Ini 5 Alasan Pentingnya Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa

Setiap orang membutuhkan kemampuan berbahasa untuk dapat berkomunikasi dengan sesamanya. Tiap negera di dunia ini memiliki minimal satu bahasa tertentu yang dipakai oleh penduduknya. Bahkan dalam satu negara dapat memiliki lebih dari satu bahasa, seperti negara Indonesia yang memiliki ratusan bahasa daerah.

Penutur suatu bahasa juga tidak mesti warga negara atau warga daerah tertentu saja. Banyak orang yang mempelajari bahasa negara lain atau daerah lain dengan berbagai alasan dan kepentingan masing-masing. Nah, apa saja sih keuntungan belajar bahasa asing selain bahasa yang kamu gunakan sehari-hari?

1. Lebih menghargai perbedaan budaya
Mempelajari bahasa daerah atau negara lain otomatis kamu juga mempelajari kebudayaan daerah atau negara tersebut. Karena hal tersebut, kamu jadi lebih mengerti dan memahami budaya lain dan gak akan seenaknya men-judge budaya dan kebiasaan di daerah atau negara tersebut. Dengan kata lain, kamu juga jadi lebih memiliki toleransi terhadap perbedaan budaya.

2. Punya lebih banyak pilihan pekerjaan
Memiliki skill berbahasa terutama bahasa Inggris sekarang ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Orang yang lancar berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya memiliki peluang lebih besar untuk dapat diterima bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan asing. Selain itu, kamu juga bisa menjadi penerjemah, bekerja di bidang pariwisata, kedutaan, dan masih banyak lagi perkerjaan yang mungkin memerlukan kemampuan bahasa asing.

3. Mendapat kesempatan lebih besar untuk melihat dunia luar
Buat kamu yang sedang bekerja di suatu perusahaan dan dianugerahi kemampuan berbahasa asing, siap-siap deh ditunjuk oleh atasan untuk ke luar negeri dalam rangka urusan pekerjaan. Atau bagi kamu yang punya cita-cita kuliah di luar negeri, akan sangat berpeluang besar untuk lolos seleksi beasiswa jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Siapa coba yang gak mau jalan-jalan ke luar negeri gratis.

4. Perjalanan internasional akan terasa mudah dan menyenangkan
Nah, kalau kamu sudah menguasai bahasa asing mau travelling kemana pun akan mudah dan menyenangkan. Kamu gak akan kesulitan berkomunikasi dengan penduduk lokal, membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat, bertanya arah jalan, atau bahkan berkenalan dengan orang baru.

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Siapa sih yang gak percaya diri jika memiliki banyak skill ? termasuk salah satunya adalah skill berbahasa. Ya, rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya manakala kamu menguasai bahasa asing. Kamu akan pede menyapa orang asing, pede berkenalan dengan orang di berbagai penjuru dunia melalui internet, bahkan pede melakukan wawancara pekerjaan yang membutuhkan keahlian berbahasa asing.

Nah, setelah mengetahui keuntungan-keuntungan menguasai bahasa asing, jadi kapan kamu mau mulai belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris? Bagi yang sudah menguasai bahasa Inggris, gak ada salahnya lho belajar bahasa asing lainnya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s