Kenapa Kuliah Itu Penting? Ternyata Ini 7 Alasannya

Saat ini, kita mendengar banyak orang yang berdebat apakah kuliah itu penting atau tidak. Hal ini lantaran banyak orang-orang sukses yang justru tidak berkuliah, sulitnya mencari pekerjaan sesuai dengan bidang perkuliahan, dan tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Hal ini spontan menimbulkan pemikiran, “Apakah kuliah itu penting?”

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas 7 hal yang akan membuat kamu berpikir bahwa kuliah itu penting, apapun jurusannya selama sesuai dengan minat kamu. Apa sajakah 7 hal tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Pikiran lebih terbuka dan terstruktur
Seseorang dengan pendidikan yang tinggi umumnya memiliki pemikiran yang lebih terbuka. Mereka lebih terbuka dengan ide dan solusi baru untuk memecahkan suatu masalah. Alhasil, hasil yang diberikan cukup bagus dan berisi hal-hal yang baru. Kemampuan inilah yang akan membantu seseorang ketika bekerja nanti, karena kamu akan dihadapkan dengan masalah yang tidak pernah diduga sebelumnya.

Dengan berkuliah, kamu juga mampu berpikir dengan lebih terstruktur dan rapi. kamu bisa dengan jeli melihat suatu keanehan dan menghubungkannya dengan resiko yang mungkin saja terjadi di masa depan. Kombinasi kedua pola pikir ini, yaitu terbuka dan tertata akan membantumu melewati berbagai kesulitan dengan lebih mantap.

2. Peluang kerja lebih besar
Saat ini, banyak perusahaan yang mencari pekerja dengan gelas sarjana atau diploma. Hal ini dilakukan karena gelar tersebut menjadi bukti pendidikan seseorang dan diyakini memiliki kompetensi yang lebih baik dibandingkan lulusan SMA saja.

Meski seringkali ditemukan orang yang tidak bekerja sesuai dengan bidang kuliahnya, gelar sarjana dan diploma tetap menjadi standar acuan dari kompetensi seseorang. Jadi, selama kamu masih memiliki kesempatan untuk berkuliah, pergilah berkuliah agar lebih mudah mencari pekerjaan.

3. Belajar mandiri
Suasana perkuliahan berbeda dengan suasana saat kamu masih SMA. Saat kuliah, kamu harus pintar-pintar mengatur jadwal perkuliahan dan aktivitas lainnya agar keduanya dapat berjalan dengan baik. Selain itu, kamu tidak bisa lagi bergantung pada orang lain dengan jadwal milikmu sehingga kemandirianmu akan sangat dilatih.

4. Pengalaman yang tak terlupakan
Ketika berkuliah, kamu akan memiliki banyak waktu luang dibanding hanya duduk saja di kelas. Waktu luang ini bisa kamu lakukan untuk hang out bersama teman, melakukan aktivitas seru, berorganisasi, dan sebagainya. Semua hal tersebut akan membawa banyak kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan bahkan hingga kamu tua sekalipun.

5. Bertemu dengan orang-orang inspiratif
Kampus diisi oleh banyak orang-orang berpendidikan dan berprestasi tinggi, seperti pada dosen yang siap mengajarimu. Dari mereka, kamu bisa termotivasi untuk menjadi lebih berguna dan lebih baik lagi. kamu bisa menawarkan diri untuk membantu dosen ataupun menjadi mahasiswa bimbingannya agar bisa melihat sosok yang kagumi dan belajar langsung darinya.

6. Bertemu pujaan hati
Bertemu dengan banyak orang adalah salah satu hal yang menyenangkan ketika berkuliah dan bukan mustahil kalau kamu bertemu dengan pasangan hidupmu. kamu bisa mengenal lebih baik pribadi pasanganmu dan berjuang bersama mulai dari tidak apa-apa hingga sukses bersama nantinya. Alhasil, kamu dan pasanganmu akan menjadi lebih kompak ketika membangun keluarga nantinya.

7. Pengetahuan untuk membuat perubahan
Kampus adalah sumber pengetahuan. Di sini kamu akan memperoleh banyak ilmu yang menjadi bekal kamu untuk membuat perubahan, baik untuk keluarga maupun bangsa Indonesia kita ini. Intinya, dengan berkuliah, kamu memilki lebih banyak peluang karena memiliki berbagai macam ilmu yang bisa diaplikasikan.

Nah, jadi itulah 7 hal yang menjadi alasan kamu untuk berkuliah. Selagi kamu memiliki kesempatan untuk berkuliah, pergilah belajar dengan baik karena banyak orang yang justru merasa iri dengan kesempatan yang kamu peroleh, lho. Jadi, jangan lagi mengeluh dan menganggap kalau kuliah itu tidak penting, ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s