Skripsian Jadi Mudah, Ini Lho 5 Alasan Kamu Wajib Baca Jurnal Ilmiah

Sebagai mahasiswa semester awal alias mahasiswa baru, pasti kamu terkadang bingung untuk mencari materi perkuliahan selain dari buku teks atau materi yang dosen berikan.

Begitu juga mahasiwa semester akhir yang terkadang bingung mencari referensi untuk penulisan skripsinya. Membaca jurnal ilmiah adalah salah satu solusinya.

Nah, ternyata jurnal ilmiah tidak hanya sebagai referensi untuk perkuliahan saja lho. Berikut 5 alasan lainnya bagi kamu yang mahasiswa harus rajin baca jurnal ilmiah.

1. Kamu akan mempelajari bentuk dan struktur tulisan ilmiah
Buat kamu mahasiswa yang sudah sering baca jurnal ilmiah pasti sudah paham benar bentuk dan struktur jurnal ilmiah. Well, secara tidak langsung akan memudahkanmu ketika nantinya akan mengikuti lomba karya tulis ilmiah atau menyusun skripsi.

2. Pengetahuan dan wawasanmu akan bertambah
Membaca jurnal ilmiah akan membuatmu mengenal topik-topik baru dan mengembangkan pengetahuan yang telah kamu dapatkan saat perkuliahan. Jurnal ilmiah terkadang membahas suatu topik yang spesifik, sehingga penjelasan yang diberikan lebih detail.

Nah, kamu bisa manfaatkan jurnal ilmiah untuk topik referensi skripsimu loh. Buat mahasiswa yang mau ikutan lomba karya tulis ilmiah juga bisa memanfaatkan jurnal ilmiah sebagai referensi ide kamu nantinya.

3. Jurnal ilmiah dalam bidang keilmuan kamu akan membuatmu nyambung dengan materi perkuliahanmu
Perbedaan mahasiswa dan siswa salah satunya adalah metode pembelajaran. Mahasiswa dituntut mandiri dalam proses belajar. Mahasiswa yang cerdas tentunya akan mempelajari materi perkuliahan sebelum dosen memulai penjelasan. Ataupun mahasiswa mengulang kembali materi yang diberikan dosen dengan mencari tambahan materi dari jurnal ilmiah.

Nah, pasti kamu bakalan nyambung deh sama materi perkuliahan, jika kamu sudah pernah membaca referensi-referensi untuk materi perkuliahan dari dosen.

4. Membantumu menemukan topik penelitianmu
Ketika kamu telah membaca banyak jurnal ilmiah dari sumber A sampai Z, dari bahasa Inggris sampai bahasa Indonesia, atau dari yang bentuk elektronik atau tercetak kamu pasti paham betul berbagai topik terkait kkeilmuan kamu.

Nah, dari sekian banyak jurnal ilmiah yang telah kamu baca pasti ada satu topik yang kamu rasa cocok untuk referensi penelitianmu.

5. Kelak kamu akan menjadi salah satu orang yang menulis jurnal ilmiahmu sendiri
Membaca dan menulis adalah dua hal yang saling berhubungan. Ketika kamu terbiasa membaca jurnal ilmiah, kelak kamu akan mudah dalam menulis jurnal ilmiah hasil penelitianmu sendiri.

Sebagai seorang saintis masa depan pastinya kamu harus memiliki karya jurnal ilmiahmu agar mendapatkan kreditibilitas dan pengakuan ilmuwan lainnya di dunia.

Nah, bagaimana dengan 5 alasan di atas? Apa kamu masih mau malas-malasan membaca jurnal ilmiah? Pastinya enggak kan?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s