Buat Mahasiswa, Ini Lho 6 Tips Agar Kamu Bisa Disenangi Dosen

Sebagai mahasiswa ataupun mahasiswi, tugas utama yang harus dilakukan adalah fokus belajar. Tapi, mengandalkan diri sendiri untuk belajar aja gak cukup. Kamu tetap membutuhkan dosen yang akan membantu dalam hal belajar maupun pengembangan diri.

Sangat penting juga bagi kamu untuk berperilaku baik di depan dosen. Tujuannya gak lain adalah untuk membangun citra positif kamu di mata dosen, yang pastinya akan berguna untuk perkembangan studimu.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu agar disenangi dosen. Simak, yuk!

1. Aktif bertanya dan berpendapat di kelas
Tips yang pertama ini pastinya udah sering kamu dengar, kan? Udah bukan rahasia lagi kalau ternyata dosen lebih senang dengan mahasiswa dan mahasiswi yang aktif di kelasnya, baik dengan cara bertanya maupun sekadar memberikan pendapat tetap akan dihargai oleh dosen.

Gak semua orang punya keberanian untuk bertanya dan berpendapat di kelas. Jadi, kalau kamu mau bersikap berani, hal itulah yang akan dipakai dosenmu untuk dapat menilai dan memberikan poin plus untukmu.

2. Rajin mengerjakan soal di papan tulis
Yang satu ini mungkin jadi hal yang paling ditakuti oleh banyak mahasiswa. Padahal, maju ke depan kelas itu gak selamanya ‘mengerikan’, lho! Cara ini bisa jadi kesempatanmu agar dibimbing langsung oleh dosen.

Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika sering mengerjakan soal di depan kelas, salah satunya adalah melatih kepercayaan diri. Pastinya kamu akan lebih diingat dan disenangi dosen dibandingkan teman-temanmu yang lain, kan?

3. Selalu bersikap antusias saat sedang mendengarkan penjelasan dosen
Sikap antusiasme mendengarkan orang lain adalah salah satu cara untuk menghargai orang lain. Jadi, setiap pelajaran di kelas maupun bimbingan, kita wajib menghormati dosen yang sedang berbicara.

Sikap antusiasme bisa kamu tunjukkan dengan hal-hal sederhana seperti gak main handphone atau asik mengobrol saat dosen sedang menjelaskan. Hal itu jelas akan membuat dosenmu merasa lebih dihargai.

4. Membantu dosen dengan hal-hal yang simple namun bermanfaat
Tugas seorang dosen itu memang gak semudah yang dipikirkan orang lain. Ada banyak hal yang harus mereka kerjakan, seperti menyiapkan materi, mengajar, mengikuti seminar, melakukan penelitian, dan masih banyak lagi.

Walaupun sebagai mahasiswa kamu gak bisa membantu banyak, tapi ada banyak hal simple yang bisa kamu lakukan untuk membantu dosen, misalnya dengan cara membantu mengumpulkan tugas teman-teman sekelas, fotocopy materi, membantu menghitung, membagikan hasil pekerjaan kelas, dan masih banyak lagi. Semua itu mungkin aja bisa membuat dosenmu merasa senang dan terbantu.

5. Memulai obrolan ataupun chat dengan cara yang santun dan beretika
Sikap sopan merupakan sikap yang sangat penting untuk ditunjukkan dalam relasi dengan orang lain. Gak terkecuali dengan dosen.

Sikap sopan pun gak cuma wajib ditunjukkan saat bertatap muka aja, tapi juga saat situasi tidak langsung, misalnya saat berkomunikasi dengan dosen via chat. Chatting dengan dosen pastinya berbeda dengan teman seusiamu. Usahakan untuk memulainya dengan salam dan kata-kata yang santun dan beretika agar tetap terkesan hormat.

Tuh kan, gak bertemu secara langsung aja harus tetap santun sama dosen, apalagi kalau bertemu langsung, ya gak?

6. Tidak lupa untuk memberikan apresiasi untuk dosen
Terakhir tapi gak kalah penting, nih! Jangan lupa untuk memberikan apresiasi untuk dosenmu. Apresiasi juga gak harus dengan materi, kok. Hal-hal kecil seperti mengucapkan terima kasih setiap kali selesai diajar di kelas maupun selesai bimbingan pun bisa jadi salah satu cara untuk membuat dosenmu merasa usahanya dihargai. Kita gak tahu kesibukan dan momen apa aja yang dikorbankan dosen agar bisa mengajar di kelas kita, kan? So, gak ada salahnya memberikan apresiasi untuk dosen, ya!

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan agar lebih disenangi dosen. Tujuannya adalah agar citramu sebagai seseorang bisa jadi baik di mata dosen, sehingga kalau suatu saat kamu butuh bantuan dalam hal studi atau bidang lain, dosenmu gak akan segan untuk membantumu. Selain itu, nilai tinggi pastinya akan jadi bonus untuk setiap usahamu!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s