Ingin Hasil Maksimal? Ini Dia 5 Tips Ampuh Hadapi Ujian!

‘Ujian’ masih menjadi kata yang kurang lebih bikin kamu deg-degan. Bukan hanya karena tantangan dalam ujian itu sendiri, tapi karena hasilnya juga jadi pertaruhan. Biasanya, siswa maupun mahasiswa sudah kelewat sering bergelut dengan ujian. Tapi tahu nggak, 5 tips di bawah ini bisa bikin hasil ujianmu jadi maksimal? Yuk, cobain!

1. Belajar dengan ‘tepat’
Kenapa harus ‘tepat’? Karena kamu harus menemukan cara belajar yang efektif dan efisien. Kalau kamu mudah mengingat bentuk visual, maka buatlah mind-map. Atau kamu suka merangkum poin-poin materi? Kamu juga bisa mencoba cara itu. Yang terpenting adalah kamu belajar dengan ‘tepat’. Tidak perlu lama-lama, asal tuntas.

2. Istirahat yang cukup
Mungkin kamu adalah orang yang suka begadang setiap kali ada ujian. Padahal saat larut malam, tubuhmu yang sudah lelah beraktivitas seharian pastinya membutuhkan istirahat yang cukup. Kamu harus segera tidur, supaya saat ujian keesokan harinya otakmu bisa bekerja secara maksimal dan kamu tidak dikuasai kantuk. Jangan terlalu memaksakan diri. Kalau dirasa belajarmu belum cukup, kamu bisa pergi tidur dan kembali belajar pagi-pagi. Hal ini lebih efektif daripada memaksa belajar di malam hari dengan kondisi tubuh yang lelah.

3. Sarapan bergizi
Kamu pasti sudah sering mendengar kalau sarapan itu penting, kan? Memang begitulah adanya. Dengan sarapan bergizi, kamu tidak akan merasa lapar selama ujian berlangsung, sehingga fokusmu juga tidak akan terganggu. Tapi, jangan sarapan dengan porsi berlebihan ya, nanti kamu malah mengantuk!

4. Belajar ‘sekilas’ di pagi hari
Konon, pagi hari merupakan waktu yang sangat baik untuk belajar. Dengan suasana yang sunyi dan sedikit dingin, kamu bisa membaca catatanmu lagi sekilas sebelum melakukan aktivitas pagi. Hal ini dipercaya membuat materi jadi mudah diserap oleh otak! Kamu bisa mengandalkan memori jangka pendekmu untuk menyimpan hafalan mulai dari pagi hari sampai saat ujian berlangsung.

5. Jangan lupa berdoa
Usaha itu pasti, berdoa jangan dilupakan. Semua usaha akan sia-sia apabila tidak disertai dengan doa. Lakukan yang terbaik dan serahkan semuanya pada Yang Maha Esa. Tentu hal ini akan mengurangi rasa gugupmu dan kamu akan merasa lebih percaya diri nantinya.

Itu dia tips-tips yang harus kamu coba menjelang ujian. Gimana? Mudah, kan? Jangan gugup dan tetap santai, ya. Kamu pasti bisa, kok. Semangat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s