Mudah, Ini 5 Fakta Beasiswa Chevening yang Wajib Kamu Tahu

Mimpi melanjutkan sekolah keluar negeri bisa jadi adalah salah satu mimpi terbesarmu. Selain memperoleh kesempatan untuk mengembangkan kemampuan akademik, skill dan profesional, kamu juga memperoleh kesempatan memperluas jaringan sosial dan pertemananmu.

Namun kadang karena terbatasnya dana atau sulitnya persyaratan yang harus dilengkapi akhirnya kamu memilih mundur dan mengubur impianmu.

Nah, apabila kamu mengalami kesulitan dana atau ingin mencoba beasiswa namun kualifikasimu belum memenuhi persyaratan, kamu tidak perlu khawatir.

Kamu bisa mencoba beasiswa Chevening. Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh dari Pemerintah Inggris bagi kandidat kandidat internasional berprestasi untuk meraih gelar S2 selama setahun di Inggris.

Tidak seperti beasiswa pada umumnya yang memiliki prosedur yang ketat, beasiswa Chevening menawarkan beberapa kemudahan untuk pelamarnya. Berikut lima fakta beasiswa Chevening.

1. Pendaftaran beasiswa Chevening dibuka setiap tahun secara online
Pendaftaran beasiswa chevening memberikan kemudahan untuk mengakses seluruh dokumen persyaratannya secara online. Kamu bisa langsung mendaftar tanpa harus ribet mengirimkan dokumen aslinya.

Untuk tahun ini pendaftaran sudah dibuka untuk kesempatan studi periode 2019/2020. Dan ingat batas pendaftaran hanyai sampai 6 November 2018. Yuk, persiapkan dirimu, siapa tahu kamu yang lolos dan berkesempatan studi ke UK.

2. Pendaftaran langsung beasiswa Chevening tanpa LoA
Melengkapi bukti tawaran masuk tanpa syarat atau LoA dari salah satu minat studi yang dipilih memang merupakan salah satu syarat mendaftar beasiswa Chevening.

Namun apabila kamu belum memenuhinya, kamu masih bisa mempersiapkan dan mengejarnya paling lambat 11 Juli 2019. Ayo, semangat!

3. Pendaftaran langsung beasiswa Chevening tanpa kemampuan bahasa Inggris
Nilai kemampuan bahasa Inggrismu belum mencapai target? Kamu jangan langsung putus asa. Selain kemudahan di atas, chevening juga memberikan kemudahan untuk melampirkan kemampuan bahasa Inggrismu paling lambat tahun depan (11 Juli 2019).

Kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu ambil adalah sesuai kriteria yang ditetapkan chevening yaitu melalui IELTS, Pearson PTE Academic, TOEFL iBT, Cambridge English: Advanced (CEA), atau Trinity ISE II (B2). Kamu dapat melihat standar nilai yang ditetapkan oleh masing-masing tes pada situs resmi Chevening.

4. Memilih program studi sesuai minat
Kamu ingin melanjutkan studi ke UK dengan jurusan yang tidak linear dengan minat studimu terdahulu? Atau pekerjaan yang kamu tekuni saat ini tidak sesuai dengan gelar sarjanamu? Melalui beasiswa chevening kamu berkesempatan lebih besar mewujudkan mimpimu.

Chevening lebih mengutamakan apa yang kamu lakukan sekarang berkaitan dengan studi yang akan kamu ambil nanti di Inggris daripada apa yang kamu lakukan saat ini berbeda dari dengan minat studimu di UK nanti.

5. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
Bosan dengan rutinitas pekerjaanmu dan membutuhkan tantangan baru? Mungkin kamu bisa mencoba program beasiswa chevening. Pengalaman kerja minimal dua tahun menjadi salah satu kriteria yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini.

Tak harus berstatus pekerjaan tetap (full time), pekerjaan paruh waktu (part time), pekerjaan sukarela, magang (dibayar maupun tidak dibayar), dan pengalaman kerja lainnya yang kamu lakukan sebelum, saat, dan sesudah kamu lulus kulliah S1 juga termasuk dalam kriteria Chevening.

Nah, kalau sudah tahu syarat-syaratnya tinggal persiapkan dari sekarang. Semangat! Semoga berhasil melanjutkan pendidikan dengan beasiswa Chevening, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s