6 Mindset ini Patut Kamu Punya untuk Menguatkan Diri saat Hidup Tak Sesuai Espektasi

Di detik selanjutnya pun kamu tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Manusia memang hanya bisa berencana, sementara semua hal akan kembali lagi pada kehendak-Nya. Namun hal itu lah yang membuat hidup ini selalu penuh kejutan, banyak hal terjadi tanpa disangka-sangka. Ada yang membuat kecewa, ada pula yang membuat bahagia bukan main.

Kalau hal yang tak disangka-sangka itu malah membuatmu kecewa dan nggak sesuai harapanmu, bersedihlah sewajarnya. Kenyataan tetap akan terjadi sebagaimana mestinya. Saat kamu merasa hidup ini tak adil karena apa yang kamu inginkan nggak sesuai dengan kenyataan yang ada. 6 mindset ini bisa mencegahmu merasa terpuruk

1. Mengeluh nggak membawamu pada solusi, hanya usaha dan doa yang bisa mengubah nasibmu
Merapal keluhan hanya pemuas emosi semata, tapi kalau terlalu sering dilakukan juga nggak baik untuk dirimu sendiri. Kamu jadi lebih terlihat gampang menyerah kalau kamu mudah mengeluh, padahal keluhan yang keluar dari bibirmu sama sekali nggak akan merubah hidupmu menjadi lebih baik lagi.

Keluhan itu ibarat doa, semakin banyak kamu mengeluh maka kamu juga akan merasa semakin sulit menghadapi tantangan yang ada. Hal yang bisa mengubah nasibmu hanyalah usaha yang juga diiringi dengan doa-doa baik, karena Tuhan tak akan merubah nasib hambanya tanpa dia mau berusaha.

2. Anggap saja kekecewaan yang kamu rasa adalah bahan bakar agar kamu lebih berkembang
Jangan pernah anggap kegagalanmu yang menimbulkan kecewa di hati adalah bentuk hukuman dari Tuhan. Ini hanya tahap hidup menuju kedewasaan, justru itulah yang membuatmu berkembang sebagai manusia. Apa jadinya kalau kamu nggak pernah gagal? Tak pelak lagi kesombongan pasti melekat di kamu, karena kamu nggak akan pernah tahu apa arti berjuang dan bangkit dari kegagalan.

Lewat kegagalan kamu belajar betapa bermaknanya sebuah keberhasilan yang kamu perjuangan dari nol. Kegagalan itu pula yang membuat kamu bercermin untuk menguapayakan yang terbaik untuk rencana masa depanmu kelak.

3. Kegagalanmu pun akhirnya membawamu pada petualangan hidup yang baru
Kegagalan tak terjadi tanpa sebab, mungkin saja musibah yang menimpamu atau kejadian-kejadian yang terjadi di luar rencana diciptakan untuk melatih kesabaranmu dalam menghadapi kegagalan tersebut. Sejauh mana kamu bisa mengatasi semuanya dengan tegar dan dari situlah kamu terbentuk menjadi manusia yang lebih kuat.

Kegagalan memang selalu membawamu pada petualangan baru, seperti strategi baru dalam menjalani tujuan hidup atau bahkan kamu harus merubah haluan yang sudah kamu rancang sedemikian rupa demi mencapai keberhasilan.

4. Jangan merasa paling menyedihkan, masih banyak orang yang tak seberuntung kamu. Tinggal bagaimana kamu pintar-pintar bersyukur
Kamu bukan orang paling merana, mungkin kekecewaanmu pada kenyataan yang nggak sesuai dengan espektasi itu belum seberapa dengan mereka yang bahkan untuk tetap bertahan hidup saja harus penuh perjuangan dan ketabahan menjalani pahit dan kerasnya realita hidup mereka.

Lihatlah sekelilingmu, ada mereka yang masih tetap bisa tersenyum tulus dan tertawa bahagia meski hidupnya nggak senyaman hidupmu, ada mereka yang tetap ikhlas menolong orang lain meski mereka sendiri pun masih kekurangan. Kamu hanya perlu pintar-pintar bersyukur agar nggak selalu merasa terpuruk karena kenyataan hidup yang nggak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Bisa jadi, hidup yang kamu anggap sungguh mengecewakan adalah hidup yang diimpikan banyak orang.

5. Majulah dengan keikhlasan karena meratapi apa yang sudah gagal hanya akan membuat langkah terasa berat
Move on nggak hanya soal percintaan aja, tapi juga soal perkara hidup. Beranjaklah dari puing-puing kekecewaan nggak perlu diratapi lagi. Semua yang terjadi sudah seharusnya diikhlasi dengan cara berbenah diri, jangan sampai mengabaikan kesempatan lain yang masih kamu punya.

Meski mengikhlaskan nggak semudah mengatakannya tapi justru karena ikhlas itu sendiri yang membuat langkahmu jadi lebih mudah untuk menggapai lagi semangatmu untuk tetap melanjutkan tujuan hidupmu meski kamu harus putar otak. Sadarilah, kesuksesan nggak hanya dari satu pintu.

6. Hebat itu bukan yang tak pernah gagal, tapi yang tak pernah menyerah pada hidup ini
Orang yang sekarang terlihat hebat sudah pasti terasah ketegarannya dalam menjalani lika-liku hidup yang pelik. Hebat bukan berarti nggak pernah gagal, tapi hebat adalah mereka yang nggak pernah menyerah pada keadaan dan selalu kembali bangkit sekalipun hidup memaksa mereka untuk menyerah. Jangan biarkan hatimu mengeras hanya karena kenyataan pahit yang kini sedang kamu hadapi.

Jangan pernah berhenti mencoba, karena kesempatan bukan untuk ditunggu tapi dicari. Kelak saat kamu sudah berhasil menggapai apa yang kamu inginkan, kamu akan berterimakasih pada kegagalan hari ini yang sudah membawamu mengarungi petualangan baru yang menempamu menjadi manusia yang nggak lagi mudah merapalkan keluhan.

Sumber: Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s