Penting! 7 Bahasa Asing ini Sebaiknya Kamu Kuasai Demi Masa Depanmu

Disadari atau tidak, saat ini dunia menjadi tempat yang sangat terbuka tanpa batasan karena adanya globalisasi. Menguasai satu atau lebih bahasa asing merupakan salah satu keterampilan yang paling banyak dicari di dunia bisnis. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu mempelajari bahasa asing agar tidak kalah saing.

Tapi bahasa apa yang sebaiknya dipelajari? Selain bahasa Inggris, ada baiknya kamu melirik tujuh bahasa asing ini untuk dipelajari. Simak!

1. Bahasa Mandarin
Saat ini, terdapat lebih dari satu miliar orang yang menggunakan bahasa Mandarin. Meskipun bahasa ini cukup sulit untuk dipelajari, tetapi hasilnya pasti sepadan dengan usahamu mempelajari bahasa ini. Apalagi jumlah perusahaan multinasional yang mencari karyawan yang fasih berbicara bahasa Mandarin cenderung meningkat setiap tahunnya. Yang paling penting, China telah diprediksi untuk menjadi penghasil kekuatan ekonomi nomor satu di dunia pada tahun 2020. Pasti worth it untuk belajar bahasa Mandarin. Jangan cuma wǒ ài nǐ aja yang kamu tahu!

2. Bahasa Jerman
Kalian pasti sudah tahu kalau Jerman memiliki PDB tertinggi di Eropa. Makanya tidak heran kalau banyak yang berbondong-bondong ke Jerman untuk mencari karir baru karena peluang yang lebih menjanjikan. Selain itu, Jerman juga menawarkan lebih banyak beasiswa untuk siswa internasional daripada negara lain. Jadi, kalau kamu ingin kuliah atau mengincar bekerja di perusahaan asal Jerman, ayo belajar sekarang juga!

3. Bahasa Portugis
Mengapa bahasa Portugis? Karena bahasa Portugis adalah bahasa ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak hanya digunakan di Portugal juga di Brasil, salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Selain itu bahasa ini juga digunakan di 10 negara dari Amerika Selatan ke Afrika. Kalau kamu sudah menguasai bahasa Prancis atau Italia, tata bahasa Portugis memiliki struktur yang mirip sehingga kamu tidak akan memiliki banyak kesulitan.

4. Bahasa Spanyol
Bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan setelah bahasa Mandarin dengan 405 juta pengguna. Plus, mempelajari bahasa Spanyol akan membuka pintu kesempatan tak hanya di Spanyol, tapi Amerika Latin dan bahkan Amerika Serikat. Dan sekarang ini bahasa Spanyol menjadi bahasa ketiga yang paling umum digunakan di Internet. Nah, kalau kamu ingin menonton pertandingan Barcelona atau Athletic Bilbao secara live di sana, mendingan kamu belajar bahasa Spanyol dari sekarang!

5. Bahasa Rusia
Dulu, mungkin kamu akan mengerutkan dahi saat mendengar negara Rusia. Wajar, karena Rusia tampak terisolasi dari dunia lain. Tetapi sekarang Rusia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Rusia adalah pemain ekonomi utama di Eropa Timur yang memiliki potensi luas untuk perdagangan, diplomasi serta pendidikan. Dan nempunyai kemampuan bahasa Rusia tentu keuntungan yang luar biasa kalau kamu berminat berbisnis, bekerja atau kuliah disana.

6. Bahasa Korea
Salah satu negara yang memiliki perkembangan pesat adalah Korea Selatan. Dengan ekonomi Korea Selatan yang kuat, kepentingan geopolitik, dan pesatnya budaya pop Asia membuat bahasa Korea menjadi bahasa yang semakin penting di panggung dunia. Di Indonesia, saat ini ada cukup banyak perusahaan Korea yang agresif berekspansi. Kalau kamu mengincar perusahaan Korea, ada baiknya kamu menguasai bahasa Korea dengan baik. Siapa tahu, kamu punya kesempatan dikirim ke Korea Selatan dan ketemu oppa.

7. Bahasa Arab
Tahukah kamu kalau bahasa Arab digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh 57 negara di seluruh dunia? Alasannya apalagi kalau bukan karena kekayaan ekonomi yang dimiliki negara-negara Arab, dengan PDB lebih dari US$600 miliar. Buat kamu yang tertarik untuk bekerja atau kuliah di negara Timur Tengah, pastikan menguasai bahasa yang tergolong sulit ini ya.

Belajar bahasa asing tak pernah salah, apun latar belakangmu mempelajarinya baik untuk karir, pendidikan atau sekedar mengisi waktu luang. Memiliki kemampuan bahasa asing pasti akan berguna untuk mendongkrak resume dan membantu mengubah masa depanmu dibandingkan dengan mereka yang hanya bermodal tampang.

Kalau kamu fasih bahasa apa nih?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s