7 Masalah di Hari Pertama Kuliah & Cara Mengatasinya

Jangan panik buat kamu yang bakal menghadapi kehidupan baru jadi anak kuliahan. Secara garis besar, kuliah sama aja kok sama waktu kamu SMA dulu. Cuma bedanya, kamu yang bakal ngejar dosen dan bukannya guru yang ngejar kamu. Dari segi peraturan, kuliah bakalan lebih ketat dan kejam kalau kamu gak dapetin nilai paling enggak pas rata-rata yang ditentukan.

Tapi kamu gak perlu takut, semuanya pasti bisa kamu hadapi, kok. Ini lho beberapa masalah yang bakal kamu hadapi di hari pertama kamu kuliah dan cara mengatasinya. Kamu yang baca informasi ini jangan bingung lagi, sekarang kamu udah punya solusinya.

1. Terlambat bangun yang membuatmu panik karena ini hari pertamamu kuliah
Walau kemarinnya kamu udah wanti-wanti sama diri sendiri kalo jangan terlambat bangun, faktanya kamu masih aja terlambat bangun dan akhirnya bikin kamu malah telat dan panik bukan main.

Jangan sedih kalau kamu terlambat, waktu gak bisa diulang lagi dan cara kamu mengatasinya adalah menyiapkan alibi semasuk akal mungkin di depan dosen kamu. Bilang ke dia kalau kamu harus antar mama kamu dulu baru ke kampus. Karena ini hari pertama, kamu pasti bakal dapat toleransi.

2. Tersesat di kampus yang besar banget dan gak punya satupun teman yang bisa kamu tanyai
Masalah lain yang bakal kamu hadapi adalah apalagi kalau kamu gak tahu kelas kamu dimana. Jangan buru-buru panik sampai bikin kamu gak bisa berpikir jernih. Tenangkan dirimu sejenak. Kalau kamu gak bisa menemukan kelasmu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tanya sama orang yang kamu temui. Atau bisa juga kamu langsung aja ke bagian informasi biar kamu bisa langsung dikasih tahu kamu harus kemana.

3. Lupa gak bawa alat tulis karena bangun kesiangan tadi
Memang seharusnya sih kamu mempersiapkan barang bawaan kamu sehari sebelumnya. Tapi, karena udah kejadian, kamu gak bisa apa-apa lagi selain nerima kenyataan. Jangan sedih, kamu bisa menggunakan alasan ini buat cari teman pertama di kampus. Kamu bisa pinjam sama teman sekelas dan sekalian ajak ngobrol. Selain dapat alat tulisnya, kamu juga bisa dapat teman.

4. Gak tahu harus makan siang sama siapa karena belum dapat teman
Jangan sampai kamu gak makan cuma gegara gak ada yang nemenin kamu. Gak usah bingung, hitung-hitung belajar mandiri, kamu bisa makan sendiri di hari pertama kuliah. Atau kalau memang kamu malas banget makan sendiri, kamu bisa menghampiri mahasiswa lain dan meminta izin untuk makan sebangku dengannya. Dia pasti akan menerimamu sebagai tanda kesopanan.

5. Pas istirahat, kamu bingung mau ngapain
Karena ini adalah hari pertamamu dan kamu belum punya teman apalagi kegiatan, masalah ini kerap mendatangimu. Gak perlu bingung kalau kamu punya masalah ini. Yang harus kamu lakukan adalah pergi ke perpustakaan dan pinjam buku yang kamu suka. Kamu bisa mengisi waktu istirahatmu dengan membaca buku.

6. Teman-teman baru kamu kelihatan akrab satu sama lain, sedangkan kamu merasa seperti satu-satunya orang asing
Kalau kamu merasa seperti orang asing di tengah-tengah orang lain yang saling tertawa satu sama lain, hal yang harus kamu lakukan adalah menghampiri mereka dan mengenalkan dirimu. Jangan melulu minta dihampiri duluan. Ambil kendali dan jadilah berani. Siapa tahu mereka menerimamu.

7. Tidak diajak pergi oleh teman-teman kampusmu sepulang kuliah
Tenang, jangan panik. Ini baru hari pertama kuliah dan wajar saja kalau kamu belum punya teman sama sekali. Yang harus kamu lakukan hanya pulang ke rumah dan mempersiapkan diri untuk kuliah besok hari. Kalau di hari pertama kamu belum bisa dapat teman, kamu pasti bakal dapet di hari ke dua.

Semua masalah di hari pertama kuliah seperti di atas ini adalah masalah biasa yang bakal kamu hadapi di hari pertama kuliah. Jangan panik apalagi sedih. Toh ini masih hari pertama dan kamu masih punya banyak hari lain untuk mendapatkan teman dan bersenang-senang. Kamu yang mengalami semua ini, semangat terus ya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s