Lakukan 5 Hal Ini Biar Semangat Kuliahmu Terus Membara!

Kuliah itu harus semangat karena saat itulah kita memperjuangkan masa depan. Gak sedikit orang-orang sukses yang masa kuliahnya dilalui dengan semangat. Kuliahnya tidak santai-santai saja. Dia benar-benar berproses, baik dalam intelektual, skill, atau sosialnya.

Akan tetapi, tidak sedikit mahasiswa yang ketika masih semester awal begitu semangat. Lalu ketika semester tiga, dan seterusnya tidak lagi semangat. Malah kadang bolos kuliah.

Nah, jika kamu melakukan 5 hal berikut ini, semangatmu akan terus berkobar. Kamu akan terus termotivasi dan semangat sampai wisuda.

1. Mengingat perjuangan orang tua yang telah menguliahkanmu
Mengingat perjuangan orangtua yang sudah susah payah menabung uang demi biaya kuliah dapat menjadikan semangatmu terjaga. Coba ingat bagaimana mereka banting tulang mencari uang. Berangkat pagi pulang sore–demi menyekolahkan kita setinggi-tingginya.

Ingatlah juga betapa mereka menaruh harapan besar kepadamu. Mereka ingin kamu menjadi luar biasa. Menjadi orang sukses, sehingga bisa mengangkat harkat dan martabat keluarga.

2. Sesering mungkin pikirkan masa depan
Penting bagi kita untuk memikirkan masa depan. Misalnya, setelah kuliah mau kemana? Setelah kuliah mau kerja apa? Jangan-jangan nanti setelah kuliah malah jadi sarjana pengangguran?

Sering memikirkan masa depan membuat kita punya alasan untuk terus bergerak. Kita juga memiliki tujuan dan target yang jelas. Tentu, semua itu akan membuat semangat kita terus hidup. Sampai tujuan dan target kita tercapai.

3. Berteman dengan orang yang penuh semangat
Berteman dengan orang yang semangat akan membuatmu ikut semangat lho. Pepatah Arab mengatakan, Lisanul Hal Aqwa Min Lisanil Maqol. Apa yang tampak di mata akan lebih kuat mempengaruhi hati seseorang dari pada sekedar kata-kata.

Dengan demikian, jika kamu berteman dengan orang yang semangat, kamu juga ikut semangat. Karena apa yang kamu lihat, akan mempengaruhimu begitu dahsyat. Apalagi kamu menjumpainya setiap hari, pasti lebih membekas di hati.

4. Mengikuti forum-forum ilmiah agar semakin paham kemampuanmu
Menghadiri forum-forum ilmiah juga bisa membuatmu semangat. Di sana kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki kemampuan lebih. Hal ini semestinya bisa memotivasimu untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Dari sanalah kamu akan mendapat motivasi dan inspirasi tanpa sengaja. Kamu pun akan terpacu untuk meningkatkan kemampuan diri sampai menjadi luar biasa.

5. Sekali-kali membaca buku motivasi agar termotivasi
Sekali-kali kita juga butuh membaca buku motivasi. Buku motivasi akan membuat kita kaya rasa, positif thinking, dan inisiatif yang kreatif.

Buku motivasi biasanya ditulis oleh orang-orang yang sudah sukses di bidangnya. Lalu menceritakan kisah perjuangannya. Nah, dari situlah kita mendapatkan banyak informasi bermanfaat tentang sebuah perjuangan. Tentu informasi itu akan menjadi suntikan semangat untuk kita.

Itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang semangat. Semoga berhasil dan menjadi mahasiswa yang sukses.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s