6 Hal yang Harus Dipikirkan di Malam Hari Sebelum Menghadapi Ujian

Menghadapi ujian baik secara tertulis maupun lisan merupakan sesuatu yang pasti membuat deg-degan. Terutama jika ujian ini menyangkut tentang masa depanmu seperti ujian tes CPNS yang sudah mulai digelar sekarang-sekarang ini. Tidak hanya mempersiapkan apa yang harus kamu pelajari, satu malam sebelum mengikuti ujian kamu juga perlu melakukan beberapa hal berikut lho.

1. Bayangkan hal yang positif akan terjadi
Tidak ada yang salah dengan membayangkan sesuatu yang positif akan terjadi, misalnya kamu akan memperoleh nilai tertinggi dalam ujian kali ini. Dengan membayangkan hal ini, semesta mungkin akan mendukung dan mewujudkan hal tersebut menjadi nyata. Wah, semoga beneran terjadi ya.

2. Ingat kembali nilai-nilaimu yang bagus
Mengingat kembali nilai-nilai bagus yang kamu raih, baik saat try out, simulasi, atau ujian-ujian sebelumnya akan membuat kamu merasa yakin bahwa ujian kali ini akan berjalan mulus. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi kegugupanmu dalam menghadapi ujian esok hari.

3. Tingkatkan kepercayaan diri dengan mengingat persiapan yang telah kamu lakukan
Kamu sudah melakukan persiapan yang matang kan untuk ujian kali ini? Nah, dengan mengingat hal itu maka kepercayaan dirimu akan meningkat. Jika kamu sudah yakin dengan segala usaha yang telah kamu kerahkan, maka percaya lah bahwa hal itu akan mengantarkan mu pada hasil yang memuaskan.

4. Fokuslah pada diri sendiri dan tidak perlu membandingkan dengan orang lain
Sebelum menghadapi ujian, tidak ada gunanya membandingkan diri dengan orang lain. Semua orang memiliki kapasitasnya masing-masing, yang terpenting adalah kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Jika terus membandingkan diri dengan orang lain, maka kamu tidak akan pernah merasa puas.

5. Anggaplah ujian ini sebagai tantangan, bukan sebagai beban
Pada hakikatnya, semua manusia memang menyukai tantangan. Untuk itulah kamu perlu merubah mindset kamu tentang ujian yang akan kamu hadapi besok. Jangan sekali-kali merasa terbebani dengan ujian ini. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa hal itu adalah tantangan yang harus bisa kamu taklukan.

6. Dapatkan tidur yang nyenyak
Mendapatkan tidur yang nyenyak mungkin memang agak susah jika kamu terus memikirkan tentang ujian tersebut. Tapi, jika tidak mendapat tidur yang cukup, kemungkinan kamu akan kesusahan untuk menjawab soal ujian. Maka, berusahalah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak agar keesokan harinya kamu mampu menghadapi ujian dengan badan dan pikiran yang segar.

Selamat mencoba dan semoga lulus ujian dengan hasil terbaik ya.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s