5 Alasan Telat Lulus Tak Bikin Kamu Jadi Sarjana yang Kurang Kualitas!

Lulus tak tepat waktunya sebenarnya merupakan momok yang mengerikan di kalangan mahasiswa, karena mereka sering diidentikan dengan para mahasiswa malas dan kurang serius dalam kuliah. Padahal kenyataannya anggapan itu tidak benar. Jika kamu terpaksa harus lulus tak tepat pada waktunya, hal itu bukan berarti kamu sarjana yang kurang berkualitas. Karena tolok ukur kualitas seseorang tak ditentukan oleh lamanya waktu studi. Inilah lima alasan kamu tak seharusnya rendah diri dan menganggap kamu bukan sarjana yang berkualitas hanya karena kamu telat lulus!

1. Lebih baik telat lulus namun kaya ilmu daripada lulus cepat namun tak menguasai ilmu apa-apa
Para mahasiswa selalu saja fokus untuk lulus cepat sehingga mereka kurang mendalami ilmu karena orientasi mereka hanya pada lulus cepat. Cobalah lihat di luar sana berapa banyak mahasiswa yang menyia-nyiakan waktunya saat masih kuliah sehingga ilmu mereka sangat dangkal setelah lulus karena orientasi mereka hanya pada lulus cepat saja tanpa memperhatikan ilmu yang mereka dapat.
dapatkan saat kuliah memang betul-betul terserap di otakmu, daripada harus mencetak lulusan yang tak tahu apa-apa soal ilmu dan hanya memiliki ijazah saja

2. Saat kamu lulus, orang takkan mempermasalahkan berapa lama kamu mengenyam pendidikan
Lagipula, mau kamu lulus cepat atau tidak pada kenyataannya orang-orang takkan mempermasalahkan hal itu toh itu bukanlah sesuatu yang begitu penting. Mereka akan lebih tertarik pada latar belakang pendidikanmu dan berapa indeks prestasi yang kamu dapat. So, jangan berkecil hati dan rendah diri dengan hal itu.

3. Telat lulus membuatmu bermental baja karena hidup kadang tak selalu sesuai ekspektasimu
Saat telat lulus, kamu pun memiliki mental yang kuat karena kamu sadar bila hidup kadang tak selalu sesuai ekspektasimu. Kamu yang telat lulus pastinya diberi kesempatan untuk mendalami ilmu yang lebih banyak pula sehingga kamu merupakan sarjana yang berkualitas. Daripada harus bersedih, lebih baik lakukan hal lain yang jauh lebih bermanfaat untuk dirimu!

4. Kamu mampu menyadari apa yang salah dalam hidupmu dan pastinya kamu bertanggung jawab memperbaikinya
Saat kamu harus ”telat” lulus kamu pasti introspeksi diri apa yang salah dalam hidupmu. Setelah kamu menyadarinya otomatis kamu akan bertanggung jawab terhadap hal itu. Tentu saja kejadian ini membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa dalam mengatasi suatu masalah. Lagipula ketika kamu mampu mengubah dirimu menjadi lebih baik, sejatinya kamu merupakan seseorang yang berkualitas baik dari segi ilmu dan sikap.

5. Kamu memiliki kesempatan belajar lebih banyak sehingga kamu pasti berkualitas
Kamu pun sudah diberi kesempatan belajar yang lebih banyak dan pastinya ilmu yang kamu dapatkan jauh lebih mendalam. Bukan suatu alasan kamu yang lulus telat adalah orang yang tak berkualitas justru kamu memiliki kualitas karena ilmu yang kamu dapatkan lebih mendalam. So, jangan merasa rendah diri karena kamu pun tak kalah dengan yang lain dan kamu pun bisa bersaing dengan orang-orang lainnya karena kesuksesan tak ditentukan oleh lamanya waktu studi.

Beda ceritanya kalau telat lulus karena lebih memilih bermalas-malasan saat kuliah dan tidak menabung pengalaman. Jadi selama kuliah, jangan buang-buang waktumu ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s