dilirik saat seleksi pertukaran.

4. Tingkatkan kemampuan berbahasamu! Selain bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu juga punya kemampuan berbahasa asing lain yang dibuktikan dengan sertifikat-sertifikat yang masih berlaku
Masih ngerasa ragu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu? Please, jangan ya! Bahasa Inggris penting banget buat kamu kuasai sebagai modal utama. Jauh-jauh hari persiapkan juga seritifikat bahasa yang mendukung, misal sertifikast IELTS atau TOEFL yang resmi. Kalau bisa, kuasai juga bahasa asing lain, misal bahasa Mandarin, Jepang atau Korea. Yang pasti, kemampuan bahasa Indonesia juga tetap wajib diperhatikan, ya!

5. Nggak boleh malas mengikuti isu-isu sosial yang sedang hits. Semakin luas wawasanmu, maka semakin besar peluangmu untuk lolos seleksi
Sebagai calon pertukaran pemuda yang akan mewakili kampus atau negara, mengikuti isu-isu sosial yang sedang hangat di Indonesia dan dunia akan jadi poin plus buatmu. Selain bikin kamu keliatan penuh persiapan, kamu juga akan keliatan cerdas dan punya banyak topik obrolan menarik. Yuk, jangan malas mengikuti informasi terkini dari sekarang ya!

6. Selain kemampuan akademik, kemampuan bergaul atau bersosialisasi juga sangat penting, lho. IPK bukan segalanya di sini
Mengapa attitude atau sikap yang baik sangat penting untuk diperhatikan dalam seleksi pertukaran mahasiswa atau pemuda? Karena saat pertukaran, besar kemungkinan kamu akan berhadapan dengan banyak pihak dengan ragam latar belakang. Ramah, supel dan pintar menempatkan diri adalah syarat penting yang harus kamu miliki, di samping memiliki otak yang cerdas tentunya. Psst, banyak lho kandidat kuat gugur hanya gara-gara alasan ‘attitude‘ yang tampaknya sepele ini.

7. Terakhir, keluarkan kemampuan terbaikmu saat sesi wawancara karena bisa jadi kunci utama terpilih atau tidaknya kamu ada di tahap ini
Banyak yang nggak tahu kalau tahap wawancara terkadang merupakan tahap yang paling krusial karena disinilah tim penilai dapat melihat kemampuan berkomunikasi, wawasan dan motivasimu. Kuncinya adalah bersikap tenang, bersahaja, rendah hati dan punya motivasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas diri. Penting juga untuk menunjukan loyalitasmu pada kampus atau negara, karena yah universitas dan negaramulah yang nantinya akan kamu wakilkan. Siapkan diri baik-baik untuk tahapan ini, ya.

Last but not least, ingat bahwa lolos atau tidaknya kamu nantinya adalah hak prerogatif dari tim penilai, jadi apapun keputusannya harus tetap semangat, ya. Sejak awal siapkan dirimu untuk apapun keputusan akhir dan jangan ragu untuk terus mencoba pantang mundur program-program pertukaran yang kamu incar. Persiapkan diri sedini dan semaksimal mungkin tanpa berharap terlalu banyak karena kalau rejeki pasti nggak akan kemana, kok. Semangat dan semoga sukses ya!

Sumber: Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s