5 Alasan Ini Buktikan Kalau Terlambat Lulus Kuliah Bukan Berarti Bodoh

Lulus kuliah tepat waktu, menjadi lulusan terbaik sekaligus cepat diterima di dunia kerja merupakan harapan setiap mahasiswa. Yang lebih miris lagi orang sering beranggapan kalau terlambat lulus kuliah berarti bodoh atau pemalas. Stop beranggapan seperti itu lagi, karena bisa saja orang yang lulus belakangan sedang membekali diri untuk masuk dunia kerja. Seperti 5 alasan berikut ini.

1. Sedang membekali diri demi bersaing di dunia kerja
Dunia kerja itu gak semudah yang dibayangkan lho, akan ada banyak hal yang terjadi di dunia kerja. Mungkin para mahasiswa yang lulus terlambat menyadari hal ini, sehingga mereka lebih memantapkan diri agar masalah gak datang setelah kelulusan.

2. Mengejar cumlaude
Alasan lain yang membuat seseorang terlambat lulus kuliah yaitu karena ingin mendapatkan gelar Cumlaude. Mereka tidak ingin lulus lebih cepat dengan nilai pas-pasan maka demi mengejar Cumlaude, mereka rela mengulang mata kuliah.

3. Lulus kuliah cepat, gak menjamin dapat kerja cepat
Beberapa mahasiswa mungkin memiliki impian untuk bekerja di perusahaan idaman, tapi tanpa pengalaman dan bekal ilmu yang baik, hal itu menjadi sulit. Banyak contoh kalau lulus cepat gak melulu cepat dapat kerja, mungkin karena mereka kurang dalam beberapa hal, misal keterampilan organisasinya kurang dan lain sebagainya.

4. Mencari ilmu lewat berbagai organisasi kampus
Banyak perusahaan yang menginginkan lulusan yang memiliki keterampilan organisasi yang baik. Hal itu menjadi nilai plus mereka yang mengikuti berbagai organisasi kampus.

5. Ingin mendapatkan nilai akhir yang memuaskan
Mereka yang terlambat lulus menginginkan nilai yang memuaskan saat tugas akhir, maka jadilah tugas akhir yang digagas dan dikerjakan dapat sesuai harapan, serta untuk melunasi kegelisahan meskipun harus menghabiskan banyak waktu, dan orangtua tetap bangga dengan hasil yang dicapai.

Lulus cepat atau tidak sebenarnya bukan masalah, yang jadi masalah adalah bagaimana setiap lulusan punya persiapan dan perencanaan yang matang.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s