Lakukan 5 Persiapan Penting Ini Sebelum Kamu Sekolah di Luar Negeri!

Pendidikan merupakan suatu hal penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tidak ada batasan usia, tempat asal hingga status sosial, semua memiliki hak yang sama untuk menempuh pendidikan setinggi dan seluas apapun itu. Bahkan setiap orang memiliki hak yang sama untuk menempuh pendidikan hingga ke luar negeri. Meski tidak semua bisa mendapatkan kesempatan ini, tapi setidaknya bersekolah di luar negeri bukan hanya sekadar mimpi.

Menempuh pendidikan di luar negeri juga bukan hal sepele. Bukan hanya tentang nilai yang melebihi standar dan menjadi lulusan terbaik semasa sekolah. Bukan juga tentang seberapa mampu untuk bisa menjalani pendidikan dan kehidupan di luar negeri.

Ada banyak yang harusnya dipersiapkan jika memang benar-benar ingin bersekolah di luar negeri. Selain persyaratan administrasi, ada beberapa hal yang tidak boleh diabaikan agar bisa menempuh pendidikan dengan baik di luar negeri. Apa saja?

1. Mulai belajar bahasa negara tujuan
Menjadi hal utama yang harus dipersiapkan setelah administrasi adalah keahlian kita dalam berbahasa. Tentu saja, sebab kita akan berada di sebuah negara yang berbeda bahasa dengan keseharian kita. Meski bahasa Inggris sudah kita pelajari dan bahkan mungkin di luar kepala sejak sekolah dasar, tapi kita harus mulai mempelajari dan membiasakan diri belajar bahasa asing lainnya. Terlebih saat kita pergi ke negara yang memiliki bahasa asingnya sendiri, seperti Jepang, China, Korea, Jerman, Belanda, Arab maupun negara lainnya.

Meski akan banyak menggunakan bahasa Inggris, tapi tidak semua menjalani proses belajar dengan bahasa Inggris. Belajarlah dari banyak sumber. Buku, kursus, hingga mengikuti ujian yang membuatmu yakin bahwa kini kamu sudah siap terjun ke negara tujuanmu. Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk menempuh pendidikan yang kamu inginkan. Meski tidak langsung bisa, sebab semua adalah proses belajarmu. Tapi setidaknya kamu memiliki bekal untuk menjalaninya nanti.

2. Banyak cari tahu budaya dan karakter negara tersebut
Tak hanya tentang materi sekolah, kamu harus mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu. Gegar budaya mungkin akan menyerangmu, di mana kamu akan terkejut dengan norma, aturan hingga kebiasaan warga sekitar. Ada yang membuatmu terkejut sebab tak wajar bagimu. Hingga ada yang memang harus kamu abaikan sebab di luar sana ada banyak yang tak perlu kamu urusi.

Sebelum berangkat, boleh sekali kamu mencaritahu informasi tentang budaya, kebiasaan warga, hari-hari penting, larangan dan keharusan, makanan hingga tempat-tempat penting dan cara menjalani hidup di sana. Kamu bisa mencarinya di internet atau bertanya langsung kepada orang yang pernah menjalani hidupnya di sana. Tidak perlu terburu-buru, sebab semua akan secara alami kamu pelajari dan kamu jalani.

3. Melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain
Benar sekali, karena di tempat barumu kamu tak hanya akan berkomunikasi dengan teman dari negara yang sama. Kamu pun akan berkomunikasi hingga membentuk kelompok dengan orang dari negara lainnya. Tak hanya masalah bahasa, tapi sikap terbukamu akan memudahkan saat menjalin hubungan dengan mereka. Terlebih saat kamu membutuhkan bantuan mereka, kamu akan banyak berkomunikasi dengannya.

Jangan menutup dirimu, lakukan sewajarnya saja. Kamu berhak berteman dengan siapa saja. Tentu saja dengan komitmen menjaga diri. Sebab baik atau buruknya kamu di masa depan ada karena pengaruh orang atau lingkungan lain di masa sekarang. Tetaplah fokus menjalani peranmu dengan baik, jangan berlebihan dan cukupkan semuanya.

4. Pandailah mengatur keuangan
Di tempat barumu, kamu akan ditempa menjadi sosok yang mandiri dan dewasa. Kamu tak hanya akan belajar dan beradaptasi dengan lingkungan. Kamupun akan banyak berjuang untuk bertahan hidup. Uang saku yang mungkin sangat terbatas, serta kebutuhanmu yang sangat banyak akan membuatmu memutar otak mencari tambahan dana. Mulai dari mengirit hingga mencari pekerjaan sampingan, demi memenuhi kebutuhanmu.

Tak hanya itu, kamu harus pandai mengatur keuangan. Mulai membuat prioritas mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Kebutuhan mana yang mendesak dan kebutuhan mana yang bisa dipenuhi nanti. Seketika kamu akan menjadi orang yang mungkin perhitungan, tapi tidak masalah. Sebab dari sinilah kamu tahu bagaimana harusnya kamu bersikap terlebih untuk dirimu sendiri.

5. Kembangkan bakatmu yang lain
Tak hanya sekolah, di tempat yang baru kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakatmu yang lain. Di tengah kesibukan sekolah dan mungkin bekerja paruh waktu, kamu harus tetap ingat dengan hobi atau kesenanganmu. Mengembangkannya mungkin menjadi hal yang menyenangkan. Karena kamu akan mendapatkan hiburan di saat lelah memikirkan tugas sekolah yang sangat banyak.

Jadikan hobi atau passionmu sebagai tempatmu untuk berkembang. Tidak ada larangan selama kamu bisa mengatur waktu dan menjalani dengan baik. Kamu memiliki kewajiban dan tanggungjawab. Hingga kamu memiliki hak tetap menjalani kesenanganmu hingga mengembangkannya di waktu senggangmu.

Jadi, siapkah kamu bersekolah di luar negeri?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s