Selain Belajar, Ini 8 Hal Penting yang Bisa Kamu Lakukan Selama Kuliah

Kehidupan mahasiswa maupun mahasiswi memang gak bisa lepas dari kegiatan belajar. Namun di samping belajar, ternyata ada banyak hal yang sangat penting untuk kamu lakukan agar dapat mengembangkan potensi diri.

Memanfaatkan masa kuliah dengan baik harus kamu terapkan mulai dari sekarang untuk mempersiapkan dirimu menghadapi dunia kerja yang tentunya semakin kompetitif.

Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan agar masa kuliahmu dipenuhi hal positif. Simak, yuk!

1. Aktif mengikuti kegiatan organisasi
Sudah bukan rahasia lagi kalau mengikuti organisasi bisa memberikan keuntungan bagi setiap orang yang mengikutinya. Gak terkecuali juga untuk para mahasiswa.

Organisasi yang biasanya ada di kampus adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun organisasi lain dengan berbagai bidang. Kamu bisa memilih organisasi yang memang sesuai dengan minatmu.

Dengan mengikuti organisasi, kamu tentunya bisa belajar mengasah kemampuanmu di bidang public speaking, manajemen, pengambilan keputusan, interaksi kelompok, dan masih banyak lagi. Selain itu, organisasi bisa menjadi kesempatanmu untuk bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga akan menambah lingkaran pertemananmu.

2. Sering mengikuti berbagai seminar
Seminar adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Biasanya kegiatan seminar pun akan dilengkapi dengan pemberian sertifikat kepada para pesertanya. Nah, hal inilah yang mungkin bisa menjadi daya tarik bagi para mahasiswa untuk mengejar sertifikat sebagai salah satu syarat administrasi yang diterapkan di kampusnya.

Padahal, manfaat mengikuti seminar gak cuma terbatas untuk mendapatkan sertifikat, lho! Yang paling penting itu kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas, yang mungkin gak akan kamu dapatkan di kelas.

Selain itu, mendapatkan ilmu langsung dari para pembicara ahli di berbagai bidang tentunya akan menjadi pengalaman baru untukmu, kan?

3. Rajin berburu beasiswa
Berburu beasiswa bisa menjadi hal yang patut kamu coba selama masih kuliah, nih! Setiap kampus biasanya memiliki program beasiswa untuk mahasiswa atau mahasiswi yang berprestasi. Tapi selain dari kampus, ada banyak institusi maupun perusahaan di luar sana yang membuka program beasiswa. Kuncinya adalah kamu harus aktif mencari tahu tentang info-info beasiswa tersebut.

Walaupun persaingan mendapatkan beasiswa itu memang gak mudah, tapi jangan sampai hal itu membuatmu menjadi pesimis. Gak ada salahnya mencoba, kok! Jadikan hal itu sebagai motivasimu agar lebih giat belajar untuk mendapatkan beasiswa.

4. Lebih memperdalam bahasa asing
Pelajaran bahasa asing seperti bahasa inggris mungkin udah kamu dapatkan dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Nah, masa kuliah ini perlu kamu manfaatkan dengan baik untuk memperdalam bahasa asing.

Mempelajari bahasa asing dengan serius bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuanmu di bidang komunikasi. Selain itu, menguasai bahasa asing juga bisa membantumu untuk mengembangkan karier agar dapat bersaing sampai ke kancah internasional. So, gak ada kata terlambat untuk mempelajari bahasa asing dengan serius mulai dari sekarang!

5. Mencari tahu perkembangan dunia kerja saat ini
Yang ini juga penting namun sering dilupakan. Mencari tahu perkembangan dunia kerja gak harus kamu lakukan setelah lulus kuliah, kok!

Dengan mencari tahu perkembangan dunia kerja saat masih kuliah, kamu akan mengetahui berbagai informasi mengenai perusahaan impianmu lengkap dengan kriteria yang dibutuhkan untuk berkarier di sana.

Jadi setelah lulus kuliah kelak, tentunya kamu gak akan kagok dan kebingungan lagi. Nah, itu tandanya kamu udah selangkah lebih maju dibandingkan sainganmu yang lain.

6. Menggeluti passion dengan serius
Setiap orang pasti mempunyai hobby maupun passion masing-masing. Baik itu dalam bidang tulis menulis, musik, tarian, teknologi, dan masih banyak lagi. Masa kuliah ini bisa kamu manfaatkan untuk mengasahnya dengan serius.

Menggeluti passion tentunya akan membantumu memiliki keahlian dan potensi tertentu yang akan menjadi ciri khas kamu. Bahkan, dari sebatas hobby sekalipun bisa menjadi peluang usaha dan karier kamu di masa depan, lho!

7. Menambah penghasilan untuk membantu orangtua
Mencari penghasilan selama kuliah bukan berarti kamu harus bekerja secara formal dan terikat, kok! Kamu bisa menambah penghasilan dengan banyak cara, seperti menyalurkan hobby maupun keahlianmu dalam bidang tertentu misalnya.

Kalau kamu suka menulis, kamu bisa mencoba mengirimkan tulisanmu ke berbagai platform di internet, seperti IDN Times Community. Semakin banyak tulisanmu yang berhasil terbit, maka kamu bisa berpeluang mendapatkan poin yang bisa ditukarkan ke Rupiah, lho!

Atau kamu bisa mulai berbisnis, bermusik, menjadi tutor, dan masih banyak lagi. So, carilah hal lain yang bisa kamu gunakan untuk menyalurkan karyamu sekaligus menginspirasi banyak orang, ya!

8. Mengikuti kegiatan sosial dan charity
Terakhir dan gak kalah penting, nih! Mengikuti kegiatan sosial dan charity bisa menambah pengalamanmu untuk menolong orang.

Dengan kegiatan ini pula kamu akan menjadi lebih sadar kalau pendidikanmu di bangku kuliah itu gak cuma penting untuk kamu sendiri, tapi juga untuk masyarakat. Pengalaman sosial itulah yang akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dirimu untuk menjadi generasi penerus bangsa yang peka dan bisa memberikan solusi untuk berbagai permasalahan masyarakat.

Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa kembangkan selagi kuliah. Sebenarnya masih ada banyak hal positif lain yang bisa kamu explore, namun cara-cara di atas gak ada salahnya untuk kamu coba, kok! Tentunya agar masa mudamu diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang, kan?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s