7 Cara Praktis Supaya Kamu Gak Salah Jurusan Kuliah, Yuk Terapkan!

Masa perkuliahan adalah masa untuk mempelajari ilmu baru, bertemu komunitas baru, menemukan jati diri ataupun mengembangkan potensi. Ada yang mengatakan bahwa kuliah adalah investasi dalam pengetahuan dan kemampuan yang nantinya bisa digunakan maksimal di dunia karier.

Namun, sayangnya saat ini fenomena salah jurusan masih saja menjadi masalah yang mengganggu proses belajar dalam masa perkuliahan. Masalah ini memberikan dampak negatif bagi mahasiswa baik dari sisi akademis maupun psikis.

Apakah hal ini bisa dicegah? Tentu saja bisa. Rusydan Ubaidi Hamdani dalam sebuah buku berjudul Salah Jurusan menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya salah jurusan.

1. Buat rencana masa depan
Pernahkah kamu ditanya tentang apa cita-citamu? Jika kamu menjawabnya sesuai dengan kemampuan dan passion yang dimiliki maka kamu termasuk golongan orang yang memiliki arah tujuan yang jelas.

Hal ini akan mempermudah dalam proses pemilihan jurusan. Pilihlah jurusan yang mendukung arah cita-citamu tersebut. Tentu saja terlebih dahulu buatlah rencana dengan tujuan akhir dan batasan waktu yang jelas.

2. Kenali berbagai jurusan dan profesi sejak dini
Pengenalan jenis profesi bisa beragam, bisa dari proses sharing yang dilakukan oleh orang-orang yang telah menggeluti profesi tersebut. Dengan mengenali beragam profesi maka minat kamu terhadap salah satunya mungkin akan muncul.

Namun, hal ini belum cukup, kamu masih perlu mengetahui berbagai macam jurusan atau bidang studi yang ada agar tidak salah persepsi nantinya. Sebaiknya pilihan bidang studi dan profesi idaman dalam jalur yang sama.

3. Coba bikin daftar potensi yang kamu miliki
Salah satu cara untuk mempermudah mengenali jurusan adalah dengan mengenali potensi diri. Buatlah daftar potensi yang ada pada dirimu. Bisa dilihat dari nilai mata pelajaran yang dominan baik atau keahlian yang diperhatikan dan diapresiasi orang lain.

Agar kuliah menyenangkan, tidak menjadi beban, dan mampu mengantarkan pada prestasi yang memuaskan, maka pilihlah jurusan yang dapat memfasilitasi perkembangan potensi dirimu.

4. Belajar dari pengamatan dan pengalaman
Pelajaran penting tidak selalu harus berasal dari pengalaman diri sendiri, mempelajari pengalaman orang lain dengan cara mengamati pun bisa dilakukan. Kamu bisa mencari informasi tentang kasus salah jurusan dan penyebabnya, hal ini bisa mencegahmu agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Selain itu kamu bisa meniru perjalanan mahasiswa berprestasi agar kamu memiliki gambaran prosesnya. Sehingga bisa mempermudah jalanmu untuk meraih prestasi yang sama.

5. Konsultasilah ke orang yang tepat
Untuk menemukan jalan yang tepat maka kamu harus bertanya pada orang yang tepat pula. Sama halnya dengan proses pemilihan jurusan. Kamu bisa bertanya kepada orang yang dianggap lebih mengerti.

Banyak pilihan yang bisa dilakukan seperti konsultasi pada guru BK di sekolah, diskusi dengan orang tua, bertanya pada mahasiswa yang telah menjalani jurusan tersebut atau jika dirasa perlu kamu bisa menemui lembaga psikolog atau lembaga bimbingan karier. Pastikan informasi yang kamu dapatkan adalah akurat agar tidak membuatmu tersesat.

6. Komitmen dengan pilihan
Jika sudah menentukan jurusan, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu konsisten terhadap pilihan. Agar tidak goyah maka kamu perlu alasan kuat untuk menjaga komitmen tersebut.

Untuk membantu hal tersebut kamu bisa menjawab pertanyaan apa alasan dari pemilihan jurusan tersebut? Hal apa yang akan kamu lakukan dengan bekal pendidikan yang kamu miliki?

7. Gelar akademis
Setelah lulus dari masa perkuliahan, kamu akan memperoleh gelar akademis berdasarkan jurusan yang kamu pilih. Perlu diingat kembali, gelar ini melekat pada namamu selamanya. Maka sangat disayangkan bila kamu tidak bangga dan tidak memanfaatkan gelar tersebut sebaik mungkin.

Nah, itulah 7 cara supaya kamu gak salah jurusan ketika kuliah nanti. Semoga bisa menjawab pertanyaan tentang kegalauanmu dalam memilih jurusan.

Dalam perkuliahan nanti akan ada banyak sekali rintangan yang harus ditemui, harapannya jika kamu berada pada jurusan yang sesuai dengan minatmu maka dapat mempermudah diri sendiri dalam berjuang. Selamat memilih.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s