5 Alasan Gak Perlu Buru-Buru Pindah Jurusan Apalagi Karena Penasaran!

Fenomena pindah jurusan sepertinya merupakan hal yang biasa di kalangan mahasiswa. Entah dengan alasan tak cocok dengan jurusan yang saat ini diemban atau rasa penasaran ingin masuk ke kampus impian merupakan salah satu alasannya.

Namun yang pasti harus kamu tahu, urusan pindah jurusan bukanlah hal yang sepele dan butuh pemikiran yang matang karena kamu harus menghadapi konsekuensinya. Meski kamu merasa gak cocok dengan jurusan yang sekarang, jangan buru-buru memutuskan pindah jurusan dan resapi dulu alasannya berikut ini!

1. Mungkin kamu menganggap jurusan impianmu bukanlah yang kamu jalani sekarang, tapi siapa tahu inilah tempatmu
Bisa jadi kamu merasa kurang keren atau kurang bergengsi saat kuliah di jurusan ini. Tapi hanya karena ini bukanlah jurusan atau kampus impianmu, bukan berarti kamu bisa memutuskan pindah tanpa pemikiran yang matang. Siapa tahu inilah tempat terbaikmu dan di jurusan inilah kamu bisa sukses. Meski jurusan ini bukanlah pilihan pertamamu, kamu tetap bisa sukses kan? Resapi dahulu dan jalani dulu perkuliahannya, siapa tahu kamu merasa cocok.

2. Kamu harus beradaptasi kembali ketika kamu memutuskan pindah
Ketika kamu memutuskan untuk pindah jurusan tentu kamu harus beradaptasi kembali dengan lingkungan kampus yang berbeda dan teman-teman yang berbeda pula. Siapa tahu jurusanmu terdahulu teman-temannya ramah dan mudah akrab denganmu, berbeda dengan jurusan yang kamu pilih sekarang. Kalau sudah begini, jangan berpikir untuk pindah jurusan lagi ya karena kamu tak memiliki teman-teman yang akrab!

3. Namun saat kamu pindah, kamu pun harus memulai segalanya dari awal lagi termasuk dengan sistem perkuliahannya
Repot jelas repot, karena kamu harus menyesuaikan diri lagi dengan sistem perkuliahan dalam kampus barumu. Boleh jadi jurusanmu terdahulu sistem perkuliahannya sudah cocok denganmu, tapi mau bagaimana lagi toh inilah pilihanmu dan kamu harus berusaha keras untuk menyesuaikan diri lagi jika kamu mau sukses.

4. Kamu jelas sudah banyak menghabiskan uang orangtua, apakah kamu tak merasa kasihan pada mereka?
Saat kamu memutuskan untuk pindah, otomatis kamu harus membayar ulang semuanya termasuk uang SPP dan uang operasional lainnya. Apalagi untuk kamu yang dibiayai hanya oleh orangtuamu saja apakah kamu tak merasa kasihan mereka sudah mengeluarkan banyak uang demi agar kamu bisa pindah jurusan?

5. Dengan kembali menjadi mahasiswa baru, kamu sudah membuang satu tahun kelulusanmu demi jurusan impianmu
Ketika kamu pindah jurusan, otomatis kamu membuang kesempatan lulusmu selama satu tahun. Kamu memulai semuanya dari awal dan menjadi mahasiswa baru lagi. Ketika teman-teman satu angkatanmu sudah lulus, kamu tetap harus disibukan dengan kuliah karena kamu memutuskan untuk pindah jurusan.

Pindah jurusan itu sangat besar resikonya, oleh karena itu pikirkanlah dahulu dengan matang sebelum memutuskan untuk pindah. Jangan hanya karena kamu penasaran tak lolos dengan jurusan favoritmu, kamu jadi memutuskan pindah jurusan tanpa berpikir dengan matang.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s